Vitamin Terbaik Untuk Bayi

Vitamin Terbaik Untuk Bayi

Bayi yang baru lahir membutuhkan nutrisi dan vitamin yang berbeda dari orang dewasa. Namun kebutuhan nutrisi tersebut bisa dipenuhi hanya dengan ASI eksklusif. Setelah bayi berusia 6 bulan dan mulai mendapatkan MPASI, maka bayi bisa mendapatkan vitamin tambahan yang baik untuk menunjang tumbuh kembangnya. Apa saja vitamin terbaik untuk bayi yang mulai kenal MPASI?

6 Mineral dan Vitamin Terbaik untuk Bayi MPASI

Setelah bayi berusia 6 bulan, dianjurkan untuk mulai diperkenalkan makanan pendamping dari bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda. Makanan pendamping ASI (MPASI) ini selain juga bertujuan untuk mengenalkan konsep “makan”, ternyata juga harus bisa memenuhi kebutuhan gizi buah hati Anda. Berikut ini 5 nutrisi yang harus ada dalam menu MPASI:

1. Zat Besi (Fe)

Zat besi sangat dibutuhkan oleh bayi karena bisa membantu memproduksi hemoglobin (sel darah merah) dalam tubuh. Pasti Anda tahu bahwa kekurangan zat besi bisa membuat orang dewasa mengalami anemia. Pada bayi, kekurangan hemoglobin juga bisa berpengaruh negatif terhadap tumbuh kembangnya.

Zat Besi (Fe)

Zat besi membantu perkembangan otak bayi. Zat besi bisa meningkatkan perkembangan kemampuan motorik dan juga memori si kecil. Anda harus memberikan asupan MPASI yang mengandung zat besi sebesar 11mg/hari. Sumber zat besi bisa berasal dari daging ayam, daging merah, telur, ikan, brokoli, bayam, dan juga alpukat.

2. Kalsium

Tulang terus berkembang selama periode bayi hingga anak-anak. Karena itulah, sejak dini bayi harus mendapatkan asupan MPASI yang kaya kandungan kalsium. Mineral kalsium bisa membantu perkembangan tulang jadi lebih kuat. Kalsium juga punya peranan penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan badan anak dan mencegahnya dari stunting.

Kalsium

Untuk memenuhi asupan kalsium untuk bayi, Anda bisa memberikan menu MPASI berbahan dasar kuning telur, daging ikan, keju, dan juga yoghurt. Tapi ingat ya, berikan yoghurt, keju, atau produk dairy lainnya hanya jika buah hati Anda dipastikan tidak punya kondisi alergi susu sapi ataupun intoleransi laktosa.

3. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh si kecil. Kekurangan vitamin D pada anak bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti osteoporosis, arthritis, inflamasi kronis, kanker, penyakit jantung, gangguan suasana hati, dan juga penyakit autoimun (diabetes tipe 1, rheumatoid, dan multiple sclerosis).

Vitamin D

Apakah Anda tahu bahwa sumber vitamin D di alam bukan hanya dari sinar matahari saja? Ternyata banyak bahan makanan yang juga menjadi sumber vitamin D alami dan baik bagi perkembangan tubuh si kecil. Berikan bayi Anda asupan MPASI dari bahan salmon, tuna, makarel, sarden, kuning telur, hati sapi, jamur kancing, dan minyak ikan cod.

4. Zinc/Seng (Zn)

Zinc merupakan salah satu mineral mikro yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjadi bahan bakar pembentukan sel darah putih dalam darah. Sel darah putih ini berfungsi untuk melawan infeksi bakteri dan mempercepat penyembuhan luka. Zinc juga berperan penting dalam pertumbuhan sel-sel tubuh dan regenerasi sel yang telah rusak.

Zinc/Seng (Zn)

Ada banyak makanan yang kaya kandungan zinc. Perkenalkan buah hati Anda dengan menu MPASI yang berbahan dasar daging sapi, hati sapi, daging domba, kuning telur, dan jamur. Jika sudah menginjak usia yang lebih dewasa, balita bisa diberikan asupan makanan dengan paduan biji wijen, tiram, dan juga bawang puith. 

5. Omega 3

Omega 3 atau yang lebih dikenal dengan istilah DHA berperan besar dalam masa-masa awal kehidupan bayi. Omega 3 ini sangat bagus untuk perkembangan otak dan juga mata si kecil. Biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan omega 3 sejak trimester pertama.

Omega 3

Saat bayi sudah mulai MPASI, maka asupan omega 3 bisa ditingkatkan dari bahan-bahan MPASI-nya. Berikan bayi Anda makanan dari bahan ikan salmon, sayuran, buah alpukat, telur, ataupun produk fermentasi kedelai seperti tahu dan tempe.

6. Multivitamin A. B. C, dan E

Empat multivitamin di atas yaitu A, B, C, dan E memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh bayi Anda. Empat vitamin ini berperan dalam membantu perkembangan syaraf dan otak, menghaluskan kulit, dan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dari berbagai penyakit.

Multivitamin A. B. C, dan E

Berikan bayi MPASi dari wortel dan ubi jalar yang kaya kandungan vitamin A. Sumber vitamin C bisa diperoleh dari tomat, melon, semangka, stroberi, dan buah-buahan lainnya. Kemudian vitamin B bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan pisang. Sedangkan bahan seperti serealia dan biji-bijian adalah sumber vitamin E.

Solusi Pemenuhan Vitamin dan Mineral Penting untuk Bayi dengan Gizidat

 Semua ibu pasti ingin memberikan makanan pendamping asi (MPASI) terbaik dari bahan-bahan berkualitas dan kandungan gizinya tinggi. Tapi terkadang, ada beberapa kendala yang bisa membuat Anda tidak bisa menyajikan menu MPASI ideal, misalnya saja kondisi anak yang alergi makanan tertentu.

Solusi Pemenuhan Vitamin dan Mineral Penting untuk Bayi dengan Gizidat

Tapi tenang saja, kebutuhan nutrisi berupa mineral dan vitamin penting untuk buah hati Anda tetap bisa terpenuhi dengan bantuan suplemen makanan. Tapi suplemen makanan apa yang aman untuk bayi? Jawabannya adalah Gizidat yang terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami. Gizidat merupakan madu suplemen yang dikombinasikan dengan kebaikan ikan sidat.

Mengapa Gizidat bisa menjadi solusi yang tepat dan aman untuk pemenuhan vitamin dan mineral penting pada masa tumbuh kembang bayi Anda?

1. Terbuat dari Madu Hutan Alami

Tahukah Anda bahwa madu memiliki segudang manfaat bagi tubuh? Madu sudah sejak lama dipercaya bisa menambah stamina dan kesehatan orang dewasa. Namun madu ternyata juga baik untuk tumbuh kembang si kecil karena mengandung gizi yang tinggi. Madu juga bisa menjadi alternatif pengganti gula untuk MPASI.

Terbuat dari Madu Hutan Alami

Madu hutan alami yang terkandung dalam Gizidat mengandung kalsium, zat besi, magnesium, vitamin C, vitamin B kompleks, zinc, kalium, kalsium, fosfor natrium, karbohidrat, dan juga protein. Madu bisa membantu meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh buah hati Anda.

2. Diperkaya dengan Ekstrak Ikan Sidat

Diperkaya dengan Ekstrak Ikan Sidat

Gizidat juga diperkaya dengan ekstrak ikan sidat yang ternyata punya nutrisi jauh lebih baik dibandingkan ikan salmon. Ikan sidat merupakan sumber dari albumin, omega 3, omega 6, zinc, dan vitamin B. Kandungan gizi ikan sidat ini bisa membantu perkembangan otak bayi Anda. 

3. Dikombinasikan dengan Kurkumin

Ingin punya bayi yang lahap makan MPASI? Anda bisa menggunakan Gizidat yang diperkaya dengan ekstrak kurkumin atau temulawak. Kurkumin telah lama dipercaya sebagai bahan alami yang bisa meningkatkan nafsu makan anak. Gizidat juga bisa menjadi solusi bagi balita yang susah makan atau sedang melakukan gerakan tutup mulut (GTM).

Dikombinasikan dengan Kurkumin

Vitamin terbaik untuk bayi bisa Anda berikan setiap hari demi tumbuh kembang buah hati yang optimal. Ingat, seribu hari pertama kehidupan buah hati Anda adalah masa golden age, dimana akan menentukan kesehatan dan kecerdasannya kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *