Vitamin Otak Untuk Anak

Vitamin Otak Untuk Anak

Kecerdasan otak anak merupakan hal yang sangat penting, karena hal itu berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka. Untuk itu anak-anak sangat membutuhkan vitamin otak, yang berfungsi untuk kecerdasan otak mereka. Cara melatih otak anak adalah dengan cara, memberi asupan nutrisi yang tepat pada anak-anak.

Misalnya memberikan mereka vitamin yang fungsinya adalah untuk meningkatkan konsentrasi anak usia dini, memberi nutrisi otak yang baik bagi anak-anak yang telat berbicara, untuk pertumbuhan anak usia 1 tahun, sebagai suplemen nutrisi yang baik bagi otak anak, vitamin untuk anak yang baik untuk otak, dan untuk anak yang cerdas.

Vitamin Otak Yang Baik Untuk Anak

Sebagai orang tua anda pasti akan merasa sedih, jika anda melihat pertumbuhan dan perkembangan anak tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya. Entah dilihat dari kecerdasannya, atau pertumbuhan badannya yang tidak seimbang sehingga berpengaruh pada nafsu makannya. Sehingga ia menjadi malas beraktivitas, dan tidak bersemangat.

Berikut ini ada beberapa bahan yang alami yang bagus untuk kecerdasan otak anak, dan membantu pertumbuhan anak-anak. Diantaranya yaitu :

1. Madu


Salah satu jenis makanan terbaik yang bagus untuk otak adalah madu, karena madu adalah campuran dari vitamin, zat mineral, bio hormon dan juga enzim yang dapat merangsang kinerja otak pada anak. Serta dapat membantu anak-anak untuk berkonsentrasi saat belajar, dan menghindarkan stress.

Manfaat dari madu ini juga banyak, bukan hanya bagus untuk pertumbuhan otak anak. Tetapi madu juga dapat menjaga fungsi hati dan merawat kesehatan kulit dengan baik. Bahkan jika dikonsumsi dengan rutin dan teratur, wajah dan bibir anda akan terlihat lebih segar dan lebih cerah.

2. Sayuran yang berwarna

Sayuran dengan aneka warna seperti misalnya wortel, bayam, kentang dan brokoli sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Karena kandungan di dalamnya seperti vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang terdapat pada sayuran tersebut dipercaya dapat mempertajam ingatan pada anak-anak. Hal itu tentu sangat baik untuk pertumbuhannya.

Oleh karena itu apa yang sudah pernah didengar dan dilihat oleh anak, akan tersimpan dengan baik di bagian memori kepalanya.

3. Ikan salmon


Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A, D, K, dan E yang dapat meningkatkan daya nalar pada anak. Sehingga anak-anak dapat lebih unggul dibanding dengan anak-anak lainnya. Ikan salmon mengandung lemak yang tinggi, tetapi lemak yang baik untuk tubuh.

4. Susu


Susu mengandung protein, kalsium, kalium, dan juga vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang baik untuk anak atau orang dewasa. Juga bagus untuk sistem saraf, otot tubuh, dan bagus untuk pertumbuhan otak anak. Bahkan susu mengandung zat karbohidrat yang mengurangi rasa lapar pada anak. Konsumsi susu dengan rutin bagus untuk pertumbuhan otak anak.

5. Telur


Telur juga merupakan jenis makanan yang mengandung protein, sama seperti susu. Khususnya bagian pada kuning telur, yang baik untuk pertumbuhan otak anak sehingga bisa menjadi vitamin otak yang baik untuk anak. Selain itu telur juga mengandung kolin, yang berfungsi baik untuk menajamkan ingatan.

Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa daya ingat seseorang yang rajin mengkonsumsi telur, lebih tinggi daripada orang yang jarang mengkonsumsi telur. Bukan hanya untuk anak, tetapi telur juga bagus dikonsumsi oleh lansia untuk mempertajam ingatan mereka.

6. Buah alpukat


Tahukah anda bahwa buah alpukat memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Sehingga buah ini bisa menjadi sumber energi yang baik, yang dapat menunjang aktivitas setiap hari. Bukan hanya itu, alpukat juga mengandung serat dan juga vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Jika anak sedang tidak nafsu makan atau sedang tidak mau makan nasi, maka anda bisa memberinya buah alpukat sebagai alternatif sumber energi lain yang baik untuk si kecil.

7. Gandum

 

Gandum mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral. Kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak anak-anak. Gandum mengandung lemak rendah tetapi mengandung serat yang tinggi, yang fungsinya baik untuk melepaskan kandungan glukosa yang berlebih pada tubuh anak-anak.

8. Pisang


Buah pisang biasanya menjadi buah favorit anak-anak, karena rasanya yang enak dan manis. Pisang juga mengandung sejumlah nutrisi, seperti misalnya magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium yang fungsinya baik untuk menyehatkan tubuh anak-anak.

9. Daging segar


Makanan selanjutnya yang baik untuk pertumbuhan otak anak adalah daging segar. Bukan hanya untuk pertumbuhan otak, tetapi daging juga baik untuk pertumbuhan tulang anak. Pilihlah jenis daging merah yang masih segar, dengan membatasi jumlahnya karena daging mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Perlu anda ketahui bahwa kacang-kacangan mengandung karbohidrat yang tinggi, yang bisa menjadi sumber energi pada bayi. Kacang-kacangan juga mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Sehingga kacang-kacangan bisa menjadi vitamin otak alami untuk anak.

Sehingga kemampuan anak dalam mengingat, berpikir, dan daya ingat anak pun akan menjadi lebih tajam.

11. Gizidat


Satu lagi vitamin yang baik untuk otak anak adalah gizidat, yang terbuat dari madu hutan alami yang diformulasikan khusus untuk tumbuh kembang anak. Gizidat juga mengandung kurkumin atau temulawak, yang mampu meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu vitamin ini juga mengandung sidat, yang dikenal mengandung protein yang cukup tinggi.

Oleh karena itu berilah anak anda gizidat dengan rutin dan teratur, sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan baik.

Cara Meningkatkan Tumbuh Kembang Pada Otak Anak

1. Mencari keseimbangan pada gula darah


Gula darah yang berlebih dapat mengakibatkan anak menjadi hiperaktif, dan juga menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Tetapi terlalu sedikit asupan gula akan menjadikan anak menjadi mudah marah, mudah lelah dan sulit memusatkan pikiran. Oleh karena itu berikan asupan gula yang cukup untuk anak-anak, dengan memberi makanan karbohidrat yang kompleks.

2. Hindari kantuk


Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dalam waktu yang salah, juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada gula darah. Sehingga berikanlah anak-anak makanan yang sehat, sehingga tidak terjadi kantuk di waktu yang salah. Atau hindari kantuk yang muncul di pertengahan sore.

3. Memberi anak makan 5 porsi dalam sehari


Berikanlah anak-anak 5 porsi makan dalam sehari, setidaknya 5 porsi buah dalam sehari dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung gizi mikro yang banyak, yang dapat mendukung kesehatan dan perkembangan otak anak secara keseluruhan. Sehingga kebutuhan anak akan terpenuhi dari makanan sehat yang dikonsumsi.

Jika anak malas makan buah atau aneka jenis sayur, cobalah untuk berkreasi dengan membuat sayuran dan buah yang menarik hati mereka sehingga mereka mau makan buah dan sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *