Tips Gemukin Badan

Tips Gemukin Badan

Memiliki Berat badan di bawah ideal sangat berpotensi mengganggu kesehatan Anda. Dengan memiliki berat badan di bawah normal, berarti Anda tidak memiliki cukup banyak massa tubuh yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara optimal. Kasus kekurangan berat badan paling banyak ditemukan pada wanita dan anak-anak, dibandingkan dengan pria.

Meskipun ada orang yang tetap sehat walaupun berat badannya kurang, tak jarang juga timbul masalah kesehatan pada mereka. Jika Anda merupakan salah satunya, ikuti berbagai tips gemukin badan dalam artikel ini untuk memperbaiki kesehatan Anda.

Risiko Kesehatan yang Timbul Akibat Berat Badan Rendah

Risiko Kesehatan yang Timbul Akibat Berat Badan Rendah

Saat ini, obesitas memang merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering ditemukan di dunia. Namun, berat badan kurang juga sama buruknya bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian, berat badan rendah erat dengan peningkatan risiko kematian sebanyak 140% pada pria dan 100% pada wanita. Dibandingkan dengan rasio obesitas yaitu 50%, tentunya ini termasuk berbahaya.

Berat badan rendah juga bisa mengurangi kekuatan sistem kekebalan, meningkatkan risiko infeksi, meningkatkan risiko osteoporosis, serta menyebabkan masalah kesuburan. Selain itu, ada juga risiko penurunan fungsi otot serta demensia pada masa tua.

Kondisi Medis yang bisa menyebabkan Kurang Berat Badan

Kondisi Medis yang bisa menyebabkan Kurang Berat Badan

  1. Kelainan tiroid

Memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa meningkatkan metabolism secara berlebihan dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

  1. Penyakit celiac

Ini adalah kondisi di mana orang tidak bias toleransi terhadap gluten. Namun, kebanyakan orang yang memiliki penyakit ini tidak sadar sampai gejalanya menjadi parah.

  1. Diabetes

Penyakit diabetes yang tidak dikendalikan, khususnya tipe 1, bisa menyebabkan kehilangan berat badan yang drastis.

  1. Berbagai penyakit

Tumor yang menjadi ganas atau sudah dalam tahap kanker bisa menyebabkan seseorang kehilangan sangat banyak berat badan karena sel kanker mengambil semua nutrisi. Penyakit lain yang bisa menyebabkan kehilangan berat badan adalah infeksi parasite, tuberculosis, dan HIV/AIDS.

Tips Gemukin Badan dengan Sehat

Tips Gemukin Badan dengan Sehat

Jika Anda ingin menaikkan berat badan, sangat penting untuk melakukannya dengan cara yang tepat. Mengkonsumsi banyak makanan dan minuman yang tidak sehat hanya akan merusak kesehatan Anda. Jika Anda mengalami kekurangan berat badan, yang lebih baik adalah meningkatkan massa otot dan lapisan lemak di seluruh tubuh.

Cara menambah berat badan yang sehat dan bisa diikuti dengan mudah bisa Anda temukan di bawah ini. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, ada juga beberapa cara lain yang bisa Anda jadikan panduan. Cara ini efektif untuk menambah berat badan dalam waktu singkat tanpa mengorbankan kesehatan Anda.

  1. Makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal pokok yang menjadi dasar dari tips gemukin badan adalah menciptakan surplus atau kelebihan kalori. Artinya, Anda harus makan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mencarinya dengan menggunakan kalkulator kalori yang banyak tersedia di internet.

Makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika ingin menambah berat badan secara bertahap, targetkan 300 hingga 500 surplus kalori per hari. Jika ingin menambah berat badan dengan lebih cepat, targetkan 700 hingga 1000 surplus kalori. Namun ingat, kalkulator hanya memberi estimasi dan kebutuhan Anda sebenarnya bisa berbeda.

Anda tidak perlu menghitung kalori setiap hari selama hidup Anda, namun untuk permulaan, Anda bisa melakukannya untuk memperkirakan berapa asupan kalori yang sudah masuk ke tubuh.

  1. Makan protein dalam jumlah banyak.

Zat gizi yang paling penting untuk menambah berat badan secara sehat adalah protein. Otot terbuat dari protein, dan tanpa protein maka kalori berlebih hanya akan menjadi lemak tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat orang kelebihan makanan namun asupan protein tinggi, kelebihan kalori itu akan diubah menjadi otot.

Makan protein dalam jumlah banyak.

Namun, ingat juga bahwa protein bisa dibilang sebuah pedang bermata dua. Meskipun membantu dalam membentuk otot, protein juga sangat mengenyangkan sehingga akan sulit untuk makan lebih banyak. Jika sedang mencoba menaikkan berat badan, targetkan untuk mengkonsumsi 1,5 hingga 2.2 gram protein per kilogram berat badan. Jika kebutuhan kalori Anda sangat tinggi, jangan ragu untuk mengkonsumsi lebih banyak.

Makanan yang banyak mengandung protein yaitu daging, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan masih banyak lagi. Suplemen protein seperti whey protein juga bisa menambah asupan protein dalam pola makan Anda.

Jika konsumsi protein membuat Anda sulit makan lebih banyak, tambahkan Gizidat dalam pola makan Anda sehingga nafsu makan bertambah dan bisa memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda tercapai dengan lebih mudah.

  1. Konsumsi Suplemen Gizidat

Konsumsi Suplemen Gizidat

Selain mengandung zat gizi yang penting untuk menambah massa tubuh seperti protein, omega 3, dan berbagai vitamin, konsumsi suplemen gizidat juga akan menambah nafsu makan Anda sehingga jumlah kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan bisa cepat tercapai.

  1. Konsumsi karbohidrat dan lemak dalam jumlah banyak paling tidak 3 kali sehari

Konsumsi karbohidrat dan lemak dalam jumlah banyak paling tidak 3 kali sehari

Banyak orang membatasi asupan karbohidrat dan lemak dalam program penurunan berat badan, sehingga pastinya ini merupakan hal yang tidak tepat untuk dilakukan jika Anda sedang mencoba meningkatkan berat badan.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak karbohidrat dan lemak jika menambah berat badan menjadi prioritas. Kombinasikan protein, karbohidrat, dan lemak setiap kali Anda makan. Selain itu, pastikan Anda makan paling tidak 3 kali sehari. Tambahkan dengan camilan bergizi tinggi kapan pun bisa dilakukan.

  1. Pilih makanan dengan kandungan kalori tinggi.

Peran makanan alami yang bergizi sangat penting dalam proses menambah berat badan. Sayangnya, jenis makanan ini biasanya sangat mengenyangkan sehingga sulit untuk makan lebih banyak.

Cara mengatasinya adalah menggunakan lebih banyak bumbu, saus, serta pelengkap. Semakin lezat makanan Anda, tentu saja akan lebih mudah untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Selain itu, tambahkan bahan makanan berkalori tinggi dalam setiap kali makan.

Contoh makanan berkalori tinggi yang bisa Anda konsumsi dalma jumlah banyak adalah kacang-kacangan (almond, walnut, macadamia, kacang tanah), buah kering (kismis, kurma, prune), produk olahan susu tinggi lemak (susu murni, yogurt full cream, keju, krim), lemak dan minyak (minyak zaitun, minyak kelapa, mentega, margarin), biji-bijian (oat, nasi), daging (ayam, sapi, kambing dengan bagian berlemak).

Kebanyakan jenis makanan ini sangat mengenyangkan, sehingga mungkin Anda harus memaksakan diri untuk tetap makan meskipun sudah kenyang. Sangat disarankan untuk menghindari makan sayuran dalam jumlah banyak saat program peningkatan berat badan sehingga Anda bisa makan yang berkalori tinggi dalam jumlah banyak.

  1. Angkat beban dan tingkatkan kekuatan.

Angkat beban dan tingkatkan kekuatan.

Untuk memastikan bahwa kelebihan kalori digunakan untuk membangun otot dan bukan lemak, disarankan untuk berlatih angkat beban. Kunjungi pusat kebugaran dan berlatihlah angkat besi sebanyak 2 hingga 4 kali per minggu. Pilih beban yang berat dan cobalah meningkatkan target Anda dari waktu ke waktu.

Saat berada di pusat kebugaran, kurangi jumlah latihan kardio (seperti treadmill) karena lebih baik berfokus dalam latihan angkat beban. Kardio baik untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan, namun untuk sekarang jangan melakukannya terlalu sering karena hanya akan membakar kalori yang sudah Anda makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *