Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Umur 3 Tahun

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Umur 3 Tahun

Salah satu permasalahan pada anak yang dikeluhkan oleh orang tua adalah anak susah makan. Hal ini sering terjadi pada sang buah hati Anda. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan vitamin penambah nafsu makan anak umur 3 tahun. Dengan demikian diharapkan anak menjadi gampang untuk makan sehingga kebutuhan nutrisi dan gizi anak tercukupi.

Nutrisi yang bergizi dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Apabila anak kekurangan gizi akibat susah makan maka menyebabkan daya tahan anak rendah sehingga anak mudah terserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, perlu mendapatkan perhatian khusus dari orang tua saat anak susah makan.

Faktor Penyebab Anak Usia 3 Tahun Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Usia 3 Tahun Susah Makan

Banyak sekali penyebab yang membuat anak tidak memiliki nafsu makan. Masalah nafsu makan tidak boleh disepelekan. Hal ini dikarenakan anak masih dalam tahan pertumbuhan dan perkembangan sehingga membutuhkan banyak nutrisi. Nutrisi tersebut salah satunya dapat diperoleh dari berbagai macam makanan yang dimakan oleh anak.

Apabila anak kekurangan nutrisi maka anak akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus lebih memperhatikan gizi anak dengan cara memelihara asupan makanan yang diberikan kepada sang buah hati agar selalu kaya akan gizi.

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Orang tua juga harus pandai dalam membujuk anak agar mau makan. Mungkin Anda dapat memberikan hadiah berupa barang – barang yang sangat disukai saat anak mau makan. Yuk, sayangi sang buah hati dengan memperhatikan asupan nutrisinya sehingga anak selalu sehat dan ceria.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak susah makan. Anda dapat menjadikannya sebagai sumber referensi untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda:

  1. Anak suka memilih – milih makanan

memilih - milih makanan

Dalam hal ini memang wajar karena anak sudah mulai bisa membedakan rasa, tekstur, bentuk dan lain – lain. Oleh karena itu, orang tua dianjurkan untuk mengenalkan berbagai macam makanan sehingga asupan yang diberikan anak kaya akan nutrisi.

Jika tidak dibiasakan sejak kecil maka anak akan susah makan dan hanya memakan makanan yang disukainya saja. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan hal – hal seperti berikut:

– Anda dianjurkan untuk tidak memaksa anak bahkan dilarang untuk memarahi anak. Hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi psikis anak. Jika anak terus dipaksa maka anak akan merasa tertekan sehingga akan menolak makanan.

Anak suka memilih - milih makanan

– Anda dianjurkan untuk menyajikan makanan dengan bervariasi menu agar dapat menarik perhatian anak. Contohnya adalah dengan membuat variasi warna makanan, teksturnya dibuat lebih lembut, dibuat variasi rasa dan lain – lain

– Anda juga dianjurkan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat Anda dan sang buah hati makan. Banyak upaya yang dapat dilakukan  orang tua, antara lain adalah: menyajikan makanan dengan bentuk seperti kartun favorit anak, memilih tempat makan  yang berwarna sehingga makanan nampak lebih menarik bagi anak.

  1.  Anak Suka Mengemut Makanan

 Anak Suka Mengemut Makanan

Banyak faktor yang dapat menyebabkan anak mengalami susah makan atau mengemut makanan. Salah satunya adalah anak sedang sakit seperti sariawan, tumbuh gigi dan lain – lain. Solusi yang dapat Anda jadikan referensi adalah sebagai berikut:

– Membawa anak periksa ke dokter untuk mengatasi penyakit yang diderita anak sehingga anak akan mendapat penanganan dari dokter. Dengan demikian anak bisa sembuh dan kembali memiliki nafsu makan lagi.

 Anak Suka Mengemut Makanan di dalam mulut

– Anak diberi makanan dengan porsi kecil dan diminta makan sedikit demi sedikit namun sering. Jangan sampai anak tidak makan dan tidak mendapatkan asupan gizi

– Anda dianjurkan unyuk tidak memberi makanan yang memiliki bau dan rasa yang menyengat. Hal ini dikarenakan dapat membuat anak merasa mual.

  1. Anak menolak makan

Anak menolak untuk makan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan, salah satunya adalah anak tidak senang dengan menu makanannya, rasa, tekstur, aroma dan warna pada makanan.

Solusinya adalah dengan sering memberi anak makanan namun  dengan porsi kecil. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menyajikan makanan semenarik mungkin sehingga menggugah nafsu makan anak.

  1. Anak selalu merasa kenyang

Anak menolak makan

Hal ini dapat terjadi pada anak apabila anak banyak makan camilan yang mengenyangkan  seperti permen, biskuit dan lain  – lain. Cara mengatasi adalah dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

– Membuat jadwal makan anak yang teratur

– Waktu makan jangan lebih dari 30 menit

– Anak diberi jadwal selingan untuk makan

– Anak tidak diberi makanan manis saat menjelang makan

– Makanan disajikan dengan porsi kecil dan tampilan lebih menarik.

– Anak diberi camilan sehat yang kaya akan nutrisi

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

  1. Anak dilatih mandiri untuk makan dan diberi dukungan agar membentuk karakter anak  yang mandiri.
  2. Biarkan anak menikmati suasana makannya dan Anda dianjurkan untuk tidak menyuruh anak makan cepat karena dapat merusak mood makan anak.
  3. Memberi anak vitamin penambah nafsu makan anak.

Apabila anak Anda masih susah makan maka Anda dianjurkan untuk membawa anak ke dokter untuk konsultasi dan memecahkan masalah anak susah makan.

  1. Mengajak anak untuk rajin berolahraga. Saat berolahraga maka kalori di dalam tubuh terbakar sehingga anak membutuhkan energi dan merasa lapar.
  2. Mengkonsumsi Buah

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak adalah jeruk. Hal ini dikarenakan jeruk kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh pada anak.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Umur 3 Tahun

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Umur 3 Tahun

Berikut ini adalah beberapa macam vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh sang buah hati yang sudah berusia 3 tahun antara lain adalah vege blend 12 Jr, vitacur sirup, scott’s emulsion, gizidat dan lain – lain.

Gizidat merupakan salah satu vitamin yang bagus untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Vitamin tersebut kaya akan protein dan gizi yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Manfaat anak mengkonsumsi gizidat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Meningkatkan nafsu makan anak
  3. Melancarkan pencernaan makanan
  4. Menambah stamina anak
  5. Membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit pada anak seperti flu, batuk dan lain – lain.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Umur 3 Tahun

Vitacur Sirup juga merupakan salah satu vitamin penambah nafsu makan anak umur 3 tahun serta untuk menambah energi pada anak.  Selain itu, dengan mengkonsumsi vitamin ini dapat membantu mencegah anak kekurangan kalsium, menjaga agar saluran pencernaan selalu sehat dan membantu menguatkan tulang dan gigi pada anak.

Vege Blend 21 Jr merupakan salah satu jenis vitamin yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan anak. Vege Blend 21 Jr ini juga dapat mensuplai kebutuhan sayuran anak. Vitamin ini dapat dikonsumsi untuk anak usia 1 hingga 12 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *