Vitamin Otak untuk Anak 1 Tahun

Vitamin Otak untuk Anak 1 Tahun

Tahun-tahun pertama kehidupan seorang anak sangat penting untuk perkembangan otaknya. Makanan otak untuk anak 1 tahun juga membantu mendukung perkembangan otak anak. Anak akan berpikir, bereaksi, dan menyelesaikan masalah di tahun pertama. Kegiatan seperti bermain game, mendengarkan musik dan menjelajahi sekelilingnya mendorong berfungsinya sel abu-abunya.

Ketika mengasuh otak anak Anda, makanan memainkan peran penting. Hal ini karena otak merupakan sebagai pusat kendali tubuh, otak bertugas menjaga jantung berdetak dan paru-paru bernafas dan memungkinkan untuk bergerak, merasakan dan berpikir. Penting untuk fokus pada makanan anak untuk menstimulasi otak.

Sumber Nutrisi dan Vitamin Otak untuk Anak 1 Tahun

  1. Kandungan vitamin B kompleks dari yoghurt

Perkembangan otak anak 1 tahun dapat dimaksimalkan dengan mengonsumsi yoghurt. Yoghurt menjaga membran sel otak fleksibel, membantu otak mengirim dan menerima informasi.

Vitamin B kompleks merupakan salah satu vitamin otak untuk anak 1 tahun yang bisa ditemui dalam yogurt. Kandungan vitamin B kompleks ini diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak dan neurotransmitter. Yoghurt ini dapat dijadikan saus atau campuran pada snack anak. Anda juga bisa memberikan yoghurt murni untuk cemilan buah hati.

  1. Folat pada Sayuran

Sayuran yang kaya warna dan dalam adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan membantu menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Beberapa sayuran yang memiliki kandungan baik untuk otak adalah ubi jalar, labu, dan wortel.

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, chard, bayam, dan collard hijau kaya akan folat, yang membuat demensia terhindar. Atau sayur kale yang mengandung Sulforaphane dan Diindolylmethane, yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

  1. DHA pada Brokoli

Brokoli adalah makanan super lain untuk otak anak Anda. Brokoli merupakan sayur yang mengandung DHA, yang membantu neuron terhubung. Sayur brokoli juga memiliki sifat melawan kanker. Ini membuatnya menjadi makanan otak anak yang sangat baik. Anda juga bisa mendapatkannya dengan olahan brokoli, jus brokoli, atau bubur brokoli untuk si kecil.

  1. Myelin pada Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk kesehatan otak. Hal ini karena alpukat adalah sumber kaya lemak tak jenuh, yang meningkatkan aliran darah ke otak. Ini juga mengandung asam oleat, yang melindungi myelin.

Kandungan myelin pada alpukat dapat membantu melancarkan informasi pada otak anak. Kadar vitamin B kompleks yang tinggi dalam alpukat juga dapat mengurangi risiko hipertensi pada anak.

  1. Asam Lemak Omega pada Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel mengandung asam lemak omega 3, yang menjadi bahan pembangun jaringan otak. Asam lemak omega 3 membantu pertumbuhan dan fungsi otak pada anak 1 tahun. Konsumsi ikan secara teratur akan meningkatkan keterampilan mental anak Anda.

  1. Kolin pada Telur

Telur adalah gudang nutrisi. Ini mengandung nutrisi seperti asam lemak omega 3, seng, lutein dan kolin, yang meningkatkan konsentrasi. Kolin membantu menghasilkan asetilkolin atau sel-sel induk memori. Ini membantu meningkatkan daya ingat pada bayi. Pilih olahan telur yang dapat disesuaikan dengan anak 1 tahun.

  1. Folat pada Gandum Utuh

Biji-bijian utuh meningkatkan konsentrasi pada bayi dengan memberikan otak mereka pasokan energi yang konstan. Gandum memiliki glikemik rendah dan perlahan-lahan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah, menjaga anak Anda waspada sepanjang hari. Ini juga mengandung folat, yang sangat penting untuk berfungsinya otak.

Banyak olahan gandum utuh yang bisa diterapkan pada makanan anak 1 tahun, misalnya bubur gandum, atau resep-resep MPASI dari gandum utuh.

  1. Vitamin E dan Seng pada Oatmeal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang makan gandum untuk sarapan berkinerja lebih baik dalam tugas-tugas yang mengevaluasi memori spasial. Oat kaya akan vitamin E, seng dan vitamin otak untuk anak 1 tahun, yakni vitamin B-kompleks. Kandungan seratnya yang tinggi memberi anak-anak aliran energi yang stabil.

  1. Vitamin C pada Berry

Menurut penelitian di Universitas Tufts buah beri meningkatkan fungsi kognitif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah meningkatkan memori pada anak-anak. Ini juga mencegah stres oksidatif di otak. Buat olahan berry yang dapat disantap oleh si buah hati yang masih berumur satu tahun, misalnya jus berry, atau saus berry pada campuran snacknya.

  1. Vitamin E pada Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang kenari, almond, dan kacang adalah makanan yang ramah otak. Tingginya kadar vitamin E dalam makanan ini mencegah degenerasi kognitif. Kacang juga mengandung seng, yang meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak.

Makanan super ini penuh dengan nutrisi penting yang baik untuk perkembangan otak, jadi pastikan Anda menyimpan kacang di dapur Anda. Anda bisa memasukkan kacang pada masakan untuk anak dari mulai sayur bening atau buat olahan halus kacang seperti selai, sambal kacang yang aman santap untuk si kecil.

  1. Vitamin dari Suplemen Gizidat

Tak hanya dari sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin otak untuk anak 1 tahun, anda perlu mendapatkan vitamin dari suplemen Gizidat. Kandungan yang begitu kaya akan vitamin dari mulai madu hutan murni dan alami. Madu hutan memberikan nutrisi yang maksimal dari lebah liar yang baik.

Selain itu, terdapat kandungan baik kurkumin yang merupakan bahan yang dipercaya ratusan tahun untuk meningkatkan nafsu makan buah hati dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan protein dari sidat yang melebihi protein di dalam salmon Norwegia.

  1. Kalsium pada Susu

Kalsium sangat penting untuk mengembangkan massa tulang, hampir semuanya dibangun selama masa kanak-kanak dan remaja. Kekurangan bisa mengganggu pertumbuhan sekarang dan meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari, terutama untuk anak perempuan.

Sangat penting untuk membiasakan anak Anda dengan kebiasaan makan makanan kaya kalsium sekarang karena anak-anak yang lebih tua sangat lemah (sembilan dari 10 gadis remaja tidak mendapatkan cukup). Banyak makanan tinggi kalsium juga kaya akan vitamin D, yang tidak hanya memperkuat tulang tetapi dapat mencegah diabetes tipe 1 dan penyakit lainnya.

Jika tidak terlalu suka minum susu, anda bisa mengarahkan pada keju, yogurt, makanan yang diperkaya seperti sereal, wafel, jus, susu kedelai.

  1. Serat dari Beras Merah atau Roti Gandum

Makan makanan kaya serat dapat membantu melindungi anak dari berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Rekomendasi resmi untuk anak-anak mendapatkan 19 hingga 25 gram serat sehari, namun seorang anak berusia 4 tahun harus mendapatkan setidaknya 9 gram serat sehari, bisa didapatkan dari beras merah atau roti gandum.

  1. Zat besi pada udang, ayam, sapi

Zat besi rendah sangat umum di antara anak-anak yang kelebihan berat badan, yang mungkin memiliki diet tinggi kalori tetapi kurang gizi. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel di seluruh tubuh dan berperan dalam perkembangan otak. Anda bisa mendapatkan kandungan zat besi dari udang, ayam, maupun dari daging sapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *