Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang Anak

Cara meningkatkan daya ingat pada anak selalu dipikirkan setiap orang tua karena pasti menginginkan buah hati yang pintar dan cerdas. Kecerdasan dan kepintaran seorang anak dipengaruhi dengan seberapa kuat daya ingat pada anak tersebut. Semakin tinggi daya ingatnya, maka semakin tinggi juga tingkat prestasinya di sekolah.

Hal Рhal yang perlu diketahui oleh orang  tua, agar anak memiliki daya ingat yang kuat. Meskipun kita semua menyadari bahwa setiap anak diberikan kelebihan dan kekurangan. Anak yang memiliki daya ingat yang kuat, biasanya akan sangat mudah dalam menerima informasi dan pelajaran baru di sekolah. Memiliki anak dengan daya ingat yang kuat, sudah pasti menjadi dambaan setiap orang tua.

Cara Meningkatkan Daya Ingat pada Anak agar Lebih Konsentrasi dalam Belajar

Banyak orang mengatakan, bahwa secara tidak langsung apabila si anak memiliki daya ingat yang baik maka masa depan anak akan lebih cerah dan kehidupan mereka di kemudian hari juga akan lebih baik. Banyak orang tua menganggap bahwa tingkat kecerdasan anak itu tidak dapat dirubah.

Tetapi tidak menutup kemungkinan orang yang memiliki kecerdasan atau daya ingat yang biasa saja, namun daya ingatnya dapat ditingkatkan. Ada berbagai macam cara dalam meningkatkan daya ingat anak, mulai dengan melakukan latihan untuk merangsang otak agar ingatannya semakin tajam, sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak:

  1. Belajar Sambil Bermain

Bermain merupakan cara dalam meningkatkan daya ingat anak yang paling disukai oleh semua anak. Nah, untuk meningkatkan perkembangan otak si kecil maka lakukanlah aktivitas bersama yang menyenangkan. Misalnya dengan mengajaknya bermain sambil belajar.

Beberapa permainan yang dapat merangsang otak seperti menyusun puzzle, flashcard, mewarnai gambar, permainan aneka bentuk dan warna dan juga menempel huru, angka ataupun gambar.

  1. Bercerita Bersama

Anda dapat mendongengkan berbagai macam dongeng sebelum tidur atau pada saat waktu luang. Setelah mendongeng ajaklah si kecil untuk mengingat kembali jalan cerita tadi seperti nama tokoh, nama tempat dan seterusnya. Dengan melakukan pengulangan, maka anak akan terbiasa mendengarkan dan merekam di memorinya.

Selain menggunakan buku cerita, Anda juga dapat menggunakan boneka jari atau boneka tangan untuk bercerita, tentunya lebih seru dan anak akan lebih menyukainya.

  1. Mengajak Bernyanyi

Anda juga dapat meningkatkan daya ingat anak dengan musik dan mengajak anak bernyanyi, misalnya, menyanyikan lagu cara mengikat tali sepatu dari awal sampai selesai. Jangan lupa ajak si kecil untuk bertepuk tangan sambil berjoget, hal itu akan menambah kegembiraan dan semangat si kecil.

  1. Mengingat Nomor Telpon

Coba Anda bermain bersama anak dengan cara memberikan perintah kepada anak untuk mengingat nomor telepon Anda atau kerabat. Lakukan cara ini setiap hari dengan nomor telpon yang berbeda.

  1. Mendukukung Hobi Anak

Anda juga dapat merangsang daya ingat anak dengan mendukung hobi atau kegemaran mereka, cara ini dapat merangsang otak anak untuk selalu bekerja secara aktif.

  1. Budayakan Membaca Setiap Hari

Biasakan anak Anda untuk membaca berbagai macam jenis buku untuk setiap harinya. Selain anak Anda mendapat ilmu pengetahuan baru, anak Anda juga secara tidak langsung berlatih meningkatkan daya ingatnya agar semakin tajam.

  1. Memperhatikan Asupan Nutrisi yang Dikonsumsi

Selain dengan menstimulasi cara – cara di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi si kecil. Memberikan makanan yang mengandung asam folat, vitamin, asam lemak esensial, zat besi serta seng dapat merangsang fungsi otak yang akhirnya dapat mempengaruhi daya ingat anak tersebut.

Pentingnya Konsentrasi Pada Anak

Konsentrasi merupakan pemusatan pikiran pada suatu hal tertentu. Hal Рhal yang kita lakukan setiap hari membutuhkan konsentrasi. Pekerjaan yang kita lakukan juga akan cepat selesai jika kita berkonsentrasi dalam mengerjakannya. Maka dari itu, konsentrasi sangatlah penting  untuk menunjang dalam aktivitas kita sehari Рhari.

Dengan konsetrasi, anak dapat lebih cepat dan mudah dalam menerima pelajaran di sekolah. Agar anak Anda dapat lebih konsentrasi di sekolah, Anda dapat menyuruh anak untuk membuat jadwal belajarnya dan menjadikan rutinitas supaya pola belajarnya menjadi lebih teratur. Selain itu, Anda juga harus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk anak.

Apabila anak Anda sedang lelah, sebaiknya jangan dipaksa untuk belajar. Ajak anak untuk beristirahat dengan cukup. Apabila anak dipaksa terus untuk belajar maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Jika sedang istirahat belajar, maka suruh anak Anda untuk berjalan – jalan ke mana saja di luar tempat belajar anak Anda supaya anak tidak merasa jenuh.

Daftar Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat pada Anak

Salah satu cara meningkatkan daya ingat yaitu dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk si buah hati Anda. Makanan yang sangat direfrensikan untuk anak – anak adalah makanan yang mengandung omega 3 dan mineral karena keduanya sangat baik untuk otak. Berikut ini beberapa jenis bahan makanan yang dapat dijadikan untuk meningkatkan daya ingat pada anak.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direfrensikan untuk meningkatkan daya ingat. Karena di dalam sayuran terkandung banyak vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk otak. Sayuran yang sangat bagus untuk anak – anak yaitu bayam, brokoli, seledri dan sayuran hijau lainnya.

Sayuran tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, karena berfungsi agar daya ingat otak tetap kuat.

  1. Ikan

Ikan merupakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B dan omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak. Ikan yang baik untuk otak adalah ikan belut, ikan gabus, ikan salmon dan jenis ikan lainnya.

  1. Kacang – Kacangan

Dalam kacang – kacangan Mengandung banyak vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat otak dan mencegah penyakit jantung. Oleh karena itu, kacang – kacangan sangat baik dikonsumsi untuk anak – anak.

  1. Susu

Cara dalam meningkatkan daya ingat selanjutnya yaitu dengan memberikan susu pada si kecil. Daya ingat otak dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi susu secara teratur khususnya pada waktu pagi dan malam hari. Kandungan mineral dan kalsium dalam susu sangat baik untuk kesehatan otak.

  1. Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin B12, dan juga berbagai vitamin vitamin dan mineral yang sangat baik untuk otak. Mengganti menu sarapan menggunakan gandum sangat baik untuk meningkatkan daya ingat otak.

  1. Pemberian Suplemen yang Tepat

Madu anak Gizidat dapat Anda jadikan suplemen terbaik untuk buah hati Anda. Gizidat merupakan madu yang dikhuskan untuk buah hati yang terdiri dari madu hutan bersama probiotik alami, temulawak atau curcuma dan ekstrak ikan sidat yang mengandung albumin dengan kualitas terbaik.

Madu anak Gizidat ini bermanfaat untuk memaksimalkan tumbuh kembang buah hati periode emas yaitu usia 1 tahu hingga 12 tahun. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk Gizidat bisa di lihat di web https://gizidat.com/.

Cara meningkatkan daya ingat selain dengan mengkonsumsi jenis – jenis makanan di atas, Anda juga dapat mengajak anak untuk banyak bersosialisasi. Dengan begitu akan meningkatkan daya ingat otak anak. Selain itu Anda juga dapat mengajak anak untuk permainan yang menyenangkan seperti bermain puzzle, teka – teki silang dan lain – lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *