Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun

Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun

Anak usia 1 tahun adalah usia dimana mereka sedang aktif-aktifnya. Mereka mulai berlatih berjalan dan memainkan apapun yang ada di sekitarnya. Nah, pada saat ini Anda para orang tua harus protektif terhadap kesehatan mereka dengan memberikan dukungan melalui pemberian vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun.

Sebelum penyakit benar-benar menyerang mereka Anda harus sudah memberikan vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh mereka. Namun jika Anda terlanjur telat memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh mereka dan tiba-tiba mereka menunjukkan tanda-tanda sakit seperti yang disebutkan di bawah ini, maka Anda harus segera memberikan pertolongan kepada mereka.

Tanda-tanda Anak Butuh Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun

1. Anak merasa cepat capek

Anak merasa cepat capek

Jika anak Anda mengadu atau Anda melihat mereka tidak terlalu bersemangat dan mudah merasa capek, Anda harus bertindak cepat agar anak tidak sakit karena bisa jadi daya tahan tubuh anak Anda sedang menurun.

2. Anak terlihat lesu

Anak terlihat lesu

Seorang anak yang sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah pastinya mereka akan merasa lemas dan tidak bersemangat. Hal ini dikarenakan tubuhnya yang tidak mampu melawan serangan kuman dan penyakit yang masuk ke tubuh hingga berdampak pada tubuhnya yang lemas.

3. Sering sakit

Sering sakit

Seorang anak yang sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuhnya yang ditandai dengan sering flu, batuk atau sakit tenggorokan dalam waktu yang berdekatan, kemungkinan besar si kecil sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Nah, Anda yang menyadari gejala ini segera periksakan mereka ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Luka di tubuh bagian luar sulit sembuh

Luka di tubuh bagian luar sulit sembuh

Anak-anak usia 1 tahun pastinya sering bermain dan kemungkinan besar mereka juga akan sering terjatuh saat bermain. Nah, jika anak Anda terjatuh saat bermain dan sampai menimbulkan luka di luar tubuh, waspadalah. Apalagi jika luka tersebut tidak segera sembuh walaupun sudah diobati, itu adalah indikator bahwa daya tahan tubuh anak sedang menurun.

Penyebab Penurunan Daya Tahan Tubuh Anak

1. Jarang olahraga

Jarang olahraga

Salah satu kebutuhan orang yang sehat adalah olahraga, namun seringnya olahraga ini menjadi hal yang dikesampingkan. Hal ini dikarenakan olahraga masih kalah dengan gadget dan berbagai aktifitas lain yang lebih menarik baik pada anak maupun pada orang dewasa.

2. Kurang istirahat

Kurang istirahat

Usia 1 tahun adalah saat dimana anak-anak sedang aktif bergerak, mereka akan bermain tanpa kenal waktu bahkan mereka seperti tidak punya rasa capek. Jika anak Anda sudah seperti ini, maka Anda harus tanggap dan segera mengajak mereka beristirahat. Karena jika mereka kurang istirahat, maka akan berpengaruh pada antibodinya.

3. Tekanan dan stress

Tekanan dan stress

Anak yang mengalami tekanan pasti akan mudah sakit, hal ini dikarenakan anak-anak merasa tidak bisa bebas melakukan sesuatu dan akhirnya berdampak pada pola makan yang tidak teratur dan juga kurang istirahat.

4. Anak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Anak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Jika anak sering mengkonsumsi makanan dengan kadar gula dan garam yang tinggi sudah dipastikan bahwa anak ini akan sering sakit karena sistem kekebalan tubuhnya tidak kuat. Jika Anda ingin si kecil tidak sering sakit, maka batasi konsumsi junk food dan biasakan mereka untuk makan makanan sehat yang bergizi agar mendukung daya tahan tubuh mereka.

5. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih

Air putih adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Biasakan si kecil untuk banyak minum air putih karena hal ini akan membuat daya tahan tubuh mereka lebih kuat.

6. Jauhkan si kecil dari lingkungan perokok

Jauhkan si kecil dari lingkungan perokok

Asap rokok adalah salah satu hal yang menyebabkan banyak penyakit karena dalam asap rokok terdapat banyak sekali kandungan racun. Untuk itu, jauhkan si kecil dari lingkungan perokok agar mereka tidak terpapar asap rokok yang berbahaya untuk kesehatan dan juga mengancam daya tahan tubuh mereka.

7. Sering bertukar benda dengan orang lain

Batasilah kebiasaan untuk bertukar benda antara anak Anda dengan temannya atau siapapun karena semakin sering mereka bertukar benda, maka kemungkinan tersebarnya virus, kuman dan bakteri dari orang lain juga semakin besar.

Sering bertukar benda dengan orang lain

Namun, ini bukan berarti mengajarkan anak untuk pelit karena hal ini juga berkaitan dengan kesehatan. Mungkin Anda bisa menghindarinya dengan tidak membiarkan si kecil berinteraksi terlalu dekat dengan anak lain yang sudah terkena flu atau sakit menular lainnya.

Berikan Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak 1 Tahun dan Awasi Kegiatannya

1. Penuhi kebutuhan nutrisi si kecil

ASI merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap anak sampai usia 2 tahun. Anda juga bisa mengkombinasikan susu formula dengan ASI kepada si kecil agar daya tahan tubuh mereka makin kuat.

Ketika anak sudah bertambah usia, Anda bisa memberikan buah-buahan dan sayuran sebagai penambah vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil, ternyata dengan memberikan makanan bergizi pada mereka maka mereka juga bisa terhindar dari penyakit kronis saat mereka dewasa.

Anda juga bisa memberikan madu untuk tambahan vitamin bagi mereka. Madu ini merupakan hasil ekstraksi ikan sidat dan madu hutan sehingga bisa menghasilkan sebuah madu yang membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk si kecil. Selain itu, madu ini juga mengandung kurkumin (temulawak) yang bisa membuat nafsu makan anak meningkat.

2. Pantau waktu tidur si kecil

Pantau waktu tidur si kecil

Saat si kecil kekurangan jam tidur, maka mereka akan sering terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya kurang. Nah, jika si kecil tidak mau tidur siang, Anda bisa mengakalinya dengan mengajak mereka tidur lebih awal,

3. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Anak-anak pasti sering bermain dan tidak sengaja memasukkan tangannya ke mulut, untuk itu Anda harus selalu mempersiapkan tisu basah atau mengajak si kecil untuk rajin membasuh tangan degan air. Pastikan juga mainan mereka selalu dalam keadaan steril dan jika mereka terluka segera bersihkan kemudian obati lukanya.

4. Ajak si kecil olahraga

Ajak si kecil olahraga

Olahraga adalah salah satu hal yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat sistem imun mereka dan juga Anda sendiri. Selain itu, jika Anda mengajak si kecil untuk olahraga bersama, maka hubungan Anda dan si kecil pun bisa makin dekat.

5. Rutin periksa ke dokter

Periksa ke dokter jangan sampai menunggu si kecil sakit karena tujuan pemeriksaan yang rutin adalah agar Anda mengetahui keadaan kesehatan si kecil dan juga mencegah berbagai gejala penyakit yang sering diabaikan.

Rutin periksa ke dokter

Melalui beberapa ciri anak yang sistem imunnya menurun sampai tips memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh anak 1 tahun di atas, semoga bisa menjadi pelajaran maupun tambahan pengetahuan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *