Tips Makanan Sehat

Tips Makanan Sehat

Memiliki tubuh yang sehat merupakan impian setiap orang dan termaksud juga anda. Saat anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar, maka anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan yang anda inginkan. Jika tubuh anda lemah merasa tidak bugar, maka hal ini akan mempengaruhi segala aktivitas yang anda lakukan. Tips makanan sehat berikut ini perlu Anda terapkan.

Mengkomsusmsi makanan sehat sangat penting bagai anda yang harus dilakukan setiap harinya yang harus dilakukan. Tubuh yang sehat dan bugar bukan dikarenakan sebuah keberuntungan, akan tetapi dengan mengatur pola hidup yang sehat. Salah satu factornya yang menunjangnya adalah mengkomsumsi makanan sehat.

Beberapa Tips Makanan Sehat

Asupan makan anda haruslah diperhatikan, karena hal ini dapt menunjang kesehatan Anda, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak, dan menambah tenaga Anda dalam melakukan segala aktivitas di setiap harinya. Berikut ini adalah tips makanan sehat yang sangat penting bagi Anda,

1. Jangan lupa sarapan

Jangan lupa sarapan

Sarapan sangat penting bagi anda untuk mengawali aktivitas Anda. Hindari sarapan Anda dengan mengkomsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Menu makanan sehat saat sarapan yang sangat dianjurkan untuk Anda:

  • Memilih makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi seperti oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur.
  • Makanlah makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti sereal gandum dan chia seed.
  • Pilih makanan yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur.
  • Pilihlah makanan dengan lemak baik yang terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa.

2. Jangan terlalu banyak minum kopi

Kopi adalah minuman yang bersifat diuretik yang mempercepat pembentukan urine Anda. Dan meningkat gula darah yang tidak stabil. Kurangilah mengkomsumsi kopi, lebih baik lagi tidak mengkomsumsi kopi. Mengkomsumsi teh-teh herbal lebih baik dan bermanfaat bagi tubuh anda. Misalnya :

  1. Teh akar dandelion yang dapat membantu organ hati membersihkan racun tubuh
  2. Teh ginseng untuk membantu meningkatkan energi
  3. Teh oolong bisa membantu menurunkan berat badan
  4. Teh hijau guna meningkatkan konsentrasi
  5. Teh daun mint untuk mengurangi sakit perut

3. Banyak minum air putih

Untuk Anda jangan lupa minum air putih sebanyak mungkin. Minum lah air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Sebab, meminum air putuih dapat menjaga kadar energi anda tetap tinggi, mempelancar pencernaan anda, dan konsentrasi Anda terjaga. Anda bisa meminum air putih 20menit sebelum makan ataupun 60menit sesudah makan.

4. Kurangi makan makanan kemasan

Kurangilah makan makan yang kemsana, dikarenakan makanan kemasan pada umumnya, mengandung banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan makanan yang terdapat pada makanan kemasan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Untuk lebih banyak mengasup makanan sehat, hindari makan makanan kemasan dan makanan siap saji.

5. Pilih makanan yang segar

Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin makanan berupa snakc, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

6. Perhatikan proses makanan jika anda makan direstoran

Penting bagi kita memperhatikan proses makanan yang kita pesan di sebuah tempat makan atau restoran. Sebelum Anda memasan perhatikan proses pembuatan makanan tersebut di daftar menu makanan yang di tawarkan.

Cobalah untuk hindari makanan yang digoreng, makanan yang dimasak kering dengan panas yang tinggi atau ditambahi dengan minyak atau lemak. Makanan yang dalam proses seperti itu biasanya mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi.

Jadi pililah makanan yang prosesnya memasaknya di rebus atau di panggang.

7. Kurangi dalam mengkomsumsi alkohol

Meminum alkohol akan membuat anda merasakan dehidrasi. Sebainya apabila anda mengkomsusi satu gelas alkohol seimbangi dengan satu gelas minum air putih. Sebab meminum alkohol yang berlebihan akan membuat anda mabuk dan akan menggau pola tidur Anda.

Sebaiknya bagi pria tidak lebih mengkomsumsi alkohol 2 gelas dalam sehari, bagi wanita tidak lebih dari satu gelas dalam sehari. Lebih baik Anda mengkomsumsi air putih dengan irisan lemon. Sebab air lemon dapat meningkatkan energi, membantu pencernaan, meningkatkan kekebelan tubuh, menurunkan berat badan, dan membantu perawatan kulit Anda.

8. Memilih makanan sehat yang serat tinggi

Anda juga dapat menganti nasi putih yang biasa anda makan dengan mengagntikannya dengan nasi merah yang lebih kaya akan serat tinggi. Bagi anda, yang sering mengkomsusi roti tawar putih, sebaiknya anda ganti dengan roti tawar yang terbuat dari gandum.

Selain lebih tinggi serat, roti gandum dan nasi merah juga dapat membuat anda merasa lebih kenyang sehingga anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari anda dengan lancar.

9. Pilihlah snack yang sehat

Cobalah untuk hindarin makan makanan snack kemasan. Ke mana pun Anda pergi, bawalah camilan sehat seperti buah yang dipotong kecil-kecil, jus, oatmeal, yogurt, sayur segar yang dipotong kecil-kecil, atau kacang-kacangan. Makananlah snack anda setiap 3 jam sekali agar dapat menjaga kestabilan gula darah anda.

10. Jangan makan yang berlebihan

Pada saat jam makan, sesuaikan porsi makan yang secukupnya. Hindari makan yang berlebihan, karena kan menyebabkan bertambahnya berat badan, menggangu penghambatan pencernaan anda, dan mengakibatkan timbulnya penyakit yang serius seperti diabetes.

11. Mengkomsumsi sayur dan buah

Baik bagi anda untuk makan sayur dan buah yang banyak. Pilihlah beragam sayur dan buah yang banyak warnanya. Dan jangan lupa sebelum anda mengkomsusmsi sayur dan buah cucilah terlebih dahulu untuk menghilakan zat-zat kimia dan pestisida yang mungkin terdapat pada sayur dan buah.

12. Makan secara teratur dan tepat waktu

Makanlah 3 kali dalam sehari dan tepat pada waktunya. Yaitu, makan pagi, makan siang, dan makan malam. Pada jam makan makan malam, usahakan makan sebelum jam 8 malam.

Karena, sistem laju metabolisme kita akan melambat pada saat malam hari. Agar tubuh anda sempat memproses makanan yang anda makan dan mebersihkan racun pada tubuh anda, sehingga terhindar dari berat badan yang berlebihan.

13. Pilihlah makanan sehat untuk tubuh anda

Sebab tubuh yang bugar dan sehat akan membatu segala aktifitas anda dengan lancar. Berikut beberapa makanan sehat yang wajim anda komsumsi setiap harinya :

  • Buah berry
  • Teh hijau
  • Paprika merah
  • Kacang kenari
  • Tomat
  • Ikan
  • Brokoli
  • Sup sayur
  • Coklat hitam

14. Mengkomsumsi suplemen dari produk gizidat

Tidak hanya orang dewasa yang harus mengkomsumsi suplemen. Bahkan anak-anak harus kita perhatikan dalam memilih makanan sehat. Sebab anak-anak memerlukan zat gizi yang terbaik untuk tumbuh dan berkembang.

Selain makan makanan yang yang sehat dan secara makan teratur. Anak-anak juga perlu asupan gizi dari lain seprti suplemen. Salah satunya yaitu prouk gizidat yang sedang berkembang dan digemari oleh anak-anak indonesia dalam membantu meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *