Tips Sehat

Tips Sehat

Kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena di dalam jiwa yang kuat terdapat tubuh yang sehat. Hidup sehat tidak harus mahal, ada beberapa tips sehat yang dapat Anda lakukan seperti berolahraga, jogging, mengkonsumsi makanan yang sehat dan lain – lain.

Tips Sehat dan Hidup Bahagia

Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa tips  sehat yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi bagi Anda untuk menjaga kehidupan agar selalu sehat:

1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan dapat membuat Anda tampil lebih muda.  Anda dapat mengkonsumsi makanan berkalori untuk meningkatkan aktivitas di dalam tubuh seperti metabolisme, mengatasi stress dan menjaga kesehatan jantung.

Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah seperti pisang, apel, jeruk, pear dan lain – lain.

2. Banyak mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran

Mengkonsumsi buah sangat bagus untuk menjaga kesehatan karena di dalam buah juga terdapat mineral dan vitamin alami sehingga aman dikonsumsi. Begitu juga dengan sayuran yang mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk sumber nutrisi bagi tubuh.

3. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung senyawa antioksidan

Buah dan sayuran berwarna kaya akan antioksidan yang tinggi.  Antioksidan dapat berfungsi menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah – dan sayur seperti pisang, nanas, mangga, jeruk, pepayam apel, alpukat, buah berry dan lain – lain.

4. Menghindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji dianjurkan untuk dihindari karena kurang sehat. Hal ini dikarenakan pada makanan cepat saji seperti makanan kalengan mengandung bahan pengawet. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya karena dalam jangka lama dapat membahayakan tubuh Anda.

5. Banyak Beraktivitas dan bergerak

Salah satu aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan adalah dengan berolahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga teratur maka Anda telah menjaga pola hidup sehat. Contohnya adalah jalan sehat, jogging dan berbagai macam olahraga ringan lainnya.

6. Banyak Tertawa

Tertawa dapat membantu Anda untuk tetap awet muda. Selain itu, dengan tertawa dapat membakar kalori di dalam tubuh sehingga dapat berefek baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat digemari karena memberikan sensasi kesegaran yang nikmat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa meminum minuman bersoda dapat menimbun gula di dalam tubuh. Hal ini sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan.

8. Banyak Minum Air Putih

Hampir seluruh anggota penyusun tubuh manusia adalah air. Anda dianjurkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan minum air putih yang banyak menjadi salah satu upaya untuk menjalankan tips sehat yang mudah dan murah.

9. Tidur dan beristirahat yang Cukup

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Hal ini sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan. Selain itu, dengan tidur yang cukup dapat mengatasi dan mencegah stress. Selain itu, dengan tidur yang cukup juga membantu memelihara kecantikan tubuh. Anda disarankan untuk tidur minimal 8 jam per hari.

Beristirahat yang cukup juga menjadi salah satu kebiasaan hidup yang menyehatkan badan. Dengan demikian keesokan harinya Anda dapat beraktivitas lebih maksimal.

10. Selalu Berpikir Positif

Saat Anda berpikir positif maka dapat menciptakan energi positif juga di dalam tubuh. Dengan demikian Anda akan merasakan efek yang luar biasa, antara lain adalah Anda akan terhindar dari stress, memicu rasa percaya diri dan mempertahankan kinerja organ – organ di dalam tubuh agar maksimal.

11. Melakukan Meditasi

Meditasi dilakukan dengan tujuan membantu menenangkan pikiran dan jiwa. Ketenangan jiwa sangat bagus untuk kesehatan karena Anda akan terhindar dari stress dan gangguan kesehatan. Anda disarankan untuk melakukan meditasi secara rutin karena banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan.

12. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan indeks kebugaran seseorang. Dengan  indeks kebugaran yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi resiko terkena penyakit. Anda dapat berolahraga yang ringan seperti jalan – jalan, jogging dan lain – lain.

13. Menghindari Kebiasaan Buruk

Anda sangat dianjurkan untuk menghindari melakukan hal – hal berikut ini agar pola hidup Anda selalu sehat. Antara lain adalah merokok, minum alkohol, mengkonsumsi makanan instan dan sering begadang.

14. Berjalan tanpa alas

Berjalan kaki tanpa alas dapat menjadi terapi untuk mencegah stress pada kaki dan sendi. Efek yang dirasakan juga sampai ke seluruh tubuh karena Anda akan merasakan sensasi pijatan yang membuat tubuh Anda nyaman.

15. Makan dengan porsi yang kecil

Anda disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering dibandingkan makan sekali langsung banyak. Dengan makan sedikit demi sedikit maka pencernaan Anda akan bekerja lebih optimal.

16. Mengkonsumsi produk – produk gizidat

Salah satu produk gizidat yang dianjurkan untuk Anda konsumsi adalah kurkumin. Kurkumin sangat bagus untuk dikonsumsi anak agar menambah nafsu makan sehingga daya tahan tubuhnya pun juga meningkat.

Tips Hidup Sehat dari Rasulullah

Berikut ini adalah beberapa tips hidup sehat yang diajarkan oleh Rasulullah saw:

1. Tidur cepat dan bangun cepat

Begadang merupakan aktivitas yang harus dihindari agar Anda dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah. Beliau tidur lebih awal dan bangun lebih pagi untuk menjalankan sholat Tahajut.

2. Rasulullah sering menjalankan puasa

Puasa memiliki efek yang sangat bagus untuk kesehatan. Dengan menjalankan puasa maka dapat membuat Anda terhindar dari serangan penyakit seperti jantung, diabetes, kanker dan lain – lain.

Manfaat puasa di bidang kesehatan antara lain adalah untuk meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan daya pikir, mencegah terkena resiko penyakit kronis, meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, detoksifikasi racun dan lain – lain.

3. Tidak mudah marah

Orang yang tidak mudah marah ternyata lebih sehat dibandingkan yang sering mudah marah. Hal ini dikarenakan  saat Anda marah dapat menimbulkan gejala penyakit seperti stress, penyakit jantung, sulit tidur, sakit kepala, gangguan pernafasan dan lain – lain.

4. Menjaga Kebersihan

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menjaga kebersihan seperti mencukur rambut, memotong kuku, membersihkan gigi dan mulut dan memakai wewangian. Hal ini dikarenakan Rasulullah adalah sosok pribadi yang bersih dan rapi.

5. Mengatur Pola Makan

Rasulullah mengajarkan kepada umatnya di pagi hari beliau mengkonsumsi air putih dan madu. Setelah waktu dhuha tiba maka beliau memakan kurma. Kurma dan madu sangat bagus untuk kesehatan. Salah satu fungsinya adalah untuk menetralisir racun di dalam tubuh.

Baca Juga : Gaya Hidup Sehat yang Harus Anda Tiru

6. Rajin Berolahraga

Beberapa macam olahraga yang pernah dilakukan oleh Rasulullah adalah lari, gulat, memanah dan lain – lain.

7. Bersosialisasi

Salah satu contoh yang diajarkan oleh Rasulullah adalah dengan melakukan silaturahmi terhadap saudara atau pun tetangga. Dengan bersilaturahmi dapat menjadi salah satu tips untuk menjaga kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *