Tips Kesehatan Wanita

Tips Kesehatan Wanita

Menjaga Berada di fase usia 20-30an biasanya menjadi periode paling sibuk bagi wanita pekerja atau berumah tangga. Agar tetap fit, cobalah lakukan pola hidup sehat sehari hari yang bakal kita bahas. Di awal usia 20-an, umumnya kita sudah akan lulus kuliah dan bekerja. Tubuh yang masih fresh diajak bergulat dengan kehidupan yang sebenarnya. Untuk itu, maka diperlukan tips kesehatan wanita.

Olahraga tidak sempat dijalankan karena kesibukan. Makanan serba instan serta junk food sering dikonsumsi saat perut kosong. Kondisi ini umumnya berlanjut sampai usia 30-an. Pada usia ini, biasanya wanita telah menemukan pasangan sejatinya serta memulai berumah tangga. Belum lagi jika sudah memiliki momongan. Kesibukan bakal makin bertambah dan seolah tidak ada habisnya. Memiliki waktu untuk diri sendiri saja semakin berkurang. Berikut beberapa tips kesehatan wanita terbaru.

Tips Kesehatan Wanita untuk Wanita Dewasa Muda

Berikut ini merupakan contoh pola hidup sehat yang perlu dilaksanakan sehari hari yang sangat sesuai dilakukan untuk usia 20 sampai 30-an. Cobalah untuk menerapkan 7 pola hidup sehat ini dengan teratur di sela-sela padatnya aktivitas atau kesibukan supaya hasilnya bisa kamu nikmati disaat  hari tua nanti.

  1. Olahraga 30 Menit Per Hari

Kepadatan tulang kamu akan berada puncaknya saat usia 20-an keatas. Menginjak usia 30 tahun, proses pemadatan tulang ini bakal semakin melambat. Proses kepadatan ini kemudian bakal berhenti total pada sekitaran usia menginjak 35 tahun. Setelah itu, perihal kepadatan tulang bakal berkurang seiring oleh bertambahnya usia seseorang.

Sebelum fase ini berhenti, alangkah baiknya apabila kita mulai “menabung” tulang sedini mungkin. Jangan sampai nantinya tabungan tulang kita minim sehingga saat masuk ke usia 40 ke atas tulang adi sangat mudah rapuh dan besar risiko terkena osteoporosis pada tubuhnya.

Salah satu caranya ialah dengan menerapkan pola hidup sehat yang benar dengan berolahraga. Banyak di antaranya yakni lari maraton, jalan sehat, lompat tali, senam aerobik, jogging, atau tenis yang bisa membantu tubuhmu meningkatkan proses kepadatan tulang.

Lakukanlah pola hidup sehat dan bugar seperti ini minimal 30 menit setiap hari. Kamu bisa memulainya dengan melakukan jalan kaki menuju kantor. Berolahraga bareng bersama keluarga juga tidak kalah asyiknya, malah bisa meningkatkan kualitas kebahagiaan rumah tangga.

  1. Gunakan Tabir Surya

Pakailah sunscreen yang setidaknya memiliki kandungan SPF 15 serta dapat menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus. Manfaat dari cara hidup sehat ini dilaksanakan secara rutin adalah ntuk menurunkan risiko penyakit kanker kulit. Sunscreen juga mampu untuk mencegah penuaan dini di kulit. Penelitian bahkan sudah menunjukkan bahwa peggunaan sunscreen dengan rutin mampu memperlambat perubahan kulit menjadi keriput. Pada usia 20-an, produksi kolagen yang biasanya berfungsi untuk mempertahankan elastisitas dari kulit mulai menurun. Sunscreen tersebut dapat berfungsi sebagai penangkal UVA yang bisa memecah serta merusak kolagen.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Tips atau cara hidup sehat sehari hari yang dapat dilakukan selanjutnya ialah cobalah mengonsumsi makanan yang sehat. Perbanyaklah makan buah, sayuran, gandum utuh, serta makanan yang kaya akan nutrisi lainnya. Kandungan antioksidan pada buah dan sayur sangat baik untuk menangkal sebuah radikal bebas dan juga mencegah kanker. Antioksidan pun juga bisa membantu kamu terlihat awet muda.

Dengan kamu mengkonsumsi makanan sehat, berat badan kamu juga bisa lebih stabil. Hal ini juga sangat penting karena pada usia 30-an biasanya metabolisme pada tubuh sudah mulai melambat. Berat badan pun juga semakin susah turun, apalagi seorang wanita. Padahal, untuk berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit seperti serangan jantung, diabetes, bahkan artritis, dll.

  1. Kurangi Asupan Gula & Garam

Tidak hanya memakan makanan sehat saja, usahakan juga agar mengurangi makanan yang tidak sehat. Hindari jenis makan makanan gorengan dan pakai cara memasak lain yang tidak mengurangi kandungan gizi. Batasi juga asupan gula serta garam setiap harinya.

Mengkonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit obesitas, kanker, dan diabetes tipe II, serta penyakit kardiovaskular, dll. Sedangkan ketika mengkonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan ancaman tekanan darah tinggi dan juga stroke.

Menurut data dari Amerikan Heart Association, wanita dewasa sebaiknya hanya boleh mengonsumsi 25 gr atau 6 sdt gula setiap harinya. Disamping itu, konsumsi garam dibatasi hingga 23 gr/harinya. Jika kamu sedang hamil atau sedang menyusui, asupan garam atau kandungan yodium yang direkomendasikan malah lebih rendah lagi. Yakni sebesar 15 gr setiap hari sesuai contoh cara hidup sehat ini.

  1. Jaga Kesehatan Pinggang

Low Back Pain atau sebuah nyeri di pinggang pada bagian bawah akan sering diderita wanita sejak umur 20-an. Terutama bagi wanita kantoran yang selalu duduk berjam-jam ketika bekerja. Bila tidak diatasi, bisa bersifat kronis dan mempengaruhi mood serta emosi kamu, atau bahkan kamu menjadi sulit untuk berkonsentrasi serta mengingat sesuatu.

Nafsu makan pun ikut berkurang dan tidur tidak nyenyak. Terkadang, rasa sakit yang tidak kunjung menghilang juga kan mengganggu pekerjaan dan menurunkan stamina. Hal ini bahkan dapat berujung menjadi rasa cemas yang amat berlebihan dan depresi.

Untuk mencegahnya, realisasikan contoh cara hidup sehat dengan melakukan aktivitas olahraga dan menguatkan otot punggung dan pinggang. Seperti peregangan, senam aerobik, yoga, serta renang sangat disarankan untuk mengatasi keluhan low back pain. Relaksasi juga bagus untuk mengendurkan semua otot-otot yang tegang. Bila rasa sakit tidak kunjung reda, dokter mungkin juga bakal menyarankan minum obat pereda rasa nyeri.

  1. Hindari Stres

Pada usia 20 sampai 30-an, kita akan berhadapan dengan sengitnya persaingan di dunia nyata. Tidak jarang hasil kinerja kita dibanding-bandingkan oleh sesama rekan kerja. Ketertinggalan dalam sebuah pencapaian pun dapat memicu stresyang luar biasa. Stres yang tidak kunjung hilang tidak cuma mempengaruhi emosi saja, tapi juga bisa melemahkan sistem imun pada tubuh.

Stres juga bisa memicu ancaman darah tinggi sampai serangan jantung sehingga mesti dihindari. Cobalah untuk mengatasi stres agar mendapatkan manfaat cara hidup sehat. Misal dengan melakukan aktivitas seperti meditasi, relaksasi, atau bisa juga dengan mendengarkan lagu. Pastikan pula untuk beristirahat dengan cukup dan tidur setidaknya 7 jam dalam satu hari supaya kesehatan mental selalu terjaga.

Selain dari itu, berbincang kepada keluarga dan sahabat juga dapat membantu menggurangi tekanan yang ada. Perbanyak interaksiyang menyenangkan supaya kamu bisa terhindar dari rasa stres dan selalu hidup bahagia.

  1. Mulai Pemeriksaan Berkala

Menginjak umur 20-an, mulailah mendekatkan diri kepadan dokter. Bukan hanya untuk mengobati, tapi untuk melakukan tindakan pencegahan. Seperti sebuah pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati. Lakukanlah medical check up setidaknya 2 tahun sekali untuk tes umumnya seperti mengetahui tekanan darah, kolesterol, serta gula darah. Apabila di keluarga kamu ada riwayat penyakit ini, pemeriksaan dapat dilakukan dengan lebih sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *