Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi Dibawah 1 Tahun

Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi Dibawah 1 Tahun

Banyak sekali gangguan yang dapat Anda jumpai pada anak yang berusia dibawah 1 tahun. Antara lain adalah anak kehilangan nafsu makan, suka pilih – pilih makanan dan makan dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Apabila Anda mendapatkan anak dengan ciri – ciri tersebut maka alangkah baiknya jika anak diberi vitamin penambah nafsu makan bayi dibawah 1 tahun.

Bayi yang kehilangan nafsu makan dapat menjadi indikator timbulnya permasalahan yang serius. Hal ini dikarenakan  pada umumnya bayi dibawah 1 tahun memiliki nafsu makan yang tinggi untuk mendapatkan energi yang penting untuk pertumbuhan.

Faktor Penyebab Bayi Susah Makan

Berikut ini adalah beberapa macam faktor yang membuat anak sulit makan:

1. Tumbuh Gigi

 Tumbuh Gigi

Tak heran jika saat tumbuh gigi bayi merasa kesakitan sehingga rewel dan kehilangan nafsu makan. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan kompres pada gusi menggunakan kain yang dicelupkan pada air dingin. Jika masih terasa sakit maka Anda dapat membawa bayi Anda ke dokter.

2. Sariawan

Salah satu tanda sariawan pada bayi adalah dijumpai adanya bulatan putih pada gusi. Warna gusi menjadi lebih kemerahan. Penyebabnya adalah bayi Anda kurang mendapatkan asupan vitamin. Kondisi seperti ini tak heran jika bayi rewel dan susah makan karena sakit untuk mengecap makanan.

3. Bayi Beradaptasi dengan Jenis Makanan

Bayi Beradaptasi dengan Jenis Makanan

Bayi terkadang mengalami sulit makan saat peralihan dan mengenal MPASI namun terkadang anak menolak asupan dari luar karena sudah terbiasa dengan ASI. Hal ini terjadi pada bayi yang berusia sekitar 6 bulan. Pada saat itu bayi mulai diperkenalkan dengan makanan seperti bubur.

4. Menu Makanan tidak Menarik

Anda dianjurkan untuk membuat menu MPASI yang kreatif dan bervariasi agar anak lebih tertarik untuk makan. Hal ini dikarenakan  jika makanan yang dibuat tidak bervariasi maka anak akan cepat bosan.

Justru pada masa – masa inilah orang tua mulai mengenalkan berbagai jenis makanan agar saat tumbuh dewasa nanti anak tidak pilih – pilih makanan. Dengan demikian anak akan mendapatkan banyak nutrisi yang bermacam – macam dari makanan.

5. Anak sedang Sakit

Anak sedang Sakit

Pada saat bayi menolak makanan yang Anda buat bisa jadi anak sedang sakit seperti flu, batuk, dan demam. Pada kondisi tersebut anak tidak nafsu makan sehingga Anda harus memeriksakan bayi ke dokter agar cepat sembuh dan memiliki nafsu makan lagi.

6. Mengalami Gangguan Lambung

Salah satu ciri bayi yang menderita gangguan adalah asam yang berada di lambung akan naik menuju ke bagian esofagus sehingga memicu anak muntah. Gangguan ini sering terjadi pada yang berusia kurang dari 3 bulan.

7. Bayi Merasa Kenyang

Bayi Merasa Kenyang

Anda harus memberi jeda waktu antara waktu minum ASI dengan waktu memberi makanan tambahan seperti bubur dan lain – lain. Hal ini dikarenakan proses pencernaan ASI membutuhkan waktu lama sehingga jika setelah minum ASI langsung maka tentunya bayi akan menolak karena masih kenyang.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Bayi di Bawah 1 Tahun

Berikut ini adalah beberapa macam vitamin yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu sumber referensi jenis vitamin untuk bayi dibawah 1 tahun:

1. Gizidat

Gizidat

Gizidat merupakan salah satu jenis vitamin yang terbuat dari kombinasi madu, curcuma dan ikan sidat. Vitamin ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak – anak agar meningkatkan nafsu makan. Dengan demikian anak akan mendapatkan asupan gizi yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Gizidat ini terbuat dari bahan – bahan alam yang bagus untuk kesehatan. Vitamin ini rasanya manis sehingga disukai oleh anak – anak. Dengan demikian Anda tidak perlu bersusah payah membujuk anak untuk mengkonsumsi vitamin.

2. Nordic Natural

Vitamin ini sengaja dibuat untuk membantu nak yang susah untuk mengkonsumsi  sayur dan buah. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi untuk memicu meningkatnya kecerdasan anak. Hal ini dikarenakan adanya DHA yang terkandung di dalam vitamin ini.

3. Baby Drops

Baby Drops

Baby drops merupakan salah satu vitamin yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan pada anak Anda yang masih berumur di bawah 1 tahun. Cara memberinya adalah dengan tetes kepada bayi atau balita

4. Lytacur

Lytacur merupakan salah satu vitamin yang dapat diberikan kepada bayi. Vitamin ini berfungsi untuk merangsang meningkatnya nafsu makan anak. Vitamin ini aman untuk dikonsumsi oleh bayi. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut mengandung berbagai macam vitamin seperti B-12, vitamin C dan vitamin D.

5. Vitabumin

Vitabumin

Vitamin ini berfungsi untuk merangsang bayi agar selalu merasa lapar. Selain itu, fungsi dari vitamin ini adalah berperan penting dalam pertumbuhan anak.  Wujud vitamin ini adalah berbentuk madu.

6. Tiens Zinc Capsule

Vitamin penambah nafsu makan ini berfungsi untuk menambah nafsu makan anak. Namun kapsul ini diberikan kepada anak lewat ibunya saat anak mengkonsumsi ASI. Hal ini dikarenakan bayi belum bisa menelan kapsul tersebut.

7. Fitkom Platinum

Fitkom Platinum

Fungsi fitkom platinum ini adalah untuk membantu meningkatkan berat  badan bayi yang sulit untuk minum ASI. Selain itu, juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

8. Curcuma Plus

Curcuma plus ini sangat bagus untuk dikonsumsi bayi agar meningkatkan berat badan yang alami. Vitamin berbentuk sirup ini dapat Anda dapatkan di apotek. Anda dapat membeli sesuai dengan umur bayi.

9. Blackmores kids fruity fishies

Blackmores kids fruity fishies

Fungsi dari suplemen ini adalah untuk meningkatkan nafsu makan bayi. Harapannya dengan mengkonsumsi suplemen ini dapat meningkatkan berat badan bayi.

10. Vege Blend 21 Jr

Vitamin penambah nafsu makan bayi dibawah 1 tahun ini berasal dari sayuran alami yang baik untuk meningkatkan nafsu makan anak. Dengan demikian berat badan anak dapat meningkat.  Cara memberikan ke anak adalah dengan menaburkan bubuk suplemen tersebut ke dalam MPASI.

Mengapa Bayi Dibawah 1 Tahun Diberi Vitamin?

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan mengapa bayi diberi asupan vitamin penambah nafsu makan:

1. Praktis

Hal ini dikarenakan Anda bisa membeli vitamin di apotek tanpa harus meraciknya sendiri.

2. Terbuat dari bahan yang alami

Terbuat dari bahan yang alami.

Seiring berkembangnya zaman maka banyak ditemukan vitamin yang berasal dari ekstrak temulawak atau pun kunyit. Fungsi kedua bahan tersebut adalah untuk meningkatkan nafsu makan anak dibawah usia 1 tahun.

3. Rasanya manis

Vitamin untuk anak dibawah satu tahun memang dibuat berasa manis sehingga memudahkan ibu untuk meminumkan kepada anaknya. Dengan demikian dapat membuat nafsu makan anak meningkat tanpa harus memaksa anak untuk makan.

4. Vitamin mudah untuk ditemukan

Vitamin mudah untuk ditemukan

Anda dapat membeli vitamin untuk sang buah hati yang usianya dibawah 1 tahun di apotek. Namun, Anda harus cermat dan memastikan bahwa vitamin yang Anda beli memang untuk bayi dibawah usia 1 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *