Tips Sehat Alami

Tips Sehat Alami

Pola makan anak sangat penting diperhatikan pada masa pertumbuhan. Pada usia tersebut anak-anak memerlukan asupan makanan sehat yang mampu menunjang perkembangan otak dan juga fisiknya.

Tips sehat alami untuk pertumbuhan anak yaitu dengan memberikan makanan dengan gizi seimbang dan menerapkan pola hidup sehat pada anak.

Karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran orang tua akan pentinganya menerapkan pola hidup sehat, hal ini menjadi sulit dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, menerapkan pola hidup sehat sebanarnya tidak sulit jika ada kemaun.

Maka dari itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap bagaimana mulai untuk menerapkan pola hidup sehat pada anak agar menjadi hal yang menyenangkan.

Tips Sehat Alami yang Harus Diperhatikan Orang Tua untuk Kesehatan Anak

Membesarkan anak yang sehat dan tumbuh kembangnya baik memang terdengar mudah. Namun dalam praktiknya tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, lingkungan dapatĀ  memberikan pengaruh besar untuk kesehatan anak.

Lantas, hal apa yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anaknya? Simak tips berikut ini.

1. Penuhi Kebutuhan Gizinya

Kunci utama menjaga kesehatan anak yaitu dengan memberikan nutrisi yang tepat pada anak. Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam makanan sebenarnya tidak sulit. Anda bisa memulainya dengan menerapkan pola makan yang seimbang.

Penuhi Kebutuhan Gizinya

Dengan menyediakan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak baik dari sayuran dan buah-buahan.

Ketika Anda menyiapkan menu makanan di dapur, pilih metode memasak makanan yang tidak menggunakan minyak berlebih. Anda dapat mengolah makanan dengan cara memanggang, menumis ataupun mengukus.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan porsi makan anak, sajikan menu makanan dengan ukuran yang lebih kecil untuk menjaga porsinya. Namun harus konsisten, biasakan anak untuk sarapan pagi setiap hari dan juga tidak melewatkan makan siang dan makan malam.

2. Mengajak Anak Bergerak Aktif

Kebanyakan anak-anak suka menonton tayangan TV. Pada umumnya mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton film kesukaannya. Hal itu yang menyebabkan anak menjadi males bergerak dan akhirnya dapat meningkatkan risiko anak mengalami obesitas atau terserang suatu penyakit

Mengajak Anak Bergerak Aktif

Untuk menghindari hal tersebut, maka ajak anak untuk membiasakan bergerak aktif atau mengajak anak melakukan olahraga yang dia sukai. Dengan begitu, maka anak akan lebih bersemangat dalam melakukannya.

Jika tidak ditanamkan sejak dini, maka semakin bertambahnya usia akan semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan dengan kegiatan fisik.

Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu berkembangnya jaringan didalam tubuh. Selain itu juga dapat melatih tubuh agar bisa berkoordinasi dengan baik.

Dengan aktif bergerak, maka berbagai jaringan seperti otot, tulang dan persendian dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik, sehingga anak-anak dapat tumbuh menjadi lebih kuat.

3. Melakukan Imunisasi Secara Lengkap

Vaksinansi atau imunasi merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk mencegah anak dari penyaki berbahaya. Imunisasi dilakukan dengan cara menyuntikkan bentuk lemah dari virus atau bakteri baik kedalam tubuh, yang berfungsi untuk merespon kekebalan tubuh anak. Sehingga, tubuh anak dapat memproduksi antibody yang berguna untuk melawan penyakit.

Melakukan Imunisasi Secara Lengkap

Di Indonesia terdapat 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan pada anak dan diberikan secara gratis di Posyandu sejak bayi baru lahir antara lain hepatitis B, polio, campak, Pantavalen (DPT, HB-HIB) dan BCG.

Vaksin Pantavalen yaitu berguna untuk mencegah 6 jenis penyakit yaitu difteri, tetanus, meningitis (radang otak), pertuas, tetanus, pheumonia dan hepatitis B.

Sedangkan jenis vaksin anak yang lainnya yaitu vaksin HPV, vaksin flu, vaksin pneumokokus (PCV) dan vaksin varisela.

4. Menjadi Panutan yang Baik

Menjadi Panutan yang Baik

Selain sudah dijelaskan di atas, kunci utama yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan anak yaitu menjadi contoh yang baik untuk anak-anak. Anda harus tahu bahwa, anak akan melakukan apa yang orang tua lakukan. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan.

Nutrisi yang paling baik untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak.

Meskipun anak menikmati makan tiga kali sehari, namun belum tentu jenis makanan yang dikonsumsi sehat. Terkadang jenis makanan yang dikonsumsi justru tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembang anak.

Maka Anda harus memperhatikan jenis makanan yang akan disajikan untuk buah hati Anda. Sebelum Anda memberikan asupan makanan sehat, maka tidak ada salahnya Anda berkenalan dengan beberapa nutrisi penting untuk anak sebagai berikut.

1. Kalsium

Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi penting yang butuhkan oleh anak. Berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga fungsi saraf dan otot dan membantu proses pembekuan darah mengubah makanan di dalam tubuh menjadi energy. Jenis makanan yang kaya kandungan kalsium seperti pada susu, keju dan ikan-ikanan.

2. Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin A juga membantu melindungi tubuh dari inveksi, serta dapat membantu pertumbuhan sel-sel dan jaringan di dalam tubuh seperti kulit, kuku dan rambut. Sumber makanan yang mengandung vitamin A yaitu susu, buah-buahan berwarna cerah, hati sapi dan hati ayam.

3. Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk proses pembenukan dan perbaikan tulang, jaringan tubuh dan seldarah merah. Selain itu juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses luka, mencegah infeksi dan membantu tubuh dalam penyerapan zat besi dari makanan.

Sumber makanan yang mengandung vitamin C yaitu buah nanas, papaya, jeruk, melon dan masih banyak lagi.

4. Vitamin D

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk membantu tubuh dalam menyerap mineral seperti kalsium, untuk pembentukan tulang dan gigi. Anda dapat memberikan asupan vitamin D pada anak melalui asupan makanan seperti tempe, tahu, telur dan daging ikan.

5. Vitamin E

Vitamin E

Vitamin E berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Vitamin E juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, proses metabolime dan perbaikan DNA. Vitamin E terdapat pada biji-bijan dan buah alpukat.

6. Zink (Seng)

Zink (Seng)

Zink atau seng merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi. Zink berfungsi untuk menjalankan fungsinya masing-masing didalam sistem pencernaan, proses pertumbuhan dan metabolisme. Nutrisi ini dapat Anda temukan pada makanan seperti brokoli, tomat dan bayam.

7. Zat Besi

Zat Besi

Zat besi berperan penting untuk memproduksi hemoglobin dan myoglobin di dalam tubuh. Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anemia. Ciri-ciri anak mengalami anemia yaitu badannya lemas, mudah tersinggung dan mudah lelah. Jenis makanan yang kaya akan zat besi yaitu, kuning telur, ikan dan daging.

8. Magnesium

Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting untuk kesehatan dan membantu pertumbuhan anak. Manfaat magnesium yaitu untuk menjaga tulang agar tetap kuat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat detak jatung tetap stabil, serta membantu menjaga fungsi saraf dan otot.

Sumber makanan yang mengandung magnesium yaitu buah-buahan seperti pisang dan alpukat, sayuran, ikan dan tahu.

Dari beberapa tips sehat alami di atas, maka dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Anda dapat memberikan nutrisi tambahan yang paling tepat seperti madu gizidat.

Konsumsi Vitamin Gizidat

Karena madu ini dapat membantu pertumbuhan anak, menambah nafsu makan dan menjaga sistem kekebalan tubuh bagi anak.Untuk membeli madu ini, Anda bisa mengunjungi gizidat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *