Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Agar tidak sembarangan, orang tua harus paham bagaimana cara meningkatkan tumbuh kembang anak, agar dapat tumbuh secara optimal dan menjadi anak yang berprestasi. Ada tiga hal yang harus dilakukan agar tumbuh kembang anak menjadi lebih baik yaitu stimulasi, nutrisi, dan kasih sayang orang tua.

Stimulasi adalah dorongan orang tua kepada anak, agar anak dapat berekplorasi dengan cara seperti bermain dan belajar. Bentuk stimulasi tersebut melibatkan panca indra sang buah hati untuk mengenal segala sesuatu dan mau mencoba hal baru. Peran orang tua di sini yaitu memberikan lingkungan ekspolari yang terlindungi.

Strategi Khusus untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang anak

Istilah tumbuh kembang anak merupakan salah satu pembahasan yang menarik jika dilakukan oleh orang tua. Sebuah tanggung jawab besar yang hadir dalam diri orang tua untuk mendidik anak agar lebih tumbuh lebih baik. Upaya – upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua juga harus intensif dilakukan, misalnya, dengan mendorong anak untuk melakukan olahraga setiap hari, makan teratur dan lain – lain.

Pengaruh dari kedua hal di atas akan membantu pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik anak dan juga pikiran anak yang cukup besar. Beberapa cara untuk meningkatkan tumbuh kembang anak agar lebih baik:

  1. Memperhatikan asupan gizi anak.

Selain memberikan ASI hingga usia 24 bulan, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi makanan yang diberikan. Makanan tersebut harus mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan mineral. Gizi yang diberikan sesuai dengan usia anak, agar anak dapat tumbuh dengan maksimal.

  1. Mengkontrol kesehatan anak secara teratur

Konsultasikan ke layananan tumbuh kembang anak, untuk mendeteksi apakah anak Anda memiliki gangguan atau tidak.

  1. Lingkungan yang sehat dan dukungan orang tua serta anggota keluarga lain

Dukungan orang tua dan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosi anak.

  1. Stimulasi Anak

Stimulasi anak merupakan cara yang sangat mendukung untuk membantu kecepatan tumbuh kembang anak. Perhatian dan kasih sayang merupakan stimulasi awal yang paling penting untuk meningkatkan tumbuh kembang pada anak.

  1. Memberikan vitamin pada anak dengan Gizidat

Selain memberikan asupan gizi yang tepat, sebaiknya Anda  juga memberikan makanan nutrisi tambahan. Madu Gizidat dapat Anda jadikan sebagai makanan nutrisi tambahan untuk si buah hati. Madu ini berasal dari madu hutan yang terdapat di berbagai hutan Indonesia, sehingga memiliki rasa yang bervariasi.

Selain itu madi Gizidat juga merupakan makanan nutrisi tambahan yang berkualitas dan sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan kecerdasan si buah hati. Madu ini dikombinasikan dengan bahan lain seperti temulawak yang berfungsi sebagai probiotik dan menambah nafsu makan.

Ikan sidat ini juga kaya akan kandungan zat albumin yang berfungsi untuk menambah kecerdasan pada anak. Untuk informasi lebih lengkap tentang madu Gizidat, Anda dapat melihat di sini https://gizidat.com/.

Tips Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Perekembangan anak sangat perlu diperhatikan oleh semua orang tua. Salah satunya dengan memantau tumbuh kembang anak secara optimal. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini tentang cara memaksimalkan tumbuh kembang anak.

  1. Berikan stimulus

Memberikan stimulus kepada anak untuk perkembangan intelegensinya sangat dianjurkan bagi para orang tua. Berikan stimulus dengan cara yang menyenangkan agar anak tidak mudah bosan. Misalnya, dengan cara bermain sambil belajar, bernyanyi sambil berjoget, bernyanyi sambil bertepuk dan sebagainya.

Pada saat Anda memberikan stimulus pada Anak, maka timbulkan suasana yang nyaman, penuh kasih sayang sehingga anak Anda merasa gembira dengan suasana tersebut. Hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu merangsang fungsi motorik, sensorik, emosi, bahasa, kemandirian, emosi dan juga kreatifitas.

Anda dapat melakukan stimulasi kapan saja dan di mana saja ketika anak sedang memiliki mood yang bagus. Karena jika tidak, maka stimulus yang Anda lakukan tidak akan berjalan secara maksimal karena anak juga kurang menikmati dengan suasana tersebut.

  1. Libatkan diri Anda

Melibatkan diri di setiap kegiatan anak akan sangat membantu dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Selain itu, dengan keterlibatan orang tua, anak akan merasa lebih nyaman, merasa lebih diperhatikan dan lebih dekat dengan menerima kasih sayang Anda.

Dengan mendapat kasih sayang penuh dari Anda, maka anak akan lebih mudah dalam mengerjakan sesuatu, hal itu tentunya akan merangsang otak anak dan dapat meningkatkan tumbuh kembang anak dengan baik.

  1. Buatlah aturan

Membuat peraturan untuk anak Anda bukan berarti Anda over-protective. Karena dengan membuat peraturan, bertujuan agar anak belajar lebih disiplin sejak dini dan menghargai aturan dan juga orang lain di sekitarnya. Dengan adanya aturan yang Anda buat, maka anak akan lebih berhati – hati dalam melakukan sesuatu.

  1. Jangan terlalu memanjakan anak

Sikap orang tua yang selalu memanjakan anak akan berdampak buruk untuk tumbuh kembangnya. Ini terjadi karena anak tidak diajarkan bagaimana untuk memulai sesuatu. Oleh karena itu Anda dapat memulai mengajarkan anak untuk melakukan hal – hal yang sederhana, namun Anda juga harus terlibat di dalamnya.

Anda bisa mulai mengajarkan pada anak, untuk merapikan mainannya setelah bermain, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan dan masih banyak lagi hal – hal kecil yang dapat Anda ajarkan ke anak, sehingga menjadi suatu kebiasaan bagus dalam kehidupan anak tersebut.

  1. Memberikan pujian

Kapan terakhir Anda memberikan pujian kepada buah hati Anda? Meskipun hanya dengan kata – kata “kamu hebat nak”, maka anak sudah sangat senang karena merasa dihargai oleh orang tuanya. Manfaat lain ketika Anda memberikan pujian pada anak adalah anak merasa dihargai dan mendapat kasih sayang penuh dari orang tuanya. Sehingga anak tersebut akan melakukan sesuatu secara maksimal.

  1. Hindari memberikan hukuman fisik pada anak

Ketika anak salah dan Anda memberikan hukuman fisik pada anak, hal itu akan membuat anak lebih cepat trauma. Meskipun dalam hal kecil seperti memukul pantatnya, telapak tangan atau yang lainnya.

Alangkah baiknya jika orang tua secara langsung memberikan nasihat secara bijak dan memberikan contoh pada buah hati Anda secara langsung. Sehingga anak akan melihat dan dapat mepraktekkan secara langsung apa yang dia lihat.

  1. Jelajahi lingkungan

Sikap protektif emang diperlukan, tetapi jangan terus untuk melarangnya melakukan apapun, karena dapat menghambat tumbuh kembang anak tersebut. Biarkan anak bereksplorasi untuk menjelajahi lingkungan di sekitarnya. Selain sebagai tempat bermain, lingkungan juga sebagai tempat untuk belajar.

Anda dapat mengajak anak berkunjung ke tempat – tempat wisata edukasi, karena disana anak Anda akan memiliki banyak sekali informasi baru. Hal itu bertujuan untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak.

  1. Pilih informasi yang tepat

Dengan mencari sumber informasi yang tepat seperti datang ke sebuah seminar yang temanya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, maka Anda akan mendapat banyak wawasan untuk mengontrol tumbuh kembang anak. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi pada dokter spesialis anak untuk mengetahui perkembangan pada anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *