Tips Anak Susah Makan

Tips Anak Susah Makan

Masa kanak-kanak merupakan fase penting bagi perkembangan tubuh buah hati Anda. Oleh sebab itu, Anda harus lebih telaten dalam merawatnya dengan memastikan dirinya makan secara rutin. Tetapi, terdapat masalah klasik yang sering Anda alami yaitu anak tidak mau makan. Apabila kondisi ini terjadi, berikut adalah beberapa tips anak susah makan yang bisa Anda coba terapkan.

Sediakan camilan tinggi kalori

Makanan terutama nasi merupakan sumber energi utama yang akan memudahkan anak menjalani aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, bagaimanakah jika anak Anda ternyata tidak mau menyantap nasi? Anda tidak perlu khawatir sebab masih banyak pilihan makanan yang mampu mencukupi kebutuhan kalori si kecil.

Beberapa opsi makanan alternatif kaya kalori yang bisa Anda pilih diantaranya adalah roti, selai kacang, keju dan beragam buah-buahan. Jadi, sebenarnya anak yang tidak mau makan nasi bukan sebuah masalah serius sebab Anda bisa menggantinya dengan makanan tinggi kalori lainnya. Selain kalori sebagai sumber energi, pastikan juga bahwa nutrisi si kecil terpenuhi.

Sediakan camilan tinggi kalori

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi nutrisi buah hati. Salah satu cara yang direkomendasikan untuk Anda terapkan yaitu mengkonsumsi vitamin. Satu dari sekian banyak produk vitamin yang baik dikonsumsi untuk anak Anda adalah Gizidat. Ya, Gizidat merupakan produk vitamin yang terbuat dari campuran tiga bahan herbal atau alami.

Ketiga bahan utama yang membuat Gizidat berkhasiat ampuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak adalah madu hutan, kurkumin dan ikan sidat. Seperti Anda ketahui bahwa madu hutan adalah sumber nutrisi yang baik bagi anak pada masa pertumbuhan. Kemudian, kurkumin atau temulawak juga telah dikenal turun temurun efektif untuk meningkatkan nafsu makan.

Terakhir, sari ikan sidat juga memiliki manfaat yang tidak kalah dibandingkan madu hutan atau pun kurkumin. Sebab menurut beberapa pakar kesehatan, ikan sidat bermanfaat sebagai sumber protein utama bagi tubuh si kecil. Keberadaan beragam khasiat tersebut tentu saja membuat Anda tidak perlu ragu untuk menjadikan Gizidat sebagai asupan tambahan untuk perkembangan buah hati.

Menyikapinya dengan sabar

Anak yang susah makan terkadang memang membuat Anda sebagai orang tua merasa kesal. Perasaan ini tentu saja merupakan suatu hal yang wajar sebab jika anak tidak mau makan maka anak lebih mudah sakit. Saat si kecil sakit, Anda juga yang akan repot karena harus menjaga dan mengurusnya.

Apalagi jika Anda adalah seorang wanita karir yang juga memiliki tanggung jawab pekerjaan kantor. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan solusi terbaik untuk mengatasi buah hati yang susah makan. Salah satu tips anak susah makan yang bisa Anda terapkan adalah menyikapi gejala ini dengan lebih sabar.

Menyikapinya dengan sabar

Ketika si kecil enggan memakan makanan tertentu sebaiknya Anda jangan memaksanya. Sebab bisa jadi anak Anda tidak menyukai atau pun sudah bosan dengan menu tersebut. Apabila gejala ini dialami oleh buah hati tercinta, cobalah untuk menyajikan variasi menu makanan lainnya. Jika si anak tetap tidak mau makan, Anda bisa membiarkannya sejenak.

Selang beberapa waktu kemudian, kembali bujuk si kecil agar mau untuk makan. Umumnya, setelah Anda bujuk lagi maka anak akan bersedia untuk makan. Kondisi ini dapat terjadi karena dirinya benar-benar lapar atau pun mood-nya yang sudah membaik. Agar gejala ini tidak berulangkali dialami oleh si kecil, maka berilah asupan tambahan berupa vitamin peningkat nafsu makan.

Beri suplemen penambah nafsu makan

Disamping kedua cara sebelumnya, tips konkret lainnya guna mengatasi susah makan pada anak adalah dengan memberinya suplemen. Suplemen untuk penambah nafsu makan sendiri bisa Anda peroleh secara mudah baik di apotek maupun agen resminya. Salah satu produk suplemen yang baik dan aman untuk dikonsumsi si kecil adalah Gizidat.

Beri suplemen penambah nafsu makan

Gizidat adalah produk suplemen berkhasiat berupa madu alami yang dihasilkan langsung oleh lebah pembohong liar. Selain kandungan madu alami yang kaya akan nutrisi, dalam suplemen ini juga terdapat senyawa temulawak serta ikan sidat. Jika si kecil susah makan, maka konsumsi Gizidat merupakan solusi efektif.

Dikarenakan produk ini mengandung senyawa temulawak atau kurkumin yang dikenal sebagai sumber mineral tinggi. Selain itu, masih ada kandungan zat yang berasal dari ikan sidat. Bagi Anda yang belum mengetahui manfaatnya, jenis ikan ini adalah sumber protein tinggi. Bahkan beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa protein ikan sidat lebih tinggi dari salmon Norwegia sekalipun.

Variasikan menu makanan sehari-hari

Kondisi mental anak memang cenderung masih sangat labil. Jadi, Anda tidak perlu heran jika anak mudah sekali berubah pendapat termasuk soal makanan kesukaannya. Seringkali Anda mendapati si kecil yang tidak mau makan dengan alasan sudah kenyang. Padahal, Anda tahu bahwa sedari tadi Ia sama sekali belum menyantap makanan apapun.

Variasikan menu makanan sehari-hari

Pernyataan sudah kenyang yang diberikannya sebenarnya bukan merupakan alasan sesungguhnya anak tidak mau makan. Alasan yang paling logis adalah bisa jadi karena anak tidak suka dengan makanan tersebut atau pun merasa bosan menyantap menu yang sama. Nah, agar selera makan si kecil terjaga bahkan meningkat sebaiknya Anda lebih kreatif dalam memvariasikan menu makanan.

Cara kreatif yang bisa Anda lakukan adalah membuat rasa makanan lebih enak maupun mendesain tampilannya semenarik mungkin. Biasanya anak kecil suka sekali dengan segala hal yang terlihat menarik apalagi lucu. Misalnya, Anda ingin memberinya makan berupa kue atau roti, maka cobalah untuk mempercantik tampilannya dengan karakter kartun kesukaan si kecil.

Membatasi minum sebelum atau saat anak makan

Anak yang susah makan bisa disebabkan karena konsumsi air minum yang terlalu berlebihan. Jadi, sebaiknya Anda tidak membiarkan si kecil minum banyak air sebelum maupun pada waktu sedang makan. Minum air memang penting untuk memenuhi cairan tubuh buah hati Anda. Selain itu, aktivitas ini juga akan membuat sistem pencernaan anak lebih mudah melarutkan makanan.

Namun, konsumsi air minum yang melebihi batas justru akan membuat perut anak Anda menjadi kembung. Akibatnya, Ia pun menjadi enggan makan atau sekedar menghabiskan sisa makanannya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mendampingi si kecil saat makan sehingga bisa membatasi air minum yang dikonsumsinya.

Membatasi minum sebelum atau saat anak makan

Disamping itu, perlu Anda ketahui juga bahwa pemberian minuman berasa manis saat anak makan juga tidak disarankan. Mengapa demikian? Sebab minuman manis juga akan membuat perut anak menjadi lebih mudah kembung. Kemudian, hindari juga konsumsi susu bila anak Anda belum makan. Ini dikarenakan susu juga bisa memberikan efek kembung pada perut anak Anda.

Gejala anak susah makan adalah permasalahan klasik yang sering dialami orang tua. Oleh sebab itu, Anda perlu menyikapi terjadinya gejala ini secara bijak. Sebab ketika Anda memaksa anak makan, menakut-nakutinya bahkan memarahinya maka Ia semakin tidak mau makan. Nah, apabila kondisi ini dialami oleh Anda beberapa tips anak susah makan di atas mungkin bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *