Vitamin Untuk Otak Anak yang Bagus

Vitamin Untuk Otak Anak yang Bagus

Dalam meningkatkan kecerdasan dan kerja otak anak, orangtua biasanya fokus dengan mengenalkan anak pada berbagai kegiatan edukasi. Selain meningkatkan kecerdasan dan kerja otak, kegiatan edukasi terbukti meningkatkan kemampuan anak dan mengarahkan anak untuk menemukan bakatnya sejak dini.

Walau begitu, orangtua juga wajib sekali memerhatikan kualitas menu makanan sehari-hari sebagai usaha meningkatkan kecerdasan dari dalam. Seperti memberi konsumsi vitamin untuk otak anak yang bagus serta mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi.

Vitamin Untuk Otak Anak yang Bagus

Pahami Hal Ini Sebelum Memberi Vitamin Untuk Otak Anak yang Bagus

Vitamin dan suplemen menjadi produk andalan para orangtua untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan gizi anak. Terlebih sebagian anak mengalami penurunan nafsu makan di masa tumbuh kembangnya. Sebelum membeli produk vitamin atau suplemen, pahami terlebih dahulu hal apa saja yang harus diperhatikan di bawah ini.

  1. Bila Ragu, Konsultasi Dulu Pada Dokter

Bila Ragu, Konsultasi Dulu Pada Dokter

Memberi vitamin atau suplemen sebagai asupan tambahan sering mendatangkan pertanyaan di benak orangtua. Apakah nantinya tubuh anak mampu menerima, apakah cocok dan tidak memicu permasalahan kesehatan, dan banyak pertanyaan lainnya.

Agar lebih yakin, konsultasi dahulu dengan dokter anak. Cari tahun, nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh anak dan apakah ia memiliki alergi terhadap nutrisi tertentu.

  1. Memerhatikan Usia dan Menyesuaikan Kebutuhan

Pada setiap fase usianya, anak memiliki kebutuhan nutrisi berbeda-beda. Hal ini bisa disesuaikan dengan jenis kebutuhan nutrisi, dosis pemberian, hingga nutrisi seperti apa yang disarankan untuk dikonsumsi lebih banyak.

Memerhatikan Usia dan Menyesuaikan Kebutuhan

Contohnya, pada anak usia di bawah 3 tahun, mereka belum membutuhkan asupan nutrisi protein terlalu banyak. Lalu anak di usia 6 tahun ke atas yang sudah memiliki kegiatan rutin bersekolah lebih membutuhkan asupan Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Sebab anak di fase usia ini berisiko terserang penyakit menular seperti batuk dan flu.

  1. Jangan Hanya Melihat Dari Bentuk Menariknya Saja

Kini vitamin atau suplemen banyak diproduksi dengan beragam bentuk yang dinilai lebih menarik bagi anak. Contohnya vitamin berbentuk permen jelly. Lebih baik hindari vitamin dan suplemen dengan bentuk seperti itu karena pada dasaranya vitamin bukanlah permen.

Jangan Hanya Melihat Dari Bentuk Menariknya Saja

Pilih produk vitamin dalam bentuk sirup atau serbuk yang jelas lebih mudah dicerna oleh tubuh anak.

  1. Tidak Semua Produk Vitamin Bisa Dicerna Tubuh Anak

Perlu diketahui, ada beberapa sumber nutrisi yang cukup sulit atau membutuhkan waktu lebih lama dalam proses cerna. Sehingga tidak semua vitamin mudah dicerna tubuh anak. Disarankan memilih produk yang jelas terbuat dari bahan-bahan alami sebagai bahan utamanya.

Tidak Semua Produk Vitamin Bisa Dicerna Tubuh Anak

Selain manfaatnya sudah terbukti dan tidak mengandung bahan berbahaya, produk vitamin berbahan alami dapat menghindari anak mengalami keracunan dan masalah pada livernya.

  1. Perhatikan Dengan Cermat Petunjuk dan Keterangan Pada Kemasan

Perhatikan Dengan Cermat Petunjuk dan Keterangan Pada Kemasan

Bukan hanya cermat memilih, orangtua juga wjaib cermat melihat petunjuk penggunaan dan keterangan mengenai produk yang biasanya tercantum pada kemasan. Hal ini untuk menghindari risiko salah dalam penggunaan dan memahami efek samping yang bisa dialami oleh anak selama mengonsumsi produk vitamin tersebut.

  1. Perhatikan Kandungan Utama Pada Produk Vitamin

Berikutnya, orangtua harus memerhatikan kandungan utama yang biasanya menjadi bahan andalan pada produk vitamin. Apa saja bahan-bahan yang digunakan dan apa saja manfaatnya bila dikonsumsi oleh anak? Bisa juga dengan membaca rinci komposisi produk untuk tahu apa saja isi dari produk yang dipilih.

Perhatikan Kandungan Utama Pada Produk Vitamin

Memerhatikan kandungan utama dan daftar komposisi ini sebagai salah satu usaha menghindari anak mengkonsumsi zat yang memang menjadi pemicu alergi (bila anak memiliki alergi terhadap zat tertentu).

  1. Memilih Produk Vitamin dan Suplemen Dari Gizidat

Saat ini terdapat produk vitamin untuk otak anak yang bagus dan terbukti mendatangkan manfaat bagi kesehatan anak di masa tumbuh kembangnya. Produk tersebut ialah Gizidat. Gizidat adalah vitamin dan suplemen tambahan anak yang bisa dikonsumsi rutin setiap hari. Gizidat mengandung bahan alami berfungsi memaksimalkan perkembangan otak anak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Memilih Produk Vitamin dan Suplemen Dari Gizidat

Empat bahan alami utamanya ialah ikan sidat (belut), madu hutan murni, temulawak, dan probiotik. Ikan sidat menjadi bahan konsumsi masyarakat Jepang sejak lama karena kandungan Omega 3 dan 6 yang lebih tinggi dari ikan salmon. Selain itu ikan sidat juga kaya akan Vitamin B dan E, serta Zinc.

Sementara madu hutan dipercaya lebih kaya nutrisinya daripada madu ternak biasa. Rutin konsumsi madu hutan akan meningkatkan imun tubuh dan membantu meredakan peradangan. Begitu juga dengan kandungan temulawak yang sudah menjadi bahan tradisional dalam meningkatkan nafsu makan anak.

Probiotik sebagai kandungan pelengkap yang bertugas memperlancar pencernaan, meringankan iritasi pada usus, dan menurunkan risiko infeksi pada sistem pernapasan.

Lebih teliti dan cermat memilih vitamin atau suplemen sebagai asupan tambahan sangat penting dilakukan agar manfaat dari produk pilihan itu didapatkan langsung oleh anak dan mereka jadi lebih aman ketika mengonsumsi setiap hari.

Kegiatan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Setelah memberi vitamin atau suplemen tambahan yang tepat sebagai pelengkap asupan bernutrisi, sempurnakan dengan mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak, sekaligus meningkatkan kemampuannya.

Kegiatan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Contoh kegiatan-kegiatan meningkatkan kecerdasan dan kemampuan:

  • Mengenal Gambar dan Warna

Menggambar dan mewarnai baik dengan buku-buku mewarnai yang sudah ada, atau menyiapkan papan tulis khusus disertai spidol berwarna dan membiarkan anak mengeluarkan imajinasinya.

  • Imajinasi dan Cerita

Membuat dan membaca cerita mulai dari cerita di buku atau membiarkan anak bercerita tentang apa yang ada di pikirannya. Atau juga meminta anak bercerita tentan apa saja peristiwa yang baru mereka lihat.

  • Memperluas Ilmu Pengetahuan

Menambah pengetahuan dengan mengenal secara langsung benda-benda di sekitar. Belajar mengetahui fungsi dan latar belakangnya. Seperti mengenalkan fungsi peralatan menulis, peralatan makan, dan banyak lagi.

  • Membangun Sikap Bijaksana

Bermain permainan memecah masalah seperti memberi pilihan pemecahan masalah terhadap sebuah konflik sederhana. Contohnya, bertanya bagaimana seekor kucing bisa keluar dari sebuah taman dengan pagar berliku.

  • Menambah Wawasan

Belajar masak bersama-sama dengan menu sederhana seperti membuat cokelat, membuat cookies, dan semacamnya sambil memberi arahan pelan-pelan akan meningkatkan kecerdasan juga kreativitas anak.

  • Melatih Fisik dan Pergerakan Tubuh

Mengajak anak berolahraga seperti berlari dan bersepeda mengelilingi taman, berenang, dan bermain lempar bola bisa dipilih sebagai kegiatan yang membantu dalam perkembangan otak juga meningkatkan kelincahan fisik.

Melatih Fisik dan Pergerakan Tubuh

Masih banyak lagi kegiatan menyenangkan lain yang bisa melatih kecerdasan, keahlian, dan kreativitas anak. Namun tetap, memberi kasih sayang dan menghabiskan waktu sebanyak-banyaknya dengan anak khususnya di usia tumbuh kembang merupakan cara terbaik. Begitu juga dengan rutin memasak makanan bernutrisi dan bergizi, serta vitamin untuk otak anak yang bagus rutin setiap hari tidak kalah pentingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *