Solusi Naikkan BB Anak

Solusi Naikkan BB Anak

Saat ini semakin banyak anak kecil yang mengalami kasus obesitas. Namun di lain sisi, ada banyak kasus pula dimana anak sulit sekali mengalami kenaikan berat badan, bahkan tubuhnya cenderung kurus. Kalau sudah seperti ini, orangtua biasanya akan merasa sangat cemas dan mencari berbagai solusi naikkan BB anak. Nah, ada baiknya juga Anda tahu penyebab berat badan anak tidak naik.

Penyebab Tubuh Anak Kurus

Ada beberapa anak yang memang memiliki tubuh ramping, namun sebenarnya proses tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Tubuh gemuk pun sebenarnya bukan indikator kesehatan anak, apalagi jika kegemukan tersebut sudah masuk dalam kategori obesitas. Nah, jika anak Anda memang sudah jelas bertubuh kurus dan sulit naik berat badannya, mungkin disebabkan oleh: 

  1. Anak Pemilih Makanan

Anak Pemilih Makanan

Sebagian besar anak-anak memang suka pilih-pilih makanan. Ada anak yang bahkan sama sekali tidak suka dengan buah atau sayur. Ada pula anak yang lebih memilih makan fast-food dan bahkan menolak nasi sama sekali. Kondisi inilah yang menyebabkan anak mengalami kekurangan nutrisi yang seharusnya bisa terpenuhi dari beragam jenis menu makanan, bukan hanya dari 1 jenis saja.

  1. Kurang Nafsu Makan

Kurang Nafsu Makan

Banyak anak-anak yang mengalami masalah kurang nafsu makan. Kondisi ini ternyata berkaitan dengan masalah psikologi dan juga medis. Masalah psikologis biasanya karena anak merasa tidak tertarik dengan sajian yang dihidangkan. Ada juga anak yang menganggap makan bukanlah waktu yang menyenangkan, terlebih jika orangtua selalu menuntut anak menghabiskan makanannya.

  1. Masalah Pencernaan

Masalah Pencernaan

Masalah pada saluran cerna ataupun alergi makanan yang tidak terdeteksi ternyata juga bisa menyebabkan berat badan anak susah naik. Kondisi ini bisa terjadi karena anak menjadi merasa tidak nyaman saat makan, kemudian nafsu makannya pun perlahan akan berkurang.

  1. Pengaruh Konsumsi Obat-Obatan

Pengaruh Konsumsi Obat-Obatan

Jika anak Anda saat ini sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka Anda perlu berhati-hati apakah obat tersebut bisa berpengaruh terhadap nafsu makan anak atau tidak. Ada juga obat-obatan yang ternyata bisa membuat berat badan anak susah naik.

  1. Aktivitas yang Berlebihan

Aktivitas yang Berlebihan

Dunia anak adalah dunia bermain, tak heran jika anak balita hingga usia SD menghabiskan waktunya seharian untuk bermain. Hal ini tentunya bisa menguras tenaga yang tak sedikit. Tubuh mereka pun akhirnya harus membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan yang dikonsumsinya. Akibatnya tubuh anak pun sulit untuk gemuk.

Mengubah Perilaku Sehari-Hari

Bagaimana cara untuk membuat berat badan anak naik? Mungkin Anda sebagai orang tua harus terlebih dulu mulai mengubah perilaku sehari-hari yang bisa menyebabkan pola makan salah pada anak. Ada beberapa tips yang bisa dicoba seperti: 

  1. Konsultasi dengan Dokter Anak

Konsultasi dengan Dokter Anak

Untuk mengetahui penyebab sebenarnya mengapa anak bertubuh kurus, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Dokter mungkin bisa mendeteksi jika terjadi sesuatu yang salah pada tubuh anak seperti misalnya alergi, masalah pencernaan, atau masalah kesehatan lain.

  1. Berikan Makanan yang Lebih Sering

Berikan Makanan yang Lebih Sering

Anak memiliki kapasitas lambung yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memberikan makanan dalam jumlah sedikit namun lebih sering. Berikan pula makanan camilan kepada anak dan jangan sampai anak melewatkan jadwal makannya.

  1. Tekankan Pentingnya Jadwal Makan

Tekankan Pentingnya Jadwal Makan

Tunjukkanlah kepada anak bahwa kegiatan makan adalah hal yang penting serta menyenangkan. Jangan sampai membuat waktu makan menjadi hukuman bagi anak, misalnya jika anak harus menghabiskan makanannya atau harus makan jenis makanan tertentu. Kemudian, jadikan pula jadwal makan sebagai pusat perhatian anak dengan mematikan gadged.

  1. Berikan Contoh yang Baik

Anda sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak agar tidak memilih-milih makanan. Bagaimanapun, mereka adalah peniru kebiasaan orang tuanya. Jika orang tuanya menunjukkan kebiasaan makan menu yang sehat, maka anak bisa menirunya. Begitu pula sebaliknya, jika orang tua gemar konsumsi junkfood, anak pun akan menirunya.

Berikan Contoh yang Baik

Apakah anak Anda tidak menyukai salah satu jenis makanan tertentu, misalnya saja sayur atau buah? Mungkin anak Anda meniru perilaku orang tuanya yang secara tidak sadar juga menunjukkan ketidaksukaan pada berbagai bahan makanan tersebut. Padahal sayur dan buah memiliki nutrisi yang diperlukan demi tumbuh kembang si kecil.

Solusi Naikkan BB Anak dengan Gizidat

Salah satu alternatif yang bisa Anda jadikan solusi naikkan BB anak secara cepat adalah dengan menggunakan Gizidat.com. Produk ini sudah banyak digunakan oleh para ibu yang memiliki masalah dengan berat badan anak yang sulit naik. Gizidat merupakan suplemen makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Solusi Naikkan BB Anak dengan Gizidat

Gizidat dibuat dari bahan madu murni, temulawak, dan juga ikan sidat yang diproses dengan peralatan canggih dan terjamin higienitasnya. Proses ekstraksi bahan-bahan alami ini tidak akan menghilangkan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh anak Anda. Gizidat dikenal memiliki beberapa manfaat seperti:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Madu memiliki berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral yang berguna untuk menangkal berbagai macam virus dan bakteri yang bisa menyebabkan anak terserang penyakit. Kandungan zat antioksidan dalam madu bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh anak.

  1. Menambah Nafsu Makan

Menambah Nafsu Makan

Kurkumin atau temulawak adalah bahan herbal alami yang sudah lama dikenal bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Gizidat diperkaya dengan ekstrak kurkumin yang diproses dengan alat canggih, sehingga rasa pahitnya bisa hilang. Anak pun tak perlu takut rasa suplemen ini tidak enak.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Ikan sidat adalah jenis ikan air tawar yang kaya akan kandungan nutrisi. Ikan ini bahkan memiliki kandungan protein yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan ikan salmon asal Norwegia. Karena kandungan gizinya yang sangat tinggi, ikan sidat ini bahkan menjadi komoditas unggulan yang dikirimkan ke Jepang, mengalahkan ikan tuna.

Ikan sidat selain mengandung protein yang bisa membantu menjadi solusi naikkan BB anak juga kaya akan omega 3, omega 6, asam lemak tak jenuh, asam amino, mineral, dan juga vitamin yang baik bagi perkembangan kecerdasan otak anak di masa pertumbuhan.

Meningkatkan Kecerdasan

Jika dikonsumsi secara teratur, Gizidat bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan buah hati Anda. Tentunya dengan didampingi pola makan yang sehat dan stimulasi kecerdasan dari orang tua. Selain membantu meningkatkan kecerdasan, Gizidat juga bisa membantu anak tetap aktif dan memiliki kemampuan kinestetik yang baik.

  1. Menyembuhkan Penyakit

Menyembuhkan Penyakit

Anak-anak memang cenderung lebih rentan terkena penyakit musiman seperti flu, batuk, dan pilek. Namun Anda tak perlu khawatir, karena dengan mengkonsumsi Gizidat secara teratur, sang buah hati bisa terlindung dari berbagai jenis penyakit ini. Selain itu, Gizidat juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan anak yang terkena penyakit flu, pilek, dan batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *