Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga

Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga

Kelebihan berat badan merupakan sebuah momok bagi sebagian orang. Berat badan yang berlebih dan bentuk badan yang gendut dapat membuat tingkat kepercayaan diri seseorang menjadi menurun. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat badan terlihat kurus. Ada yang mengakalinya dengan menggunakan pakaian berwarna gelap dan ada pula yang menjalankan program diet.

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dan membuatnya menjadi ideal. Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah rutin berolahraga. Namun, ada banyak sekali orang yang tidak sempat atau bahkan malas melakukan olahraga. Tetapi tenang saja, ada tips diet sehat tanpa olahraga yang bisa dicoba bagi Anda yang malas melakukan olahraga.

Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga yang Mudah Dilakukan

Bagi sebagian orang, olahraga merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan. Walaupun sebenarnya gerakan yang dilakukan adalah gerakan yang sederhana, tetapi ada saja orang yang malas melakukannya. Banyak orang yang melakukan cara instan agar terlihat kurus, seperti mengonsumsi obat diet yang belum tentu terjamin keamanannya.

Padahal masih ada banyak sekali cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menjalankan tips diet sehat tanpa olahraga. Beberapa tips diet tersebut antara lain adalah:

1. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Hal pertama dalam tips diet sehat tanpa olahraga yang bisa Anda lakukan adalah mengunyah makanan secara perlahan. Selain perlahan Anda juga harus benar-benar merasakan apa yang sedang dimakan. Hal ini dilakukan untuk memancing dan menstimulasi otak bahwa Anda benar-benar sudah makan.

Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Ketika mengunyah secara terburu-buru, otak Anda menjadi lambat merespon atau menjadi tidak sadar bahwa Anda sudah makan. Akibatnya, Anda tidak benar-benar merasa kenyang sehingga memilki keinginan untuk kembali makan.

Mengunyah secara perlahan ini terbukti ampuh untuk mengurangi jatah porsi makan Anda. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda telah membatasi jumlah makanan dan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Gunakanlah Piring Kecil

Tips diet sehat tanpa olahraga selanjutnya masih berhubungan dengan sugesti otak. Jika Anda selalu menggunakan piring besar ketika makan, maka cobalah beralih menggunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil.

Gunakanlah Piring Kecil

Piring kecil dapat membuat makanan terlihat banyak walaupun sebenarnya makanan tersebut memiliki porsi yang kecil. Dengan demikian, otak akan menangkap bahwa Anda sudah makan banyak makanan dan akan keinginan untuk makan pun akan hilang.

Cara inipun terbukti cukup ampuh juga untuk mengatur dan mengurangi porsi makan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra untuk olahraga agar berat badan menjadi turun.

3. Perbanyaklah Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Salah satu penyebab berat badan menjadi meningkat adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat bukan hanya berasal dari nasi saja. Ada banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, mie, dan berbagai jenis snack dan junkfood.

Perbanyaklah Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Untuk menurunkan berat badan, cobalah kurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi sebagai pengganti sumber energi. Bahan makanan yang mengandung sumber protein yang tinggi adalah daging, ikan, dan juga telur.

Protein juga ternyata memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang pada tubuh Anda. Hormon ghrelin yang merupakan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang pada tubuh ternyata dirangsang oleh protein. Dengan mengonsumsi protein, maka rasa kenyang akan terasngsang dengan cepat.

4. Perbanyaklah Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi dapat membantu Anda mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Perbanyaklah Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Rasa kenyang yang cukup lama tersebut itu dikarenakan makanan yang mengandung serat tersebut akan membentuk sebuah jel ketika terkena air. Jel inilah yang akan memperlambat proses pencernaan, sehaingga lambung tidak akan kosong dalam waktu yang singkat.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi adalah sayur, buah-buahan, dan jenis kacang-kacangan. Selain itu, gandum juga terkenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selain untuk mencegah dehidrasi, ternyata air putih juga dapat membantu Anda yang sedang menjalankan program diet.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cobalah meminum air putih sebanyak 0,5 liter setengah jam sebelum makan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengurangi rasa lapar, sehingga konsumsi makanan menjadi lebih sedikit. Perlu diingat juga, selama program diet kurangi konsumsi minuman manis, karena minuman manis memiliki banyak sekali kalori.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Snack

Kebiasaan gemar mengonsumsi makanan cepat saji dan snack merupakan kebiasaan yang digemari oleh semua orang. Baik itu bagi orang dewasa ataupun anak-anak sekalipun. Namun, dibalik lezatnya berbagai jenis makanan tersebut, terkandung kalori yang cukup besar yang dapat menambah berat badan Anda dalam waktu singkat.

Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Snack

Selain kandungan kalori yang tinggi, pada makanan cepat saji dan snack terkandung juga zat-zat yang cukup berbahaya bagi tubuh seperti lemak jahat. Lemak jahat tersebutlah yang dapat menyebabkan obesitas dan berbagai jenis penyakit lainnya. Bahkan bisa saja lemak jahat tersebut mempersempit pembuluh darah.

Pada anak-anak, terlalu banyak mengonsumsi snack dan makanan cepat saji juga dapat memengaruhi nafsu makan. Banyak anak-anak yang susah sekali bila disuruh untuk makan. Mereka akan menjadikan cemilan tersebut untuk membuat perutnya menjadi kenyang. Padahal cemilan tersebut biasanya tidak sehat.

Di masa pertumbuhan, seharusnya anak-anak mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Biasanya gizi seimbang tersebut didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, protein, serat, vitamin, dan kandungan gizi lainnya. Kandungan gizi tersebut biasanya terdapat di dalam sayur, buah, daging dan juga susu.

Selalu Mengkonsumsi Vitamin Gizidat

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak sekali produk-produk suplemen atau vitamin yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya adalah gizidat yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan nafsu makan anak.

Kandungan bahan pada gizidat dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada anak Anda. Khasiat tersebut didapat dari temulawak. Selain itu juga, suplemen anak ini juga mengandung madu hitam alami dan ekstrak ikan sidat yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Nafsu makan yang tinggi akan membuat anak Anda tidak akan mengonsumsi snack secara berlebihan lagi. Karena ia telah merasa kenyang karena makan nasi dan makanan sehat lainnya. Dengan demikian nutrisi dalam masa pertumbuhannya dapat terjamin.

Demikian beberapa tips diet bagi Anda yang malas berolahraga dan juga cara mengatasi anak yang gemar mengonsumsi snack secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *