Tips Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat

Kesehatan merupakan salah satu harta yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Maka dari itu agar tubuh tetap terjaga kesehatannya banyak orang yang rela melakukan apapun. Segala cara mereka lakukan baik itu secara medis ataupun bukan medis, logis maupun supernatural. Itu merupakan ragam dari usaha yang dilakukan oleh orang – orang tertentu untuk mendapatkan kesehatannya.

Maka tak jarang dengan cara yang dipilihnya akan berdampak pada jumlah pengeluaran yang tidak sedikit. Namun, sebenarnya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat tidaklah sulit bahkan Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Anda hanya perlu untuk mempelajari tips hidup sehat sederhana.

12 Tips Hidup Sehat Yang Mudah Dilakukan

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentunya dibarengi dengan melakukan pola hidup yang sehat. Seperti rajin mengkonsumsi air minum 8 gelas per harinya, melakukan olahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan lain sebagainya. Bila Anda mengaplikasikannya secara teratur maka tubuh Anda akan terjaga kesehatannya.

Berikut ini telah disajikan mengenai 10 tips hidup sehat yang bisa Anda jadikan sebagai bahan rujukan demi mendapatkan tubuh yang sehat. Tentunya membutuhkan ekstra ketlatenan dan kesabaran dalam menjalaninya.

  1. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak\

Sebagian besar dari tubuh Anda sebenarnya membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel – sel jaringan pada tubuh. Namun, kadangkala Anda kurang minum cukup air putih setiap harinya. Hal ini tentu saja akan berdampak tidak baik bagi tubuh.

Kenapa berdampak tidak baik? Sebab sebagaimana yang Anda ketahui air putih mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu, tubuh Anda setiap harinya juga kehilangan cairan dalam jumlah banyak karena telah dikeluarkan melalui urine, keringat, dan buang air besar. Sehingga Anda perlu sekali untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.

Dalam penelitian juga menyebutkan bahwa jumlah banyaknya air yang Anda minum itu tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi. Contohnya saja kondisi iklim serta cuaca, aktivitas pada fisik, berat badan dan lain sebagainya. Namun pada umumnya tubuh Anda memerlukan 2, 7 sampai dengan 3, 7 liter air.

  1. Beristirahatlah secukupnya

Memiliki waktu antara tidur dan istirahat secukupnya merupakan salah satu dari kunci kebiasaan hidup yang sehat. Pastinya hal ini cukup beralasan sekali sebab tubu Anda sangat membutuhkan waktu istirahat untuk bisa melakukan aktifitas kembali secara maksimal. Selain itu juga dengan beristirahat secukupnya akan memiliki manfaat mencegah penuaan dini.

Bila Anda tidak dapat melakukan istirahat dengan sebaik – baiknya, Anda dapat melakukan ‘kompensasi’ yakni dengan makan dalam jumlah yang lebih banyak. Tetapi, tetap saja cara seperti itu sangat – sangat tidak direkomendasikan sekali oleh para ahli kesehatan. Oleh karena itu, baiknya beristirahatlah dengan cukup selama 6 atau 8 jam per harinya.

  1. Olahraga secara teratur

Dalam penelitian menunjukan dengan melakukan olahraga secara teratur pada tiap harinya tentunya akan berdampak luar biasa pada kesehatan Anda. Salah satunya adalah peningkatan pada rentang hidup, menurunkan rasio terkena penyakit, serta penurunan berat badan secara alami. Gimana luar biasa sekali bukan?

Namun, bila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan olahraga. Anda bisa menggantinya dengan melakukan olahraga yang sederhana. Seperti memilih berjalan kaki untuk pergi ke kantor atau memilih untuk menaiki tangga dibandingkan dengan menggunakan lift. Tentunya itu akan menjadi aktifitas dari pengganti berolahraga yang murah dan mudah.

  1. Mengkonsumi buah

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa di dalam buah – buahan terkandung banyak sekali kandungan seperti antioksidan maupun vitamin yang diperlukan sekali oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dari sekarang rajin – rajinlah mengkonsumsi buah – buahan pada tiap harinya dan hindari mengkonsumsi vitamin sintesis.

  1. Mengkonsumsi sayuran

 

Seperti dengan buah – buahan, mengkonsumsi sayuran tiap harinya juga penting sekali demi menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu, para ahli juga menyarankan bahwa setidaknya Anda pada setiap harinya mengkonsumsi 5 – 9 porsi buah – buahan maupun sayuran. Karena bila Anda tidak mengkonsumsi buah maupun sayuran tentu akan berdampak buruk bagi tubuh.

  1. Pilih buah-buahan ataupun sayuran berwarna cerah

Menurut sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi sayuran maupun buah – buahan yang berwarna cerah tentunya akan berdampak baik bagi tubuh Anda. Karena sayuran dan buah – buahan yang berwarna cerah itu mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Sebagaimana Anda ketahui bahwa antioksidan itu memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh yakni dapat menangkal dan menghilangkan radikal bebas yang merusak sel – sel tubuh. Oleh karena itu pilihlah sayuran maupun buah – buahan yang berwarna cerah seperti pisang, nanas, apel, tomat, terong, jeruk, mentimun dan lain sebagainnya.

  1. Hindari makanan olahan

Biasanya Anda pasti memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan olahan pada setiap harinya. Padahal sebenarnya makanan olahan atau yang biasa didalam kaleng memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh yakni nilai gizi yang tertera tidaklah sempurna, juga ditambah dengan adanya bahan pengawet yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, dengan berkaca dari hal tersebut alangkah baiknya bila mulai dari sekarang bagi Anda untuk menghindari makanan olahan. Ini bukan berarti Anda dituntut untuk tidak boleh mengkonsumsi sama sekali. Anda boleh mengkonsumsinya asalkan tidak terlalu sering misalnya cukup seminggu sekali.

  1. Jauhi pola pikir negative

Memiliki pola pikiran yang positif adalah salah satu poin penting dalam mendapatkan pola hidup yang sehat. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah orang yang mempunyai kecenderungan pola pikir yang negative yang mana akan meracuni pola pikir Anda dan menyebabkan rasa stress yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Makan dengan porsi kecil

Siapa sangka makan dengan porsi yang kecil namun sering ternyata memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Ini didukung karena tubuh Anda akan bisa melakukan proses pencernaan makanan secara sempurna. Namun, ini tentu saja bukan berarti pembenaran kebiasaan mengemil ya.

  1. Berhenti makan ketika kenyang

Terkadang Anda pasti mempunyai pola makan yang tidak menentu pada tiap harinya, baik itu banyak maupun sedikit. Maka tak jarang pula pada situasi social yang mendukung misalnya saja seperti ketika di tengah pesta. Terus ingatlah bahwa tubuh Anda bukanlah mesin penggiling yang menghabiskan semua makanan dihidangkan dalam jamuan pesta tersebut.

  1. Memiliki tujuan hidup

Memiliki makna kehidupan yang positif tentunya dapat didapatkan dengan memiliki kesehatan dari dalam tubuh. Anda bisa mulai dari sekarang menanyakan pada diri Anda seperti Apakah saat ini Anda menjalankan kehidupan berarti? Apakah saat ini Anda telah hidup sejalan dengan tujuan hidup Anda?

Tentunya hanya Anda sendiri yang bisa menjawabnya. Pastikan pada diri Anda untuk terus mencanangkan kembali tujuan hidup kemudian raihlah secara penuh ketenangan. Sehingga Anda akan mendapatkan sesuatu hal yang berarti serta baik untuk kesehatan diri Anda.

  1. Mengonsumi Gizidat

 

Tips hidup sehat selanjutnya adalah mengkonsumsi gizidat secara teratur pada tiap harinya. Hal ini karena kandungan nutrisi pada Gizidat sesuai dengan kebutuhan nutrisi pada tubuh Anda. Selain itu juga terdapat kandungan komponen utama seperti ekstrak ikan sidat, temulawak, madu hutan, dan probiotik alami dari madu hutan.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *