Vitamin Anak Untuk Otak

Vitamin Anak Untuk Otak

Bukan menjadi dambaan Anda saja yang ingin melihat anaknya sehat dan cerdas, tapi ini merupakan dambaan setiap orang tua. Berbagai cara yang dilakukan oleh orang tua untuk melihat anaknya sehat dan cerdas. Salah satunya dengan cara meberikan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Pemberian vitamin anak untuk otak,  merupakan faktor penting untuk perkembangan otak anak.

Hal ini tidak bisa dipungkiri, bahwa asupan nutrisi dan gizi yang Anda berikan ke anak  dapat mempengaruhi fungsi otak anak dalam jangka panjang yang nantiknya akan mempengaruh kecerdasan dan produktivitas anak Anda. Dari asupan makanan yang Anda berikan kepada anak terdapat zat gizi, yang tidak dapat dipungkiri yaitu vitamin yang terdapat pada makanan tersebut.

Pentingnya Vitamin Anak Untuk Otak

Vitamin merupakan kompenen  esensial yang terlibat dalam berbagai reaksi metabolik didalam tubuh, tak terkecuali di sel saraf dan otak. Vitamin dapat mempercepat reaksi saraf penghantar dan mempermudah komunikasi antara sel-sel otak inilah  yang diperlukan, zat tertentu yang sering disebut vitamin untuk otak. Vitamin dapat membantu pertumbuhan anak.

Sumber vitamin ada pada sayur dan buah-buahan. Anda sebagai orang tua anak harus meberikan pola makan yang teratur dan seimbang agar memperoleh asupan gizi yang seimbang pula. Dan tidak tepat, ketika anak yang engan makan langsung diberikan berbagai macam tablet vitamin. Karena, tablet vitamin bukan untuk menggantikan asupan gizi anak.

Jadi,  vitamin merupakan hal penting yang harus dipenuhi pada masa pertumbuhan anak. Akan tetapi, Anda sebagai orang tua tidak hanya meberikan vitamin tablet saja. Karena, anak harus mendapatkan pola makan yang teratur dan seimbang agar asupan gizi yang didapatkan seimbang. Dalam hal ini, vitamin tamin apa saja yang dapat menunjang kecerdasan otak anak ?

Beberapa Jenis Vitamin Anak Untuk Otak yang Bisa Anda Pilih

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau bisa disebut tiamin, yang berperan penting dalam metabolism otak dan  meberikan pengaruh  pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer.

Vitamin B1 bisa ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

  1. Vitamin B2

Vitamin B2 disebut juga riboflavin berperan penting dalam proses enzimatik seluler, metabolism asam lemak di otak, penyerapan zat besi dan regulasi hormone tiroid yang penting bagiaktivitasotak.

Vitamin B2 bisa ditemukan pada makanan seperti daging merah, telur dan sayuran hijau.

  1. Vitamin B3

Berperan dalam metabolism otak untuk menghasilkan energi, metabolism DNA, dan fungsi antioksidanVitamin B3 bisa ditemukan pada makanan seperti daging, telur, kacar dan sereal yang sudah terfortifikasi.

  1. Vitamin C

Vitamin C  merupakan zat lain yang penting dan bermanfaat bagi otak. Peran vitamin C ini adalah  dalam maturitas sel saraf, serta pembentukan neurotransmiter yang penting dalam aktivitas otak dan kecerdasan anak. Vitamin C juga memiliki peran penting  dalam sintesis kolagen yang digunakan untuk pembentukan selubung saraf dan pembuluh darah. Selubung saraf penting dalam penyampaian informasi dan konduksi pada serabut saraf.

Vitamin C bisa ditemukan pada makanan seperti brokoli, jeruk dan strawberry.

  1. Vitamin E

Otak adalah  organ yang rentan terhadap kerusakan oksidatif karena mengandung asam lemak polyunsaturated yang rentan teroksidasi, konsumsi oksigen yang tinggi, relative lebih sedikit mengandung enzim anti oksidan, dan kaya akan besi. Maka dari itu, vitamin E  sangat berperan penting untuk melindungi otak dari kerusakan sehingga struktur dan fungsi otak akan tetap terjaga. Jangka panjang dari vitamin E terbukti dapat memberikan dampak abnormalitas kognitif dan perilaku.

Vitamin E bisa ditemukan di minyak sayur dan sereal.

  1. Vitamin D

Sinar matahari  dipagi hari yang menyebabkan produksi vitamin D oleh kulit merupakan sumber utama dari vitamin ini. Selain berfungsi untuk pertumbuhan tulang, selimun, dan diferensiasi sel tubuh, vitamin D juaga memiliki fungsi dalam perkembangan otak anak. Vitamin D bekerjadi hipokampus, area otak yang berperan dalam fungsi memori dan pembelajaran.

Vitamin D dapat ditemukan pada minyak ikan, susu, dan sereal yang sudah terfortifikasi.

  1. Asam lemak omega-3

Kekurangan asam lemak dapat menyebabkan penurunan kognitif dan ganguan metal. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak.

Asam lemak omega-3 bisa kita dapatkan dalam makanan seprti salmon, kiwi, biji rami, dan kenari.

Selain pemberian vitamin anak untuk otak, berikut beberapa cara supaya tubuh tetep sehat

Sudah sangat jelas vitamin  sangatlah penting bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh. Bukan berati memberikan nutrisi, langsung jadi cerdas. Karena kecerdasan itu memiliki berpa factor salah satunya adalaha meberikan nutrisi yang kaya akan vitamin kepada anak. Maka dari itu bagi Anda, lakukan lah stimulasi dini sejak dini untuk kecerdasan otak anak

Selain itu, agar tumbuh kembang baik, anak perlu mengkonsumsi beragam jenis makanan yang kaya akan vitamin, agar sang anak dapat memperoleh gizi yang seimbang. Makanan yang variatif juga membuat anak tertarik dan semangat untuk makan. Panduan mudah gizi makanan yang seimbang untuk mendapatkan vitamin otak untuk anak.

Untuk Anda jangan lupa melakukan konsultasi ke dokter, bicara mengenai nutrisi yang dibutuhkan anak dan vitamin untuk otak anak, sebelum mengkomsumsinya. Sebab nitrisi dan vitamin merupakan salah satu factor untuk kecerdasan otak anak. Maka mulailah dari sekarang meperhatikan asupan makanan agar mendapatkan vitamin anak untuk otak.

  1. Usahakan ½ piring makanan mengandung sayuran dan buah-buahan, dan ½-nya lagi untuk serealia/karbohidrat dan protein.
  2. Semakin banyak sayuran dan semakin bervariasi maka akan semakin lebih baik.
  3. Tidak ubahnya dengan buah-buahan, semakin banyak variasi bunya semakin baik. Buah potong lebih dianjukan dibandingkan jus buah. Usahakan untuk mebatasi meberi jus buah hanya 1 gelas kecil per hari. Yang dimaksud dengan jus buah adalah sari buah tanpa ampas.
  4. Karbohidrat seperti nasi merah, serealia, pasta yang berasal dari gandum lebih dianjurkan dibandingkan dengan nasi putih maupun roti putih.
  5. Protein nabati bisa kita dapatkan yang berasal dari kacang-kacangan dan biji-bijian.
  6. Protein hewani bisa kita dapatkan yang bersal dari ikan, telur, ayam, dan daging merah.
  7. Lemak berasal dari lemak tak jenuh seperti ikan, kacang, biji-bijian, dan minyak-minyak dari tumbuhan seperti minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak jagung dan lemak jenuh berasal dari daging merah daging merah, perlu dibatasi konsumsinya. Batasi penggunaan butter hanya sesekali.
  8. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Pilihlah susu atau yogurt
  9. Minum air putih yang cukup
  10. Batasi makan makanan kemasan atau snak kemasan
  11. Batasi minuman kemasan yang mengandung banyak gula dan soda.
  12. Jadwal makan yang disarankan bagi anak adalah 3 kali makan besar yang diselingi 2 kali camilan.
  13. Untuk suplemen vitamin gunakan produk gizidat, yang dimana suplemen gizidat untuk anak ini terdapt kadungan vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *