Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Vitamin adalah salah satu kebutuhan yang harus diberikan kepada anak-anak. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka dan membuat mereka tidak mudah sakit karena sakitnya anak, sakitnya orang tua juga

Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus memberikan vitamin untuk daya tahan tubuh anak Anda. Jangan sampai anak Anda mudah terserang penyakit sehingga menghambat tumbuh kembang mereka. Jika Anda bingung kira-kira vitamin apa saja yang bisa mendukung daya tahan tubuh anak, Anda bisa membaca ulasannya di sini.

Apa Saja Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak?

1. Vitamin A

Vitamin A ini penting untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel imun dan melawan kuman-kuman yang biasanya ada di dalam usus, sehingga vitamin A ini sangat penting untuk memperkuat sistem pencernaan. Vitamin A ini terdapat pada beberapa bahan makanan seperti wortel, daging sapi, ubi, sayur-sayuran hijau, tomat, pepaya dan mangga.

Vitamin A

Dengan menggunakan bahan-bahan makanan tersebut, Anda bisa berkreasi untuk membuatnya menjadi makanan dengan bentuk menarik agar anak-anak juga menyukainya. Selain dukungan dari orangtua, pemerintah Indonesia melalui Kemenkes juga memberikan dukungan vitamin A kepada anak melalui program bulanan vitamin A.

2. Vitamin D

Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin D berfungsi dalam pertumbuhan tulang. Namun ternyata, vitaminĀ  D ini juga berfungsi untuk menguatkan sistem imun dalam tubuh agar anak tidak mudah sakit. Anda bisa menemukan vitamin D ini pada produk olahan susu, seperti keju, susu dan yogurt.

Vitamin D

Selain pada produk olahan susu, vitamin D bisa Anda temukan pada makanan lain seperti ikan, kacang kedelai, bayam dan kuning telur. Sinar matahari pagi antara jam 6 sampai jam 9 pagi juga bisa menjadi sumber vitamin D untuk anak Anda.

3. Zat Besi

Kandungan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi anak Anda, mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh anak dan meningkatkan konsentrasi mereka sehingga berpengaruh baik pada prestasi mereka juga.

Zat Besi

Beberapa makanan yang mengandung zat besi ini seperti hati, ikan, daging merah, tahu, telur, kacang-kacangan dan sayur-sayuran. IDAI menyarankan agar memberikan suplemen zat besi pada anak usia 0-5 tahun dengan pemberian 2 kali seminggu dalam 3 bulan berturut-turut tiap tahun.

4. Zink (Seng)

Zink adalah salah satu mineral penting untuk anak-anak karena zink berperan penting dalam perkembangan sel-sel kekebalan tubuh dan juga mampu melawan kuman. Bahan makanan yang mengandung zink didalamnya seperti bawang putih, bayam, udang, daging sapi, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Zink (Seng)

Selain itu, masih ada fungsi lain dari zink yaitu untuk menangkal kerusakan jaringan akibat radikal bebas, menurunkan potensi diare dan pneumonia. Suplemen zink di Indonesia biasanya diberikan rutin pada bayi 6 sampai 23 bulan selama 2 bulan dalam kurun waktu 6 bulan.

Makanan yang Mengandung Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu hasil olahan susu yang memiliki banyak kandungan asam laktat dan probiotik, kedua hal inilah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Ketika mengkonsumsi yogurt memang sebaiknya yang plain, karena jika diberi tambahan gula maka hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan anak.

Yogurt

Namun, ada masalah lain yaitu pada rasa asamnya yang memang tidak disukai oleh anak-anak, untuk itu Anda bisa mengatasi hal ini dengan menambahkan buah kesukaan mereka agar mereka mau makan yogurt.

2. Daging

Daging

Kandungan zink dalam daging mampu membantu pembentukan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit. Tidak seperti yogurt yang cukup sulit diolah karena memiliki rasa asam, untuk daging sendiri lebih mudah diolah dan hampir semua anak menyukainya. Zink dari daging lebih diutamakan daripada dari nabati karena lebih mudah diserap tubuh.

3. Telur

Telur

Sebagai salah satu sumber protein lengkap, telur berperan dalam memberikan dukungan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencerdaskan otak anak. Dibandingkan daging, telur juga lebih murah harganya dan mudah ditemukan di mana saja. Namun, konsumsi telur untuk anak hanya dibatasi 4 butir saja per minggu.

4. Kacang

Dalam 100 gram kacang tanah terdapat 35 persen zink yang membantu dalam pembentukan sel darah putih yang bisa melawan penyakit. Selain itu, masih ada protein dan lemak yang mampu membantu dalam pembentukan sel-sel imun dalam tubuh.

Kacang

Dengan berbagai kandungan zat-zat yang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda bisa menambahkan selai kacang jika anak Anda terbiasa sarapan dengan roti.

5. Jamur

Sebagai bahan makanan yang dikenal memiliki zat antikanker, antibakteri dan antivirus ternyata jamur juga memiliki kandungan lain berupa protein dan zink yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh pada anak.

Jamur

Jenis jamur yang bermacam-macam seperti jamur shitake, jamur kancing, jamur tiram dan jenis lainnya yang pastinya mengandung berbagai zat yang berguna untuk tubuh anak. Anda juga bisa mengolah jamur dalam berbagai masakan agar anak Anda tidak bosan.

6. Ikan

Vitamin untuk daya tahan tubuh anak selanjutnya bisa didapatkan dari ikan. Rasanya yang gurih pastinya menjadi salah satu favorit anak-anak. Kandungan asam lemak yang ada di dalam ikan mampu membantu tubuh si kecil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Jenis ikan yang populer karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah ikan salmon dan ikan tuna.

Ikan

Namun ternyata ikan kembung juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang low budget namun tetap ingin memberikan dukungan terbaik untuk kekebalan tubuh anak.

7. Sayur dan Buah

Sayur dan Buah

Sudah bukan rahasia lagi jika buah dan sayur memang memiliki kandungan vitamin untuk daya tahan tubuh anak. Seperti buah berry yang memiliki antikanker dan pastinya bisa memperkuat kekebalan tubuh anak dan sayur-sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan beberapa sayuran lain yang pastinya mampu memperkuat kekebalan tubuh anak juga.

8. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Salah satu rekomendasi minyak yang sehat untuk anak Anda. Terdapat kandungan zat yang bisa melawan bakteri di dalamnya sehingga kekebalan tubuh si kecil bisa semakin baik. Anda bisa menambahkan minyak zaitun ini dalam makanan dan sebaiknya minyak zaitun tidak digunakan untuk menggoreng karena minyak zaitun yang mentah lebih banyak manfaatnya.

9. Madu

Jika cuaca sedang tidak menentu dan Anda khawatir si kecil akan terserang penyakit, segera berikan madu Gizidat. Gizidat adalah madu pilihan yang sudah menjadi pilihan para ibu dalam membantu tumbuh kembang anak. Madu ini juga dibuat dengan bahan-bahan berkualitas seperti penggunaan madu hutan, kurkumin, dan sidat sebagai pemberi asupan protein.

Madu

Sistem kekebalan tubuh pada anak pastinya membutuhkan perlindungan ekstra agar lebih kuat sehingga anak Anda tidak mudah sakit. Maka dari itu, selalu berikan makanan yang bergizi dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *