Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa sangat penting karena berhubungan dengan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Vitamin ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan dan karbohidrat atau istilahnya 4 sehat 5 sempurna. Jika Anda sudah mengkonsumsi makanan sehat tersebut sebenarnya Anda tidak perlu minum vitamin tambahan.

Biasanya vitamin tambahan dikonsumsi saat Anda mengalami kekurangan vitamin seperti saat sakit, orang yang  sudah tua, ibu hamil atau orang yang baru saja sakit dan masih dalam masa pemulihan. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin tambahan, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Tips Mengkonsumsi Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

1. Tanyakan kepada dokter

Sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin tambahan, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan vitamin dalam tubuh tiap orang yang berbeda sehingga Anda harus mengkonsultasikannya dulu, khususnya untuk Anda yang berusia di bawah 19 tahun, ibu hamil atau menyusui dan menderita penyakit tertentu.

Tanyakan kepada dokter

Konsultasi ini juga bertujuan agar vitamin yang Anda konsumsi menggunakan takaran yang pas sehingga Anda tidak akan mengalami overdosis.

2. Bacalah label pada kemasan vitaminnya

Bacalah label pada kemasan vitaminnya

Ketika Anda memutuskan mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa, Anda harus membaca label yang biasanya tertera pada botol kemasannya. Baca dengan seksama mulai dari bahan-bahannya, dosis dalam sekali minum, efek samping, manfaat yang akan Anda dapatkan, dan pastinya tanggal kadaluarsanya.

3. Pilihlah multivitamin dan mineral yang mampu memenuhi 100 persen kebutuhan harian Anda

Pilihlah multivitamin dan mineral yang mampu memenuhi 100 persen kebutuhan harian Anda

Lebih baik Anda memilih multivitamin dengan 100 persen mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda daripada Anda memilih vitamin dengan kemampuan 10 persen dalam memenuhi kebutuhan Anda dan 90 persen pada vitamin lainnya. Dengan Anda memilih multivitamin, pastinya uang Anda lebih hemat, bukan?

4. Pastikan vitamin tersebut aman dikonsumsi bersama makanan atau obat lain

Pastikan vitamin tersebut aman dikonsumsi bersama makanan atau obat lain

Memang ada beberapa vitamin yang dianjurkan untuk dicampurkan dalam makanan atau minuman, namun ternyata ada juga yang tidak. Untuk itu, Anda harus menanyakan kepada dokter mengenai vitamin yang sedang atau pernah Anda konsumsi untuk mengetahui apakah vitamin tersebut menimbulkan efek samping jika dikonsumsi bersama obat atau makanan lain.

5. Hindari konsumsi vitamin yang iklannya berlebihan

Hindari konsumsi vitamin yang iklannya berlebihan

Jangan mudah terpancing dengan iklan vitamin yang mengatakan bahwa vitamin tersebut mampu menyembuhkan bermacam-macam penyakit, melangsingkan, dsb. Karena pastinya vitamin yang benar-benar baik adalah vitamin yang mampu menangani masalah khusus dan tidak memberikan janji-janji yang berlebihan.

6. Periksa apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM atau belum

Periksa apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM atau belum

Pastikan bahwa vitamin yang akan Anda beli benar-benar sudah terdaftar di BPOM. Karena bisa dipastikan jika produk tersebut sudah lulus uji BPOM maka produk tersebut sudah layak konsumsi dan juga layak jual dan sebaliknya.

7. Jangan mengkonsumsi vitamin atau multivitamin secara berlebihan

Jangan mengkonsumsi vitamin atau multivitamin secara berlebihan

Apapun yang berlebihan pastinya tidak baik, hal itu juga berlaku untuk konsumsi vitamin ataupun multivitamin. Tidak ada klaim yang mendukung bahwa mengkonsumsi vitamin atau multivitamin itu akan bermanfaat bagi kesehatan. Karena faktanya, jika Anda bisa menerapkan pola hidup sehat, maka multivitamin atau vitamin tambahan itu tidak Anda perlukan.

8. Pilih vitamin yang memiliki kandungan vitamin dasar dan mineral

Pilih vitamin yang memiliki kandungan vitamin dasar dan mineral

Pastikan bahwa vitamin yang akan Anda beli memiliki kandungan vitamin dasar seperti B1 (thiamin),  vitamin C, B2 (riboflavin), B6, asam folat (B9), biotin, B12, B5 (asam pantotenat), vitamin A, vitamin E, D2 atau D3 (cholecalferol), vitamin K, kalium, yodium, selenium, zink, kalsium, borat, magnesium, mangan, betakaroten, besi, dan molibdenum.

9. Ingat bahwa vitamin hanya sebagai pendukung bukan pengganti

Ingat bahwa vitamin hanya sebagai pendukung bukan pengganti

Ketika memutuskan mengkonsumsi vitamin tambahan, buat pola pikir bahwa vitamin tambahan tersebut hanyalah pendukung saja. Sebagai contohnya, ketika Anda menjalani diet vegetarian maka untuk menunjang vitamin B12, Anda bisa mengkonsumsi vitamin B12 tambahan untuk memenuhi kebutuhan lemak hewani.

Konsumsi Madu Sebagai Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Kesehatan merupakan faktor penting dalam tubuh manusia yang harus dijaga dengan baik. Karena akan percuma jika uang banyak tapi badan tak sehat, karena Anda tidak bisa menikmati uang tersebut. Untuk itu, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan dengan baik agar tetap bisa beraktifitas dengan baik dan lancar.

Konsumsi Madu Sebagai Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Salah satu hal yang bisa memicu Anda terserang penyakit adalah sistem kekebalan tubuh Anda yang menurun. Nah, sistem kekebalan tubuh sendiri memang berfungsi sebagai benteng tubuh Anda dari berbagai penyakit yang menyerang. Jadi, bayangkan saja jika bentengnya rapuh atau bahkan roboh pastinya para ‘musuh’ akan lebih mudah masuk.

Jika Anda ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh, sebenarnya ada berbagai macam cara yang bisa Anda tempuh seperti berolahraga, makan makanan sehat seperti buah dan sayur, istirahat yang cukup dan tidak mudah stress. Selain itu, masih ada satu makanan yang bisa Anda gunakan sebagai media untuk memperkuat ‘benteng’ pertahanan tubuh Anda yaitu madu.

Madu adalah salah satu makanan alami yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Madu ini bisa Anda konsumsi secara langsung atau Anda campur dengan makanan. Selain mampu memperkuat sistem imun dalam tubuh, ternyata madu juga dipercaya sebagai obat untuk berbagai penyakit. Namun, pastikan Anda mengkonsumsi madu dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan.

Konsumsi Madu Sebagai Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Salah satu madu yang direkomendasikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda adalah madu Gizidat. Apa itu Gizidat? Gizidat adalah singkatan dari Gizi Ikan Sidat, jadi madu yang satu ini memang dibuat dari ekstraksi ikan sidat dengan madu hutan yang diambil dari luar pulau Jawa.

Ikan Sidat sendiri dikenal sebagai ikan yang kandungan proteinnya 3 kali lebih banyak daripada ikan salmon dan vitamin B nya 20 kali lebih banyak dari susu sapi. Dengan kandungan nutrisi yang sedemikian rupa pastinya madu ini benar-benar mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Madu Gizidat ini juga menggunakan 2 bahan utama yaitu ikan sidat yang memiliki kandungan protein albumin, Omega 3, 6 dan 9 yang tinggi sehingga mampu memberikan asupan vitamin yang baik untuk tubuh Anda. Selain menggunakan ikan sidat, Gizidat juga menggunakan kurkumin (temulawak).

Konsumsi Madu Sebagai Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Dewasa

Seperti yang sudah kita kenal bahwa temulawak sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak. Selain itu, Gizidat ini juga bisa memperlancar buang air, mencegah pertumbuhan cacing dan parasit dalam tubuh. Jika Anda rutin minum madu ini, pastinya kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan menjadi lebih kuat lagi.

Melalui penjelasan di atas, pastinya kini Anda lebih paham bagaimana cara memilih vitamin atau multivitamin yang benar. Selain itu, konsumsi madu juga bisa Anda gunakan sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh dewasa agar Anda tidak mudah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *