Tabel Berat Badan Anak

Tabel Berat Badan Anak

Penggunaan tabel berat badan anak sebagai parameter dalam mengatur berat badan dan tinggi anak agar anak tumbuh dengan ideal memang sangat membantu. Tabel tersebut juga dapat dijadikan patokan dan juga dapat memacu orang tua ajar menaati atau benar-benar mengontrol agar berat badan dan tinggi anak sesuai dengan tabel tersebut. Namun jangan sampai jadikan ini alasan dalam memaksa anak.

Terkadang orang tua yang memaksakan kehendak kepada anak agar anak memiliki tubuh yang ideal dengan cara yang salah sehingga terkesan seperti menyiksa anak. Misalnya saja, anak yang tidak makan banyak sehingga kurus kemudian orang tua memaksa anak makan banyak secara drastis padahal usus si anak tentu berukuran kecil dan tidak dapat memuat banyak makanan secara langsung.

Tabel Berat Badan Anak Yang Dianjurkan

Tabel berikut ini merupakan tabel umumnya yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan berat badan yang ideal bagi anak. Tabel di bawah ini adalah rata-rata berat badan dan tinggi anak ideal Indonesia. Untuk informasi tabel lebih lengkap dan lebih detail dapat mengakses pada layanan kesehatan masyarakat atau berkonsultasi langsung pada dokter gizi anak.

Usia AnakPerempuanLaki-laki
Berat BadanTinggi BadanBerat BadanTinggi Badan
0 – 1 tahun3.5 – 9 kg45 – 70 cm3.5 – 10 kg46 – 71 cm
1 tahun7 – 11.5 kg68,9 – 79,2 cm7.7 – 11,5 kg71 – 80,5 cm
2 tahun9 – 14, 8 kg80 – 92,9 cm9,7 – 15,3 kg81,7 – 93,9 cm
3 tahun10,8 – 18,1 kg87,4 – 101,7 cm11,3 – 18,3 kg88,7 – 103,5 cm
4 tahun12,3 – 21,5 kg94,1 – 111,3 cm12,7 – 21,2 kg94,9 – 111,7 cm
5 tahun13,7 – 24,9 kg99,9 – 118,9 cm14,1 – 24,2 kg100,7 – 119,2 cm
6 tahun20 kg115 cm21 kg116 cm
7 tahun23 kg122 cm23 kg122 cm
8 tahun26 kg128 cm26 kg128 cm
9 tahun29 kg133 cm29 kg134 cm
10 tahun33 kg138 cm32 kg139 cm
11 tahun37 kg144 cm36 kg144 cm
12 tahun42 kg152 cm41 kg149 cm

Jenis Gizi Dan Nutrisi Harian Yang Sebaiknya Diberikan Kepada Anak

  1. Zat gizi makro

Zat gizi makro merupakan kelompok zat gizi yang paling utama dibutuhkan oleh manusia termasuk anak-anak karena zat gizi ini menghasilkan energi yang digunakan untuk beraktifitas sehingga membuat anak akan tetap aktif. Zat gizi makro ini terdiri dari Protein, Karbohidrat, Lemak, Serat, dan Air. Kelompok zat pada gizi makro juga menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Zat gizi makro

Salah satunya adalah Karbohidrat yang diubah ke glukosa dapat memperlancar kerja sel otak dan tubuh, mencegah penyakit, dan memperkuat sistem imun. Jenis makanan yang memiliki karbohidrat anatara lain roti, gandum, sereal yang terbuat dar gandum, kacang-kacangan nasi, kentang dan pasta. Salah satu makanan diatas bisa dikatakan harus selalu ada pada menu makanan harian yang di konsumsi anak.

Untuk memenuhi kebutuhan lemak (lemak baik) bagi anak, disarankan memberikan ikan-ikanan, telur, biji-bijian, minyak zaitun, buah alpukat dan sebagainya. Sedangkan untuk memenuhi protein hewani dapat memberikan daging ayam ataupun merah, susu, keju, serta tahu tempe, gandum, oats dan berbagai jenis kacang-kacangan. Serat didapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan, oats dan ubi.

  1. Zat gizi mikro

Zat gizi mikro atau biasa disebut zat gizi tambahan juga tidak kalah penting sebagai kelompok gizi yang harus terpenuhi bagi pertumbuh kembangan anak agar anak memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan tabel berat badan anak yang telah ditentukan. Zat gizi mikro terdiri dari Vitamin (A, D, C, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, Biotin, dan Kolin) dan mineral.

Zat gizi mikro

Mineral terdiri dari Kalsium, Magnesium, Fospor, Kalium, Natrium, Kromium, Mangan, Besi, Tembaga, Seng, Iodium, Selenium, Dan Flour. Makanan yang mengandung vitamin banyak ditemukan pada sayur dan buah. Sedangkan untuk mineral sendiri berfungsi dalam menunjang seluruh fungsi otak dan tubuh anak. Makanan yang mengandung mineral terdiri dari susu, produk olahan susu, almond, telur, dan tofu.

  1. Suplemen tambahan

Suplemen tambahan merupakan salah satu solusi yang banyak digunakan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang kekurangan asupan gizi harian. Suplemen vitamin tambahan ini berperan untuk mencukupi kebutuhan anak akan vitamin dan mineral yang dirasa tida tercukupi oleh anak. Salah satu suplemen vitamin tambahan yang direkomendasikan adalah Gizidat yaiktu suplemen vitamin khusus anak.

Suplemen ini terbuat dari bahan alami yaitu ikan sidat, madu hutan alami, dan juga kurkumin atau temulawak. Ikan sidat memiliki kandungan gizi berupa omega 3, DHA, EPA, Protein, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B, Fosfor, Kalori, dan Kalsium. Ikan sidat dapat meningkatkan daya ingat, mempertahankan tekanan darah agar tetap normal, memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan lemak jahat dan lainnya.

Suplemen tambahan

Sedangkan madu hutan memiliki kandungan gizi berupa Asam Amino, Mineral, Enzim, Protein, Karbohidrat, Flavonoid, Antioksidan, Vitamin C, dan Alkaloid. Manfaat madu hutan sendiri bagi tubuh anak yakni memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan nafsu makan anak, membantu menyempurnakan pertumbuhan sel, meningkatkan energi, dan juga mencegah penyakit.

Yang terakhir adalah kurkumin atau temulawak yang merupakan salah satu tumbuhan akar tinggal yang memiliki banyak  kandungan gizi seperti Serta, Kalsium, Protein, Karbohidrat, Besi, Fosfor, Magnesium, Potasium, Sodium, Vitamin C, Seng, Thiamin, Niacin, Riboflavin, Vitamin B6, Asam Folat, Vitamin B12, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin D, Vitamin K, Potin, Pati, Minyak Asiri, Phelandren, Borneol dan Turmenol.

Kandungan temulawak pada suplemen vitamin Gizidat membantu dalam melancarkan proses metabolisme pada anak, membantu menangkal dan mengeluarkan racun di dalam tubuh, mempercepat proses pemulihan paska sakit, sebagai anti oksidan, meredakansel otot yang kelelahan, serta yang terpenting adalah mampu meningkatkan nafsu makan pada anak yang susah atau rewel makan.

Manfaat Gizidat Secara Keseluruhan Bagi Anak

  • Menambah nafsu makan pada anak sehingga anak memiliki berat badan yang ideal.
  • Mengembalikan cairan tubuh anak yang hilang satelah seharian beraktifitas.
  • Mencegah anak terserang virus influenza yang menyebabkan flu dan demam.
  • Sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun anak sehingga anak lebih kebal terhadap radikal bebas yang tersebar di lingkungan tempat anak tinggal.
  • Sebagai suplemen penambah energi karena terdapat kandungan karbohidrat.
  • Menjaga kesehatan mata karena terdapat Vitamin A pada temulawak.
  • Memperlancar sistem pencernaan sehingga usus anak akan tetap terjaga dan bersih dari bakteri jahat yang sering mengendap di usus.
  • Meningkatkan fungsi organ dalam tubuh dan fungsi otak yang berpengaruh pada daya ingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *