Tips Menggemukkan Badan

Tips Menggemukkan Badan

Setiap orang ingin memiliki bentuk badan atau bentuk tubuh yang ideal, sedangkan bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki tubuh yang terlalu gemuk, tapi ada juga yang memiliki tubuh terlalu kurus. Bagi Anda yang memiliki tubuh terlalu kurus, tentu memerlukan tips menggemukkan badan dengan cara yang sehat dan alami.

Berat badan yang terlalu kurus, akan sama bahayanya dengan berat badan yang terlalu gemuk. Jika Anda memiliki tubuh yang sangat kurus dan ingin menggemukkan badan, maka fokuslah pada kandungan gizi makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Ingat juga seberapa sering Anda makan, dan kapan waktu Anda mengkonsumsi makanan atau camilan.

Tips Menggemukkan Badan dengan Cara-Cara yang Sehat dan Alami

Lalu bagaimana cara agar Anda bisa menggemukkan badan dengan cara yang tetap sehat dan alami. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan, memiliki badan yang proporsional dan tetap sehat. Berikut penuturannya :

1. Makan Lebih Banyak


Jika berat badan Anda di bawah berat badan ideal rata – rata, maka Anda harus makan dengan jumlah atau porsi yang lebih banyak. biasanya orang yang memiliki berat badan kurang, akan lebih sering merasa kenyang. Untuk itu Anda harus makan lebih sering, walaupun porsinya sedikit tapi jumlahnya bisa ditambah. Misalnya makan 4 – 5 kali dalam 1 hari.

Atau bisa juga makan 5-6 kali sehari tetapi dalam porsi yang kecil, karena cara tersebut akan lebih baik dibandingkan makan 3 kali sehari tapi dengan porsi yang besar.

2. Cermatlah dalam Memilih Makanan


Jika Anda ingin mulai menggemukkan atau menaikkan berat badan, maka Anda harus lebih cermat dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi, misalnya roti gandum, sereal, pasta, buah-buahan, sayuran, produk olahan susu, makanan sumber protein yang tidak mengandung lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Makan Makanan Berlemak Baik


Untuk Anda yang ingin gemuk, maka Anda boleh memakan makanan yang mengandung lemak. Tapi pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh. Karena lemak tak jenuh mengandung kalori yang tinggi, tapi juga baik untuk tubuh. Jenis lemak ini juga mampu menaikkan berat badan, tapi tidak menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan.

Contoh makanan yang mengandung lemak baik di antaranya yaitu buah alpukat, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Misalnya Anda bisa menambahkan alpukat pada roti yang akan makan di pagi hari. Atau Anda bisa menjadikannya makanan atau camilan di sore hari.

4. Minum Susu


Tips menggemukkan badan berikutnya adalah, meminum susu dengan rutin dan teratur. Karena susu adalah jenis minuman kesehatan yang bisa menaikkan berat badan. Dengan minum susu maka Anda akan mendapat asupan protein kalori yang cukup, dan berkualitas tinggi.

5. Rajin Berolahraga


Tujuan dari berolahraga adalah agar tubuh menjadi sehat, bukan semata-mata menurunkan berat badan saja. Fungsi lain dari olahraga ini adalah, untuk melatih kekuatan tubuh Anda sehingga hal itu dapat membantu dalam menaikkan berat badan dan membentuk otot pada tubuh. Olahraga juga menjadi cara yang tepat dalam merangsang nafsu makan.

6. Konsumsi Makanan yang Berprotein dan Berkalori


Salah satu aturan dalam program menggemukkan badan adalah, konsumsilah makanan yang memiliki sumber protein dan jumlah kalori yang cukup tinggi. Karena hal itu akan memudahkan Anda dalam menaikkan berat badan. Setelah mengkonsumsi makanan berprotein dan berkalori, barulah Anda bisa mengkonsumsi sayuran.

7. Tidak Merokok


Sebaiknya hindari merokok dalam kehidupan sehari-hari Anda, karena merokok dapat menyebabkan berat badan Anda turun. Orang yang merokok cenderung memiliki berat badan yang kurang, dibanding mereka yang tidak merokok. Oleh karena itu jika Anda ingin menggemukkan badan, sebaiknya Anda tidak merokok mulai dari sekarang.

8. Milikilah Waktu Tidur yang Cukup


Waktu tidur yang baik adalah 6-8 jam setiap harinya, sebaiknya Anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Karena tidur cukup yang berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan otot, dan hal ini juga menjadi salah satu cara dalam menggemukkan badan dengan cara yang sehat dan alami.

9. Mengkonsumsi Vitamin Gizidat


Madu adalah vitamin yang tepat dan sangat baik dikonsumsi oleh siapapun, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Madu gizidat adalah madu anak dengan formula yang tepat, dan dapat menunjang tumbuh kembang anak. Sehingga madu ini dapat dikonsumsi oleh anak Anda, yang ingin menggemukkan berat badan.

Gizidat adalah madu hutan terbaik yang diformulasikan secara khusus, untuk fungsi otak anak, sebagai penambah nafsu makan, dan membuat anak-anak menjadi pintar.

10. Tidak Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji atau Junk Food


Saat Anda ingin menggemukkan badan, maka sebaiknya Anda menjauhi atau menghindari makanan junk food. Karena walaupun makanan ini dapat menaikkan berat badan Anda, tetapi makanan ini adalah jenis makanan yang tidak sehat. Makanan tersebut tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga Anda bisa menjadi gemuk tapi tidak sehat.

11. Menerapkan Gaya Hidup yang Sehat


Tips menggemukkan badan yang baik dan tepat, tentu harus dilakukan dengan cara yang juga tepat. Misalnya dengan menerapkan hidup sehat, dengan makan yang teratur. Misalnya dengan tidak melewatkan sarapan di pagi hari, karena sarapan akan memberi Anda banyak energi ketika akan beraktivitas.

12. Memiliki Istirahat yang Cukup


Jika tidur malam Anda kurang, maka tubuh Anda akan kering dan tidak sehat sehingga akan sulit untuk menggemukkan badan. Oleh karena itu Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup, usahakan tidur maksimal 8 jam di malam hari. Selain itu usahakan untuk tidur di siang hari, sekitar ½ jam saja. Sehingga penyerapan makanan pun akan berjalan dengan lebih optimal.

13. Mengkonsumsi Putih Telur


Menaikkan berat badan adalah dengan menggunakan makanan yang berprotein, makanan berprotein yang dapat Anda konsumsi adalah putih telur. Karena putih telur kaya akan protein dan dapat mempercepat proses penggemukkan badan. Mulailah dengan mengkonsumsi putih telur ini dengan rutin setiap harinya.

14. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi yang Padat


Makan makanan yang kaya akan nutrisi, juga akan membantu Anda dalam menggemukkan badan. Anda dapat mengkonsumsi daging yang berprotein tinggi, dan dapat membentuk otot Anda. Selain itu pilihlah makanan yang juga berkarbohidrat tinggi, seperti misalnya beras merah dan biji-bijian.

Makanan berkarbohidrat tersebut akan membantu Anda dalam membantu untuk memastikan tubuh, untuk menerima makanan sebanyak mungkin.

15. Memeriksakan Kesehatan


Jika tubuh Anda terlalu kurus, atau Anda pernah gemuk dan kini menjadi kurus tak ada salahnya untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Apakah ada gangguan kesehatan yang Anda alami atau tidak. Jika tubuh Anda masih sehat-sehat saja, maka Anda tetap bisa menjalankan tips menggemukkan badan yang telah dibahas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *