Tips Sehat Saat Puasa

Tips Sehat Saat Puasa

Puasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani umat islam. Namun selain untuk mendapatkan pahala, ternyata puasa juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menjalankan ibadah puasa. Bahkan ada orang-orang yang sengaja berpuasa untuk menjaga kesehatannya.

Walaupun bukan bersifat wajib, puasa bagi anak-anak sangatlah dianjurkan. Selain melatih anak agar terbiasa berpuasa nantinya, banyak manfaat yang bisa didapatkan anak ketika berpuasa. Namun, Anda juga harus memperhatikan stamina anak ketika menjalankan puasa agar tubuh anak tidak lemas. Ada banyak tips sehat saat puasa yang bisa Anda lakukan untuk menjaga stamina tubuh anak.

Tips Sehat Saat Puasa pada Anak

Saat pertama kali mencoba melakukan puasa, biasanya anak-anak akan merasa lelah dan lemas. Kondisi tubuh yang belum terbiasa dalam menahan lapar dan haus bisa saja menyebabkan si kecil jatuh sakit. Padahal ketika tubuh si kecil sudah beradaptasi, akan banyak sekali manfaat yang dirasakannya ketika berpuasa.

Tips Sehat Saat Puasa pada Anak

Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar anak kuat dalam menjalankan ibadah puasanya. Berikut ini adalah beberapa tips sehat saat puasa pada anak yang bisa Anda terapkan agar si kecil tetap sehat dan segar selama berpuasa. Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

1. Sahur dengan Makanan yang Seimbang

Tips sehat saat puasa pertama adalah sahur. Pastikan anak Anda makan sahur terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah puasa. Waktu sahur terbaik adalah saat jam 3-4, yaitu waktu yang berdekatan dengan waktu subuh. Ketika Anda melaksanakan sahur lebih awal, maka anak Anda akan merasakan lapar lebih cepat.

Sahur dengan Makanan yang Seimbang

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi anak pada saat sahur. Hindarkan anak Anda dalam mengonsumsi makanan yang pedas dan asam saat sahur. Sebaiknya, beri anak Anda jenis makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Makanan tersebut haruslah mengandung karbohidrat, protein, dan juga serat. Makanan bergizi seimbang akan membuat anak Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, berikan juga suplemen pada anak agar tidak mudah lemas pada saat berpuasa. Suplemen yang diberikan haruslah terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan kimia. Salah satu suplemen anak yang bisa Anda berikan adalah gizidat. Suplemen ini terbuat dari berbagai jenis bahan alami yang dapat menjaga energi anak Anda saat berpuasa.

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Kegiatan berpuasa cukup menguras cairan yang ada di tubuh anak. Oleh karena itu, konsumsilah air putih untuk mengembalikan dan menjaga cairan pada tubuh agar tetap seimbang. Perbanyaklah minum air putih dan kurangi minum minuman yang mengandung kadar glukosa yang tinggi.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Walaupun sedang berpuasa, usahakan kebutuhan air putih harian anak Anda tetap cukup. Hal ini bisa disiasati dengan memperbanyak konsumsi air putih pada saat sahur, berbuka dan malam hari. Dengan demikian, tubuh anak Anda tidak akan merasa lemas dan sakit dikarenakan kekurangan cairan.

3. Perhatikan Asupan Pada Saat Berbuka

Walaupun keadaan anak Anda pada saat menjelang berbuka sangat lapar, bukan berati ia bisa makan apa saja. Ajarkanlah anak Anda bagaimana cara berbuka dengan tidak berlebihan. Berikan makanan dengan porsi secukupnya dan tentu saja dengan gizi yang seimbang.

Perhatikan Asupan Pada Saat Berbuka

Awali buka puasa anak Anda dengan mengonsumsi makanan yang manis. Makanan manis disini dapat berupa buah dan makanan manis sehat lainnya. Namun, jangan berikan secara berlebihan, karena anak Anda harus mengonsumsi makanan jenis lainnya agar gizinya seimbang. Buka puasa bertujuan untuk mengembalikan energi anak Anda setelah seharian berpuasa.

Selain itu, berikan juga anak Anda gizidat pada saat berbuka. Kandungan madu hitam pada gizidat dapat membuat cairan tubuh pada anak kembali dengan cepat. Hal ini dikarenakan madu hitam memiliki kadar glukosa yang dapat membantu mengembalikan caiaran tubuh yang hilang selama berpuasa.

4. Jaga Pola Tidur Anak Anda

Selain menjaga gizi makanan, Anda juga harus menjaga pola tidur si kecil. Waktu tidur yang cukup sangatlah mempengaruhi kesehatan anak Anda pada saat berpuasa. Jangan biarkan anak tidur larut malam, karena Anda akan kesulitan membangunkannya pada saat sahur.

Jaga Pola Tidur Anak Anda

Sebaiknya, hindarkan juga anak Anda tidur setelah sahur ataupun setelah sholat subuh. Karena tidur pada saat itu akan beresiko membuat badan anak Anda menjadi lemas. Sebagai gantinya, ajaklah anak Anda untuk tidur siang, agar waktu tidur anak tetap cukup.

5. Kurangi Aktivitas Berat pada Anak Anda

Kurangi Aktivitas Berat pada Anak Anda

Walaupun sedang berpuasa, aktivitas rutin anak tetaplah harus dijalankan. Beberapa aktivitras wajib anak seperti sekolah, les dan lain sebagainya tetap harus dilaksanakan. Namun, untuk mencegah anak kelelahan kurangi aktivitas-aktivitas berat anak Anda. Misalnya anjurkan anak Anda untuk bermain di rumah saja agar tidak terlalu kelelahan.

Gizidat Sebagai Suplemen Penunjang Untuk Anak yang Sedang Berpuasa

Selama berpuasa, tentunya anak-anak merasakan lemas dan lelah. Selain mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan minum air putih yang cukup, anak-anak juga perlu suplemen untuk membantunya dalam berpuasa. Ada banyak sekali suplemen yang beredar dipasaran. Namun, gizidat dianggap cocok digunakan sebagai suplemen untuk anak berpuasa.

Beberapa manfaat dapat Anda peroleh dengan memberikan gizidat kepada anak pada saat berpuasa. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah:

1. Dapat Mengembalikan Cairan Tubuh

Pada saat berpuasa tentu saja cairan tubuh banyak terkuras. Hal ini dikarenakan anak Anda tidak bisa minum ataupun mengonsumsi makanan pada siang hari. Untuk mengembalikan cairan yang hilang pada saat puasa tersebut, berikan anak Anda gizidat pada saat sahur dan berbuka puasa.

Dapat Mengembalikan Cairan Tubuh

Salah satu kandungan yang terdapat pada gizidat adalah madu hitam alami. Madu hitam alami memiliki kandungan glukosa alami yang cukup tinggi. Gizidat dapat membantu mengembalikan cairan tubuh anak Anda dengan sangat cepat. Selain itu, madu hitam juga mengandung beberapa zat bermanfaat lainnya seperti multivitamin, karbohidrat, protein, dan asam amino.

2. Meningkatkan Imunitas

Kekurangan cairan pada saat puasa, dapat membuat anak menjadi lemas dan mudah terserang penyakit. Jika sistem imun anak Anda tidak kuat, maka bisa jadi anak menjadi mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, diperlukan suplemen alami yang bisa membantu anak Anda dalam melawan penyakit yang datang.

Meningkatkan Imunitas

Gizidat mengandung vitamin A yang sangat tinggi yang bisa meningkatkan imunitas pada anak. Kandungan vitamin A yang tinggi ini didapat dari ikan sidat yang merupakan salah satu bahan dari suplemen ini. Vitamin A berfungsi untuk menghalau radikal bebas yang berasal dari luar. Dengan demikian, daya tahan tubuh anak Anda dapat terjaga dengan baik.

Berpuasa merupakan ibadah wajib bagi muslim. Oleh karena itu, biasakanlah anak untuk berpuasa sejak dini. Agar puasa berjalan dengan lancar, jangan lupa berikan gizidat sebagai suplemen harian anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *