Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak

Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak

Pemberian asupan susu formula pada anak memang masih menjadi perdebatan bagi sebagian ibu, ada yang mendukung konsumsi susu formula sejak lahir sebagai asupan tambahan, ada juga yang menolak dengan alasan tertentu. Para ibu yang sudah sejak dini memberi susu formula memiliki alasan kuat seperti pemberian susu untuk kecerdasan otak anak dan mendukung dalam masa tumbuh kembang anak.

Sementara para ibu yang menolak memberikan susu formula biasanya beranggapan bahwa sang buah hati belum membutuhkan konsumsi tambahan karena sudah mendapat konsumsi ASI (Air Susu Ibu) yang cukup. Alasan lainnya, ada juga yang menolak, takut anaknya memiliki alergi terhadap susu formula. Karena tidak sedikit kasus keracunan susu pada anak.

Kandungan Pada Susu Formula yang Berguna Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Setiap produk susu formula terdiri dari berbagai kandungan yang berbeda-beda. Baik dari segi jenis produk, atau pun dari segi nama dagang. Susu formula menjadi asupan tambahan umum yang disarankan oleh para dokter. Bila terjadi alergi, keracunan, atau ketidakcocokan produk susu, dokter juga biasanya lebih menyarankan untuk mengganti produk susu yang tidak mengandung kandungan memicu alergi.

Kecerdasan Otak Anak

Terdapat beberapa kandungan bermanfaat yang umumnya terkandung dalam susu formula:

  1. Prebiotilk

Prebiotik adalah senyawa yang alami, bertugas membantu mencerna makanan pada organ usus dan menyerap kalsium. Fungsi utamanya sebagai pendorong pertumbuhan mikroorganisme baik di dalam sistem pencernaan, Kandungan ini mengurangi risiko sembelit pada anak.

  1. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang memberi efek positif terhadap organisme lain sehingga organisme tersebut bisa lebih bermanfaat. Contohnya, Lactobacillus pada yoghurt. Kandungan probiotik pada susu formula mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Arachidonic Acid

Arachidonic Acid atau AA adalah zat yang berfungsi untuk merangsang susunan saraf. Kandungan AA penting dalam proses peningkatan kecerdasan anak karena mampu membantu perkembangan otak. Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu meningkatkan kerja indera penglihatan.

  1. DHA

DHA

Hampir sama dengan AA, DHA atau Docosahexaenoic Acid berguna dalam hal merangsang susunan saraf dan meningkatkan kerja indera penglihatan. Tepatnya pada bagian retina.

  1. Omega 3 dan Omega 6

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 memang bisa ditemukan di banyak bahan makanan lain. Kedua kandungan ini merupakan lemak tak jenuh yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita. Sehingga untuk mendapat manfaatnya, perlu asupan tambahan yang mengandung kedua kandungan tersebut.

Manfaat Omega 3 dan Omega 6 pada susu formula yaitu meningkatkan kesehatan pada kulit, rambut, dan kuku. Selain itu utamanya dua kandungan ini sangat berperan dalam menghindari kerusakan sel-sel dalam tubuh.

  1. Linoleic Acid

Linoleic Acid atau LA memiliki manfaat yang melengkapi manfaat dari AA dan DHA yaitu meningkatkan perkembangan otak serta mental pada anak.

  1. Vitamin A, Citamin C, dan Vitamin E

Vitamin A, Citamin C, dan Vitamin E

Ketiga jenis vitamin ini biasanya ikut menjadi kandungan-kandungan penting yang memberi fungsi baik dalam meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh anak.

  1. Selenium

Selenium adalah zat yang sangat penting dalam meningkatkan fungsi kognitif otak. Zat ini juga terkandung pada ASI namun jumlahnya sangat terbatas. Selain bermanfaat bagi otak, selenium juga membantu dalam sistem kekebalan tubuh.

  1. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zinc berperan dalam proses penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurai karbohidrat, meningkatkan indera penciuman dan indera perasa, serta membantu dalam proses pertumbuhan sel.

Ada pun zat gizi utama yang dibutuhkan anak di masa tumbuh dan kembang ialah sumber karbohidrat, sumber protein, dan sumber lemak. Ketiga zat utama ini menjadi konsumsi paling utama dan merupakan kandungan yang diutamakan oleh produk susu formula bayi. Tujuannya agar anak dalam usia bayi tetap bisa mengkonsumsi tiga gizi utama melalui konsumsi susu formula sehingga berperan penting sebagai susu untuk kecerdasan otak anak sejak dini.

Manfaat-Manfaat yang Didapatkan Dari Konsumsi Susu

Bukan hanya meningkatkan kecerdasan saja, pemberian susu formula pada anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang juga mendatangkan manfaat baik lainnya yaitu membuat anak menjadi lebih aktif. Kandungan-kandungan dalam susu yang meningkatkan daya tahan tubuh membuat anak merasa lebih bugar dan sehat. Susu formula juga membantu menyehatkan tulang dan gigi.

Manfaat-Manfaat yang Didapatkan Dari Konsumsi Susu

Pemberian susu formula juga bisa didukung dengan asupan sehat lainnya, khususnya bagi anak yang sudah bisa diberi asupan tambahan (selain ASI dan susu formula) berupa makanan yang mengandung bahan-bahan sehat pendukung kecerdasan otak di antaranya buah-buahan, telur, kacang-kacangan, gandum utuh, beras merah, ikan, sayuran berwarna, dan daging bebas lemak.

Konsumsi Vitamin Tambahan Seperti Gizidat

Dalam memaksimalkan proses tumbuh kembang, selain asupan umum yang memang berperan penting dalam proses tersebut, bisa juga dengan memberi vitamin tambahan yang memang sudah terbukti memberi manfaat baik bagi anak. Salah satu vitamin tambahan yang direkomendasikan ialah Gazidat.

Konsumsi Vitamin Tambahan Seperti Gizidat

Gazidat adalah madu hutan murni yang telah diformula dengan bahan sehat alami lain yaitu kurkumin dan sidat. Madu hutan murni memberi nutri maksimal dan bermanfaat meningkatkan perkembangan tubuh anak karena kaya akan Vitamin B. Madu hutan murni mampu meningkatkan nafsu makan anak.

Sementara kandungan kurkumin atau temulawak mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga ikut meningkatkan nafsu makan. Lalu, kandungan olahan ikan sidat memberi banyak vitamin penting untuk kesehatan tubuh anak. Keistimewaan Gizidat telah diakui oleh banyak ibu di Indonesia.

Konsumsi Vitamin Tambahan Seperti Gizidat

Tingkatkan Kecerdasan Selain Dengan Pemberian Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak Sejak Bayi

Selain memberi asupan yang tepat, meningkatkan kecerdasan pada anak sejak bayi bisa juga dilakukan dengan berbagai cara lain yaitu dengan memberi waktu pada anak sepenuhnya. Ini dia cara-cara mudah meningkatkan kecerdasan anak sejak bayi:

  • Menghabiskan Waktu Bersama

Tidak ada lagi yang lebih istimewa dari dapat menyaksikan tumbuh kembang anak secara langsung dari waktu ke waktu. Dengan menghabiskan wkatu bersama, anak bisa belajar banyak hal bersama orangtua secara langsung. Kegiatan ini juga meningkatkan hubungan antara anak dan orangtua sejak bayi.

  • Mengajak Bicara

Meski anak usia bayi belum mengerti banyak hal, kebiasaan mengajak bicara seperti sering bercerita narasi tentang keseharian mampu meningkatkan kecerdasan anak.

  • Memperlihatkan Beragam Ekspresi Wajah

Memperlihatkan Beragam Ekspresi Wajah

Mengajak bicara anak usia bayi wajib disertai ekspres di wajah. Anak akan terbiasa berkomunikasi dengan cara membaca emosi orang lain.

  • Mengeluarkan Suara Lucu

Suara-suara lucu atau menarik menurut psikolog akan mengembangkan rasa humor anak dan membuatnya terbiasa untuk mengantisipasi keadaan melalui suara.

  • Menunjukan Arah

Sering bercerita sambil menunjukan arah-arah sama dengan melatih tingkatkan respon anak.

  • Mengajak Bernyanyi

Anak di usia bayi dan pada usia-usia tumbuh kembangnya akan lebih mudah menerima berbagai pengetahuan baru melalui lagu. Selain itu, secara alami mereka akan lebih bisa menangkap emosi dan peka melalui lagu. Sehingga selain memberi asupan sehat dan susu untuk kecerdasan otak anak coba peluklah anak, ajak ia bernyanyi bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *