Tips Menambah Berat Badan

Tips Menambah Berat Badan

Setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah gemuk dan ada orang yang sudah banyak makan tetap saja kurus. Metabolisme tubuh juga dapat dipengaruhi oleh jenis aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Maka dari itu, dibutuhkan tips menambah berat badan yang tepat bagi orang yang kurus.

Pilih Makanan Yang Tepat

Menambah berat badan juga harus mempertimbangkan jenis makanan apa yang akan dimasukkan ke dalam tubuh. Yang jelas hanya makanan yang berkualitas saja yang boleh dimasukkan ke dalam tubuh. Beberapa makanan atau minuman yang tepat dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Hindari Gorengan dan Makanan Yang Dibakar

Ingin menambahkna berat badan bukan berarti boleh makanan sembarangan. Apalagi makan gorengan setiap hari, karena itu sangat tidak sehat bagi tubuh Anda. Kemudian, Anda juga pasti sudah mengetahui bahwa girengan sering kali menggunakan minyak yang bahkan warnanya sudah berubah menjadi hitam.

Minyak tersebut adalah minyak yang sudah sangat tidak baik bagi kesehatan dan dapat memicu kanker bila mengkonsumsi terus-menerus makanan jenis ini. Selain gorengan ada makanan yang dibakar yang juga harus dihindari.

Segala macam makanan yang dibakar lebih tidak baik lagi dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Hal itu disebabkan oleh zat arang yang menempel di makanan dapat menyebabkan kanker. Tidak hanya itu, makanan yang dibakar itu kandungan vitaminnya sudah dapat dikatakan tidak ada lagi. Jadi bila Anda memakan paprika bakar, kandungan yang tersisa hanya tinggal seratnya saja.

  1. Makan Kacang-Kacangan

Indonesia sangat memiliki kekayaan hasil panen, sehingga Indonesia memiliki banyak sekali jenis kacang-kacangan. Salah satu dari kacang yang paling terkenal yaitu kacang tanah. Selain dari kacang tanah juga terdapat kacang kedelai yang mengandung protein nabati dalam kadar tinggi.

Kedua jenis kacang-kacangan tersebut sangat baik dikonsumsi, terutama bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Anda bisa saja menggantikan seluruh cemilan keripik dengan camilan yang satu ini. Anda bahkan bisa memakan camilan ini dengan frekuensi 3 – 4 kali sehari.

  1. Makan Suplemen Gizidat

Tentu saja tidak sembarang suplemen dapat Anda makan. Salah satu dari suplemen yang baik dikonsumsi pada saat hendak menaikkan berat badan adalah Gizidat. Suplemen yang satu ini mengandung bahan-bahan alami, sehingga dapat dimakan bayi dan juga orang dewasa.

Berbagai kandungan alami di dalam suplemen ini yaitu madu hutan, temulawak, dan sidat. Ketiga komposisi ini sangat baik bagi tubuh. Madu hutan mengandung vitamin dalam jumlah yang lengkap, karena dikumpulkan oleh lebah-lebah liar di hutan. Madu jenis ini memiliki kandungan yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan lebah ternak.

Sedangkan temulawak merupakan bahan alami yang sudah lama digunakan untuk menambah nafsu makan, sehingga sangat manjur bila digunakan bagi Anda yang sedang dalam tahap menambah berat badan. Kemudian, sidat merupakan ikan yang ada di Indonesia dan memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan ikan Salmon.

  1. Konsumsi Berbagai Smoothie

Jika Anda adalah tipe orang yang cepat bosan dengan makanan, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi jus atau berbagai macam smoothie. Jadi Anda dapat berkreasi dengan berbagai aneka buah setiap paginya. Misalkan saja membuat smoothies pisang dengan campuran susu.

Pada saat membuat smoothie jangan sampai menggunakan gula, karena zat pemanis yang satu itu sangat tidak baik bila diblender bersama dengan buah-buahan. Lebih baik menggunakan daun stevia sebagai pemanis alami.

Keunggulan dari membuat smoothie ini adalah Anda bisa mengkonsumsi makanan padat serat dan juga karbohidrat yang berasal dari buah. Dengan menghancurkan makanan menjadi lebih lembut, maka zat-zat yang terkandung di dalamnya akan menjadi lebih mudah dicerna.

  1. Perbanyak Makan Karbohidrat

Salah satu dari tips menambah berat badan yang lainnya yaitu memperbanyak makan karbohirat. Dengan menambah porsi makanan terhadap makanan yang mengandung karbohidrat, maka tubuh akan dapat memperoleh asupan kalori yang jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Hasilnya berat badan Anda akan menjadi bertambah.

Batasi Latihan Kardio

Ada jenis latihan atau olahraga yang dapat digunakan untuk menambah berat badan. Contohnya yaitu squat dan deadlift. Dengan melakukan secara rutin, maka berat badan Anda dapat bertambah dan juga badan Anda menjadi bugar.

Hanya saja tidak semua olahraga akan memiliki dampak menaikkan berat badan. Ada juga olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Olahraga tersebut yaitu olahraga kardio. Jadi Anda diharuskan untuk membatasi berbagai macam gerakan kardio ini.

Apabila Anda sudah terbiasa melakukan gerakan kardio, maka Anda tetap dapat melakukan gerakan tersebut hanya selama 30 menit saja. Selain itu, Anda tidak boleh sering melakukan beberapa olahraga seperti lari dan juga bersepeda.

Kedua macam olahraga tersebut justru dilakukan oleh orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Gerakan-gerakan areobik tersebut justru sangat efisien dalam membakar lemak di tubuh.

Pola Hidup Sehat

Selain dari menambah makanan yang tetap dan juga berolahraga, Anda juga diharuskan untuk melakukan berbagai macam pola hidup sehat yang lainnya. Hal ini akan menjadi salah satu tips yang juga sangat berpengaruh terhadap target penggemukan badan Anda. Beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, agar badan cepat gemuk dapat disimak sebagai berikut.

  1. Hindari Begadang

Sebagai orang yang sibuk dengan pekerjaan seringkali enggan untuk tidur lebih awal atau tepatnya dimulai dari jam 9 malam. Justru pola tidur yang terlalu malam sangat tidak baik bagi metabolism tubuh. Rata-rata orang yang sering begadang akan menjadi kurus.

Selain itu, kebiasaan tidur terlalu mala mini dapat mengacaukan sistem metabolism badan. Akhirnya, Anda akan jadi mudah sakit dan juga kurus. Jika terjadi berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama, maka orang tersebut dapat terserang penyakit ganas bahkan kanker.

  1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu dari pola hidup sehat yang harus dijaga pada saat sedang menambah berat badan yaitu minum air putih yang cukup dengan teratur. Air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, seperti digunakan untuk mencuci darah yang sudah banyak mengandung racun di ginjal.

Selain itu, air putih juga berguna untuk mengencerkan darah, sehingga orang-orang yang kekurangan minum air putih biasanya memiliki darah yang cenderun kental. Hanya saja fakta yang mengerikan adalah kebanyakan dari orang-orang memiliki kebiasaan malas untuk minum air putih.

  1. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak kesehatan dan juga biasanya orang yang merookok akan memiliki efek penurunan badan akibat kandungan nikotin yang dapat menekan nafsu makan. Berkurangnya nafsu makan ini menyebabkan orang yang merokok rata-rata memiliki badan yang kurus.

Hanya saja merokok itu memiliki efek tidak baik bagi tubuh, terutama paru-paru. Jadi merokok tidak pernah menjadi metode yang digunakan untuk menurunkan berat badan. Kemudian, bagi Anda yang sedang berusaha keras untuk menambah berat badan, maka sangat disarankan untuk menghindari rokok.

Dengan menjalankan pola hidup sehat, Anda akan dapat menambah berat badan dan juga menjadi bugar. Bahkan, badan Anda akan menjadi lebih susah terserang penyakit bila secara berkesinambungan menerapkan metode tips menambah berat badan yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *