Vitamin Untuk Anak

Vitamin Untuk Anak

Masa kanak-kanak, khususnya pada masa janin dan bayi, vitamin merupakan nutrisi paling penting yang harus terpenuhi terkhusus pada periode emas tumbuh kembang anak. Periode tersebut dimulai pada saat bulan-bulan pertama sang janin terbentuk di dalam kandungan ibu, hingga akhirnya benar-benar usai ketika anak Anda memasuki masa puber, pada masa usia 9-15 tahun. Apakah Anda sudah mengetahui, vitamin untuk anak, serta apa saja kah yang berguna untuk tumbuh kembang otak?

Memastikan agar otak tetap mendapatkan berbagai macam asupan vitamin dan nutrisi yang tepat juga menjadi sangat penting bagi semua kalangan usia. Berikut kami sajikan Nutrisi dan vitamin untuk otak yang tak boleh Anda dilewatkan.

Daftar vitamin untuk otak yang bisa anda jadikan sebagai pilihan

Kekurangan vitamin atapun nutrisi lain pada periode tersebut dapat sangat mempengaruhi tumbuh kembang tingkat kecerdasan, otak, bahkan dapat memicu berbagai cacat otak bawaan maupun gangguan pada otak anak.  Nutrisi dan vitamin untuk otak dapat mempengaruhi proses kognitif dan juga kestabilan emosi seseorang. Imbangilah dengan diet sehat dan olahraga secukupnya.

Perpaduan diet makanan sehat dengan olahraga yang pas dapat meningkatkan kemampuan otak serta mengurangi berbagai jenis gangguan otak, seperti cedera otak, penyakit neurodegeneratif, tumor otak, dan gangguan mental.Bicarakan dengan dokter mengenai vitamin untuk otak dan suplemen seperti apa yang cocok dengan kondisi Anda, termasuk dosis konsumsi, dan efek lainnya sebelum memutuskan mengonsumsinya.

  1. Vitamin B1

Vitamin yang baik untuk otak yang pertama adalah vitamin B1. Vitamin ini berperan sangat penting dalam proses hantaran impuls sel pada saraf otak. Kekurangan dalam menkonsumsi vitamin B1 dapat berpengaruh pada kemampuan belajar,  kondisi mental, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, serta kekuatan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer.

Vitamin B1 dapat ditemukan pada berbagai macam jenis kacang-kacangan, ragi, daging merah, dan biji sereal.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 memilikin peran vital dalam proses pembentukan myelin, atau nama lain dari lapisan pelindung serat pada saraf otak. Vitamin yang sangat baik untuk otak satu ini berperan dalam melindungi otak dari berbagai kerusakan saraf, menurunnya suasana hati, kehilangan ingatan, dan penurunan mental. Vitamin B12 sangat banyak ditemukan pada daging sapi, ikan, unggas, domba, dan babi merah.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 berperan penting pada setiap proses produksi serotonin dan dopamin yang berguna untuk menjaga suasana hati serta kewaspadaan Anda. Vitamin B6 banyak terdapat pada sayuran kangkung, lobak, kembang kol, ikan tuna segar, sawi, dan bawang putih.

  1. Asam Folat

Kekurangan kandunga asam folat pada otak dapat secara drastis menurunkan kemampuan daya ingat dan focus Anda. Selain itu, asam folat juga sangat membantu dalam menurunkan kadar asam amino homosistein pada darah yang banyak menyebabkan kerusakan pada sel otak. Asam folat dapat Anda temukan pada sayuran hijau, berbagai jenis kacang-kacangan, buah-buahan, dan juga pada sereal gandum.

  1. Vitamin E

Vitamin E berfungsi sangat penting bagi sistem imun tubuh. Kekurangan vitamin E dapat berarti akan membuat tubuh kekurangan kemampuannya juga dalam melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel tubuh bahkan dapat menyebabkan berbagai gangguan pada otak. Misalnya mempermudah penyakit degeneratif Alzheimer.

Kacang almond, tepung gandum, hazelnut, minyak jagung, serta sayuran hijau, adalah beberapa jenis makanan yang mengandung kedua jenis tokoferol dari vitamin E, yaitu antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada otak.

  1. Vitamin C

Tak hanya berguna untuk mengobati sariawan, Vitamin ini juga merupakan antioksidan penting yang dapat menjaga kesehatan otak dari paparan radikal bebas. Vitamin ini juga banyak dibuktikan dapat membantu pencegahan penyakit alzheimer dengan cara melawan penumpukan zat yang menyebabkan Alzheimer. Beberapa sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi adalah brokoli, jeruk dan stroberi.

  1. Asam lemak omega-3

Omega-3 adalah salah satu nutrisi penting yang berguna bagi perkembangan otak. Kekurangan asam lemak omega-3 disinyalir dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatkan risiko gangguan mental, gangguan bipolar, seperti depresi, disleksia, ADD (attention deficit disorder), bahkan dapa menyebabkan skizofrenia. Kandungan asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

  1. Gizidat

Jika Anda membutuhkan vitamin untuk otak, maka Gizidat bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Gizidat memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi kesehatan, salah satunya juga berguna dalam mengembangkan fungsi otak hingga mengurangi resiko ganggu kesehatan lainya. Gizidat juga dapat memberikan meningkatkan nafsu makan anak yang terganggu seingga penyakit akan mudah masuk.

Anak yang senang makan pasti tubuhnya pun terjaga penyerapan nutrisinya, dengan demikian juga hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan tubuh dan otak pada anak. Sehingga membuat anak Anda akan lebih gampang untuk mengikuti proses belajar, dan juga lebih giat si setiap harinya.

Berikut kandungan yang ada pada Gizidat yang baik untuk kesehatan, salah satuny baik bagi perkembangan fungsi otak terutama pada anak dimasa keemasan perkembanganya:

  • Jenis Madu Lebah Hutan Asli

Madu yang terkandung pada Gizidat menggunakan madu asli dari spesies lebah hutan Apis Cerana dan Apis Dorsata, dua jenis lebah tersebut sudah dibuktikan dan diyakini akan memberikan produk madu terbaik serta kandungan nutrisi didalamnya yang sangat kaya akan manfaat.

Serta jauh lebih padat akan nutrisi dan nilai gizi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh anak terutama otak anak. Selain itu madu lebah hutan juga memiliki karakter rasa yang lebih lezat dan tentunya lebih diminati oleh anak-anak.

  • Ekstrak Daging Ikan Sidat

Kandungan pada ekstrak ikan sidat terkenal kaya akan banyak nutrisi serta protein albumin yang sangat bagus bagi kesehatan dan dapat meningkatkan kecerdasan pada otak anak. Selain itu khasiat albumin terbukti sangat baik dalam proses pengobatan pada luka dan juga dapat mempercepat proses pengobatan pada anak di masa penyembuhannya ketika sakit.

Tidak hanya itu, Ikan sidat juga diperkaya oleh vitamin B1 yang setara dengan 25 kali lipat kandungan vitamin B1 pada susu sapi dan vitamin B2 yang terkandung pada ikan sidat juga setara dengan 5 kali lipat kandungan vitamin B2 pada susu sapi.

Ditambah lagi kandungan AADHA/EPA pada ikan sidat yang sudah pasti lebih tinggi dari bahan lainnya. Dengan demikian khasiat ikan sidat ini sangat efektif dalam meningkatkan kecerdasan, dan menjaga segala fungsi otak dari berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan otak anak.

  • Ekstrak Temulawak

Temulawak merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk tubuh kembang anak. Kurkuma yang terkandung pada temulawak sangat efektif untuk merangsang nafsu makan anak serta melindungi pencernaannya dari penyakit.

  • Bakteri Probiotik

Khasiat bakteri ini sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan perncernaan anak dari serangan bakteri jahat, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau system imun sekaligus mampu membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *