Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak adalah sesuatu yang sulit ditebak, terkadang ia makan dengan lahap tapi kadang juga tidak mau makan sama sekali. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang membingungkan bagi setiap orang, sehingga sebagian besar orang tua akan memilihkan vitamin penambah nafsu makan anak. Tetapi memilih vitamin penambah nafsu makan tentu tidak mudah, ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Jika nafsu makan Anda menurun atau ia menjadi malas makan, sebenarnya adalah hal yang normal. Selama hal itu tidak berlangsung lama, biasanya hal yang menyebabkan anak tidak nafsu makan adalah demam, sariawan, flu, pusing, dan sebagainya. Jika anak sedang tidak nafsu makan, sebaiknya Anda merayunya terlebih dahulu sampai ia mau makan tapi tidak memaksanya.

Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Tepat dan Cocok

Setiap anak memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, sehingga tidak semua anak memerlukan vitamin penambah nafsu makan. Anda bisa mengkonsultasikan hal ini dengan dokter, vitamin apa saja yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak untuk penambah nafsu makan. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih vitamin, untuk menambah nafsu makan anak. Di antaranya yaitu :

1. Sebaiknya Anda memilih suplemen atau vitamin yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Anda bisa bertanya lebih dahulu, fungsi dari vitamin yang Anda pilih tersebut.

2. Perhatikan kandungan yang terdapat pada vitamin tersebut, apakah komposisinya terbuat dari bahan pilihan yang ampuh dalam menambah nafsu makan anak. Sebaiknya Anda memilih jenis vitamin yang tidak menyediakan kebutuhan, lebih dari 100% kebutuhan vitamin dan mineral harian anak.

Karena jenis suplemen yang mengandung vitamin dan mineral dengan dosis yang tinggi, akan membahayakan kesehatan anak-anak. Terutama untuk jenis vitamin A yang berlebihan.

3. Dianjurkan untuk tidak memilih jenis vitamin yang dalam bentuk permen, karena biasanya vitamin berbentuk permen mengandung gula yang cukup tinggi. Hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan anak-anak. Apalagi jika anak-anak berpikir vitamin itu adalah permen, maka hal itu akan membuat mereka ingin makan lagi dan lagi.

Jika anak-anak makan vitamin yang berbentuk permen tersebut lagi dan lagi, hal itu tentu membuat asupan vitamin mereka menjadi berlebih. Atau jika Anda membelikan vitamin berbentuk permen untuk anak-anak, sebaiknya Anda jelaskan pada mereka bahwa itu bukan permen sehingga tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus.

4. Sebaiknya Anda memilih jenis vitamin yang sudah terdaftar dan sudah lulus sertifikasi, dari Badan Pengawas Obat atau BPOM. Sehingga vitamin tersebut resmi dan terjamin keamanannya.

5. Menggunakan vitamin yang memiliki banyak khasiat dan manfaat, salah satunya adalah vitamin Gizidat yang berupa madu hutan alami. Vitamin Gizidat ini cocok menjadi salah satu vitamin yang bisa menambah nafsu makan anak Anda. Karena Gizidat diformulasikan dari 3 bahan pilihan, seperti madu hutan alami, kurkumin, dan juga sidat.

Kandungan temulawak yang terdapat pada Gizidat adalah ramuan alami, yang akan meningkatkan nafsu makan anak Anda.

6. Pilihlah vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami. Karena bahan-bahan alami biasanya merupakan jenis bahan yang sehat dan aman dikonsumsi anak-anak. Selain itu jika Anda memilih jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang alami, maka vitamin tersebut tidak akan memiliki efek samping apapun yang mungkin berbahaya.

7. Anda harus memilih jenis vitamin yang merupakan produk yang higienis, Anda bisa melihat lebih dahulu apakah produk tersebut layak untuk Anda pilih. Karena jika produk tersebut higienis, maka produk vitamin itu akan sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Produk yang higienis bisa dilihat secara kasat mata, misalnya dilihat dari kemasannya yang rapi dan masih tersegel.

8. Pilih vitamin yang kualitasnya terjamin, bukan hanya sekadar vitamin yang rasanya manis saja. Kualitas ini bisa dilihat dari komposisi bahannya, bukan hanya sekadar rasanya yang enak saja.

9. Pilih juga vitamin yang banyak manfaatnya, bukan hanya mampu menambah nafsu makan saja. Tetapi ada manfaat lainnya yang juga berkhasiat baik untuk anak Anda. Sehingga bukan saja disukai oleh anak-anak, tetapi vitamin tersebut juga membuat tubuhnya selalu sehat. Perkembangan tubuhnya pun akan berkembang dengan baik sampai ia besar nanti.

Kapan Anak Membutuhkan Asupan Vitamin atau Suplemen Tambahan ?

Vitamin penambah nafsu makan anak banyak dicari oleh para orang tua, karena ketika mereka melihat anaknya tidak mau makan timbullah rasa khawatir. Tetapi tidak semua anak membutuhkan vitamin penambah nafsu makan, jika menurunnya nafsu makan anak hanya karena ia sedang sakit saja. Sehingga Anda harus tahu kapan anak Anda membutuhkan asupan vitamin pelengkap.

Asupan gizi dan nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan oleh anak-anak, khususnya di masa-masa pertumbuhannya. Berikut ini beberapa ciri dan tanda kapan anak membutuhkan suplemen atau vitamin, khususnya yang berfungsi sebagai penambah nafsu makan anak. Di antaranya yaitu sebagai berikut :

1. Ketika anak Anda makan tidak teratur, sehingga ia tidak mendapatkan makanan dengan gizi yang seimbang. Padahal anak-anak sangat membutuhkan asupan gizi yang cukup di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Saat anak Anda sangat pemilih dalam hal makanan, misalnya mereka hanya akan makan makanan tertentu. Hal itu juga akan membuat anak-anak kekurangan nutrisi dan gizinya. Apalagi jika makanan yang mereka pilih adalah jenis makanan yang tidak sehat.

3. Jika anak Anda mengalami kondisi medis yang kronis misalnya saja menderita penyakit asma atau ada masalah di bagian pencernaannya. Saat itulah mereka membutuhkan vitamin penambah nafsu makan yang tepat dan sesuai.

4. Anak-anak yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji, atau makanan olahan akan membuat mereka kekurangan vitamin dan gizi. Khususnya dari makanan segar dan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Jika anak Anda terlanjur mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut, sebaiknya Anda memberinya suplemen atau vitamin yang sesuai dan cocok.

5. Anak-anak dengan pola makan seperti vegan atau vegetarian, atau anak dengan diet yang terbatas. Anak-anak ini tetap memerlukan asupan gizi dengan sumber protein, karbohidrat, dan lain sebagainya. Sehingga mereka membutuhkan vitamin tambahan.

6. Jika anak Anda terlalu sering minum minuman bersoda, maka anak Anda akan kekurangan vitamin dan mineral. Dengan memberinya vitamin yang tepat maka anak tersebut akan mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Mengapa Nafsu Makan Anak Menurun

Ada banyak hal yang menyebabkan nafsu makan anak Anda menurun tiba-tiba, selain karena saat kondisi tubuh mereka sedang tidak baik misalnya ketika sedang sakit. Nafsu makan anak bisa tiba-tiba menurun ketika anak sedang merasa sedih, kesal, marah, atau kecewa. Hal-hal tersebut bisa membuat mereka menjadi malas makan.

Penyebab lainnya dari menurunnya nafsu makan pada anak adalah ketika anak-anak sedang dalam kondisi kurang tidur. Atau bisa juga ketika keinginan atau permintaannya tidak dituruti oleh orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *