Tips Sehat Ala Rasul

Tips Sehat Ala Rasul

Semua orang pastinya ingin selalu tetap sehat. Kesehatan merupakan hal utama yang ingin dimiliki oleh setiap orang. Apalagi di jaman sekarang ini, kesehatan merupakan sesuatu yang sangat mahal. Banyak orang di luar sana yang rela mengeluarkan banyak uang agar tubuh selalu bugar dan kesehatan dapat selalu terjaga.

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang terkadang berasal dari bahan kimia. Namun, umat muslim sebenarnya telah memiliki figure yang bisa dijadikan sebagai contoh dalam menjaga kesehatan. Ada banyak sekali tips sehat ala rasul yang bisa Anda terapkan supaya kesehatan tetap terjaga.

Kebiasaan Hidup Sehat Ala Rasulullah

Rasulullah sangat dikenal dengan tubuhnya yang sehat dan bugar. Bahkan selama hidupnya, Rasulullah hanya pernah mengalami sakit sebanyak dua kali saja. Tentu saja kesehatan tersebut didapatkan karena pola hidup sehat yang diterapkan oleh Rasulullah. Anda juga bisa melakukan kebiasaan hidup sehat ala Rasulullah untuk menjaga kesehatan. Beberapa kebisaan tersebut adalah:

1. Disiplin dalam Menjaga Kebersihan

Salah satu hal yang harus Anda lakukan agar kesehatan dapat terjaga adalah dengan disiplin dalam menjaga kebersihan. Jika tubuh dan lingkungan Anda bersih maka sumber-sumber penyakit tidak akan mendekati Anda. Namun, jika Anda malas menjaga kebersihan maka virus-virus dan sumber penyakit akan dengan mudah berdatangan.

Disiplin dalam Menjaga Kebersihan

Cara menjaga kebersihan ala Rasullulah adalah dengan rutin membersihkan anggota badan seperti tubuh, kuku, rambut dan anggota tubuh lainnya. Setelah itu Anda juga harus tetap memperhatikan kebersihan rumah serta lingkungan sekitar

2. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Selain menjaga kebersihan, Anda juga harus menjaga waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dengan kualitas yang tinggi dapat membantu Anda dalam menjaga kebugaran tubuh. Dengan tubuh yang bugar, maka kesehatan Anda akan tetap terjaga.

Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Cara menjaga waktu tidur Anda adalah dengan tidur lebih awal dan bangun lebih cepat di pagi hari. Hindarilah tidur pada larut malam, karena hal tersebut kurang baik bagi kesehatan Anda. Pastikan Anda untuk bangun lebih cepat di pagi hari. Ketika bangun di pagi hari, Anda dapat menghirup udara yang sejuk yang dapat memberikan energi positif bagi tubuh.

3. Rajin Berpuasa

Tips sehat ala rasul selanjutnya adalah rajin berpuasa. Rasulullah terkenal dengan kebiasaan beliau yang gemar berpuasa. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, melainkan menahan diri dari segala bentuk godaan baik yang bersifat rohani ataupun yang bersifat jasmani. Dengan demikian keseimbangan hidup Anda dapat terjaga.

Rajin Berpuasa

Selain itu, ternyata berpuasa dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara berpuasa adalah gangguan pencernaan, kolestrol, tekanan darah tinggi dan masih banyak penyakit lainnya. Manfaat puasa lainnya adalah metabolisme tubuh Anda dapat terjaga dengan baik.

Selain berpuasa, Anda dapat mengonsumsi makanan yang sehat untuk mengembalikan energi setelah berpuasa. Makanan tersebut dapat berupa buah-buahan, kurma dan juga sayur-sayuran. Anda juga dapat mengonsumsi madu untuk mengembalikan energi. Untuk anak-anak Anda bisa memberikannya gizidat, yaitu madu dengan tambahan bahan lainnya yang bisa mengembalikan energi anak setelah berpuasa.

4. Berolahraga

Rasullulah juga dikenal dengan kebiasaan beliau yang gemar olahraga. Beberapa jenis olahraga yang digemari Rasulullah adalah berkuda, berenang, memanah, dan juga olahraga lari.

Berolahraga

Olahraga tentu saja memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, Anda dapat menjaga kebugaran tubuh Anda. Tubuh yang bugar dapat membantu Anda dalam melawan berbagai macam penyakit.

5. Menjaga Pola Makan

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Apabila Anda mengonsumsi makanan yang sehat, maka tubuh Anda akan sehat. Sebaliknya, jika mengonsumsi makanan tidak sehat, maka kesehatan Anda akan terancam.

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang baik sesuai dengan tips sehat ala rasul adalah dengan makan secukupnya saja. Makanlah sebelum Anda merasa lapar dan berhentilah sebelum merasa kenyang. Janganlah makan secara berlebihan, karena segala hal yang dilakukan secara berlebihan dapat membawa keburukan.

Menjaga kesehatan dan pola makan seharusnya dilakukan sedini mungkin. Aturlah gizi dan pola makan anak Anda. Bila perlu, Anda dapat memberikan vitamin atau suplemen alami untuk menjaga kesehatan anak. Salah satu jenis suplemen anak yang cukup terkenal dan terpercaya adalah gizidat. Suplemen ini terbuat dari bahan alami yang sangat aman untuk anak-anak.

Beberapa Jenis Makanan Sehat yang Digemari Rasul

Ada beberapa jenis makanan yang sangat digemari oleh Rasulullah SAW. Selain memiliki cita rasa yang lezat, beberapa jenis makanan ini juga memiliki khasiat yang tidak diragukan lagi. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan zat dan gizi yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain adalah:

1. Kurma

Makanan pertama yang menjadi kegemaran rasul adalah kurma. Bahkan kurma menjadi salah satu makanan utama bagi rasul. Kurma meruapakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Bahkan rasul sangat menganjurkan untuk memberikan kurma kepada ibu hamil karena segudang khasiatnya.

Kurma

Khasiat kurma antara lain adalah sebagai penguat tubuh dan juga sebagai penawar racun. Kurma sangat bermanfaat dalam proses detoksifikasi yang ada di dalam tubuh. Dengan khasiatnya tersebut, maka kurma sangat cocok bila dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

2. Anggur

Salah satu jenis buah yang sangat disukai rasul adalah buah anggur. Buah bulat kecil ini bahkan disebutkan di dlam al-quran. Selain rasanya yang lezat, buah kecil ini memiliki khasiat yang sangat besar. Selain itu juga, kandungan gizi yang terdapat di dalam buah anggur ini amatlah besar.

Anggur

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah kecil ini adalah dapat menguatkan liver, jantung bahkan paru-paru. Buah anggur juga berkhasiat dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker. Selain itu, buah anggur juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan kosmetik.

3. Madu

Jenis makanan berikutnya yang menjadi kegemaran rasul adalah madu. Sudah rahasia umum, bahwa madu memilki sejuta manfaat dan khasiat. Madu dikenal juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, karena rasanya yang manis, madu juga dapat dijadikan sebagai sumber energi.

Madu

Banyak sekali orang tua yang membiasakan anaknya mengonsumsi madu sedari dini. Saat ini banyak sekali beredar berbagai jenis suplemen berbahan dasar madu, salah satunya adalah gizidat. Gizidat meruapakan salah satu jenis suplemen yang menggabungkan madu dengan berbagai bahan lainnya sehingga memiliki khasiat yang lebih banyak.

Masih banyak jenis makanan lainnya yang menjadi kegemaran rasul diantaranya adalah gandum, melon, susu, jamur, dan buah tin.

Demikianlah tips sehat ala rasul yang bisa Anda jadikan pedoman untuk menjalani hidup sehat. Tetap jaga kesehatan Anda karena sehat itu mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *